Kenali Pijat Perineum untuk Melancarkan Proses Melahirkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2021

“Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan proses persalinan kelak, salah satunya adalah pijat perineum. Pijatan ini dilakukan di area antara vagina dan anus. Cara melakukannya pun cukup mudah. Namun ingat, tidak semua wanita hamil diperbolehkan untuk melakukannya.”

Kenali Pijat Perineum untuk Melancarkan Proses MelahirkanKenali Pijat Perineum untuk Melancarkan Proses Melahirkan

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mendengar pijat perineum? Dalam dunia medis, pijat perineum adalah pijatan yang bisa dilakukan secara rutin pada trimester akhir kehamilan hingga waktunya bersalin untuk membuat otot-otot jalan lahir ibu hamil menjadi lebih lentur. Dengan melakukan pijatan ini, maka risiko terjadinya robekan jalan lahir saat persalinan juga menjadi lebih rendah.

Pijat ini dilakukan di area perineum, yakni area yang berada di antara vagina dan anus. Untuk melakukannya di rumah, ibu hamil bisa memijat perineum sendiri atau meminta suami untuk melakukannya. Bila perlu, ibu juga bisa meminta bantuan bidan untuk melakukan pijatan perineum ini.

Baca juga: Cari Tahu 4 Manfaat Pijat untuk Ibu Hamil

Amankah Melakukannya?

Saat kehamilan, ibu pasti memiliki banyak pertanyaan tentang anjuran orang terdekat karena ibu takutnya hal tersebut hanya mitos belaka. Namun, untuk pijat perineum, ini dijamin aman asal dilakukan dengan benar. Ibu hamil disarankan untuk melakukannya saat usia kehamilan mendekati waktu prediksi melahirkan, yaitu sekitar 3–4 minggu sebelum melahirkan. 

Beberapa ahli juga setuju bahwa pijat perineum tergolong aman untuk kondisi kehamilan sehat atau berisiko rendah. Namun, ini bukan berarti semua ibu hamil bisa melakukannya. Pijatan ini tidak disarankan untuk dilakukan bagi ibu hamil yang menderita pendarahan vagina, herpes di organ intim, atau memiliki luka di vagina dan perineumnya.

Saat melakukannya, ibu hamil mungkin akan merasakan ketidaknyaman dan nyeri saat pertama kali melakukannya. Namun, lama-kelamaan rasa tidak nyaman itu akan berkurang dan sirna, asalkan ibu melakukan pijatan perineum tersebut dengan rutin setiap hari selama beberapa minggu hingga menjelang persalinan.

Baca juga: Para Suami, Begini Caranya Memijat Ibu Hamil 

Cara Melakukan Pijat Perineum

Untungnya pijat perineum ini tidak membutuhkan alat khusus dan pijatannya mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5 menit setiap harinya untuk melakukan pijatan ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Sebelum ibu mulai melakukan pijatan, cucilah tangan terlebih dahulu. Pastikan pula kuku jari sudah dipotong dan tidak terlalu panjang agar tidak melukai perineum saat dipijat.
  • Pilih posisi yang paling nyaman, ibu hamil bisa melakukan pijat perineum dengan posisi duduk, berbaring, atau berdiri dengan meletakkan satu kaki di kursi. Saat memijat perineum, ibu hamil juga bisa menambahkan kompres air hangat untuk membantu merelaksasi otot perineum.
  • Saat memijat, ibu bisa mengoleskan jari dengan minyak yang lembut untuk kulit, seperti minyak vitamin E, baby oil, atau minyak zaitun, kemudian posisikan jari jempol sekitar 2–3 sentimeter di dalam vagina. Jika minyak urut tersebut tidak tersedia, maka ibu bisa menggunakan pelumas kondom berbahan dasar air.
  • Dengan jari, ibu bisa mencoba menekan bagian dalam vagina dengan lembut ke arah dubur dan bagian samping vagina. Awalnya, ibu mungkin akan merasakan sensasi kesemutan dan sedikit nyeri. Namun, jika sudah terbiasa melakukannya, rasa nyeri akan berkurang saat pijat perineum dilakukan.
  • Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 2 menit, tetapi jika terasa sangat nyeri atau tidak nyaman, maka segera hentikan pijatan ini.
  • Setelah itu, lakukan pijatan lembut membentuk huruf U pada area vagina bagian bawah. Kamu pun cukup lakukan gerakan ini selama 1 menit. Jika sudah mulai terbiasa dengan pijatan perineum, ibu hamil dan suami bisa melakukannya hingga 5 menit.

Baca juga: Benarkah Pijat Dapat Mengubah Posisi Bayi Sungsang?

Pijat perineum umumnya tidak sulit untuk dilakukan. Namun, jika ibu masih bingung atau belum mengerti cara memijat perineum yang benar, maka tanyakan pada dokter kandungan di Halodoc mengenai cara melakukannya yang benar.  Selain memberi tahu cara melakukan pijat perineum yang benar, dokter di Halodoc juga dapat menjelaskan tips lain yang dibutuhkan untuk memperlancar proses persalinan kelak. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Perineal Massage During Pregnancy.
Baby Centre UK. Diakses pada 2021. What Is Perineal Massage and How Is It Done?
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Antenatal Perineal Massage Information for Women.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan