• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenapa Terapi Wicara Penting untuk Dilakukan?

Kenapa Terapi Wicara Penting untuk Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Beberapa orangtua mungkin kebingungan mengapa anaknya belum juga belajar untuk bicara, padahal usianya sudah mencukupi untuk dirinya mengatakan sesuatu. Beberapa anak yang seharusnya sudah dapat berbicara dengan utuh pun malah kesulitan untuk mengeluarkan suara apa pun. Kondisi tersebut mungkin harus membutuhkan penanganan profesional seperti terapi wicara.

Terapi wicara yang dilakukan memang berguna untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk berbicara. Saat melakukan pengobatan tersebut, kemampuan bicara anak dapat meningkat secara perlahan hingga dirinya benar-benar bisa untuk berbicara dengan jelas. Namun, apakah terapi wicara terbilang penting untuk dilakukan? Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: Terapi Wicara Bisa Atasi 8 Kondisi Ini

Pentingnya Melakukan Terapi Wicara

Saat seseorang berpikir tentang terapi wicara, pikirannya langsung tertuju pada tindakan bicara secara literal. Meskipun hal tersebut memang bagian saat seseorang menjalankan terapi, hal lainnya seperti mengatasi gangguan bahasa dan meningkatkan keterampilan sosial juga diajarkan. Anak-anak yang kesulitan atau tidak dapat bicara dapat mengambil manfaat dari metode ini agar tetap dapat berkomunikasi secara efektif.

Anak dapat dirujuk untuk melakukan terapi wicara jika ia kesulitan untuk mengucapkan huruf-huruf tertentu, sulit dimengerti saat berbicara, mengalami kesulitan untuk memahami yang orang lain katakan, hingga masalah lainnya yang berhubungan dengan berkomunikasi. Selain itu, terapis juga dapat mengatasi masalah gangguan makan atau menelan yang terjadi pada anak-anak. Maka dari itu, ketahui beberapa manfaat dari terapi wicara:

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu manfaat yang diperoleh saat melakukan terapi wicara adalah membantu anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dengan atau tanpa bantuan. Beberapa anak mungkin butuh bantuan dari perangkat komunikasi agar dapat berinteraksi dengan orang lain. Dengan metode ini, anak dapat berbicara dengan lebih lancar dan mengeluarkan suara yang lebih jelas dari sebelumnya.

Baca juga: Trik Agar Bayi Cepat Belajar Bicara

  1. Membantu Meningkatkan Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial adalah komponen kunci untuk berinteraksi dengan orang lain dalam suatu komunitas dan kehidupan. Saat seseorang memiliki keterbatasan, keterampilan bahasa sering kali tertunda atau terganggu. Maka dari itu, pelajari keterampilan sosial yang memudahkan orang tersebut untuk berkomunikasi. Cara pengajarannya dapat melalui pemodelan video, permainan peran, dan hal lainnya.

Selain itu, ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat dan pentingnya anak untuk mendapatkan terapi wicara. Dengan melakukan terapi tersebut diharapkan anak ibu dapat lebih lancar untuk berbicara.

  1. Mempelajari Metode Komunikasi Alternatif

Hal lainnya yang dapat dipelajari melalui terapi wicara adalah memperdalam cara komunikasi selain bahasa, seperti gerakan, bahasa isyarat, dan vokalisasi. Banyak anggota tubuh yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain selain mulut. Kamu dapat berkomunikasi melalui ekspresi wajah, gerakan, kontak mata, menulis, mengetik, dan banyak bentuk komunikasi lainnya.

Terapi ini dapat dilakukan dengan dokter profesional atau oleh orangtuanya sendiri. Pengajaran melalui gambar atau tulisan yang terus diulang dapat membuat anak mengingatnya dan berusaha untuk mengucapkannya. Selain itu, pembelajaran bahasa isyarat juga dapat dilakukan sambil mengucapkan kata-kata yang jelas pada sesuatu yang dituju. Dengan begitu, anak tahu sebutan benda yang dimaksud dan dapat mengatakannya suatu saat nanti.

Baca juga: Sering Ajak Bayi Bicara, Ini Manfaatnya

Itulah pembahasan mengenai manfaat yang dapat diterima anak saat melakukan terapi wicara. Saat anak ibu memang kesulitan untuk berbicara, ada baiknya memang langsung mendapatkan penanganan profesional agar masalah tersebut dapat diatasi. Dengan begitu, saat besar tidak ada gangguan komunikasi yang terjadi.

Referensi:
Pedia Plex. Diakses pada 2020. The Benefits of Speech Therapy in Your Child’s Development.
Napa Center. Diakses pada 2020. Benefits of Speech Therapy.