Ketahui 3 Jenis dan Manfaat Masker Mata untuk Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Februari 2023

“Ada tiga jenis masker mata yang kerap digunakan saat ini. Adapun manfaat umum dari penggunaannya adalah mengurangi lingkaran hitam dan kerutan hingga membantu mata jadi lebih rileks.”

Ketahui 3 Jenis dan Manfaat Masker Mata untuk KecantikanKetahui 3 Jenis dan Manfaat Masker Mata untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Saat ini kesehatan kulit merupakan poin yang diperhatikan oleh banyak orang. Namun tak hanya wajah secara umum, perawatan area mata juga saat ini tengah menjadi salah satu kewajiban tersendiri dalam perawatan kulit. Sebab, mata adalah salah satu bagian tubuh yang berperan dalam komunikasi nonverbal. Lantaran bagian tubuh ini memberikan banyak kesan bagi orang lain dibandingkan dengan komunikasi lisan semata.

Adapun salah satu perawatan yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit mata adalah eye mask atau masker mata. Produk perawatan atau skin care ini tersedia dalam beberapa jenis dan memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan. 

Kenali Dulu Jenis-Jenisnya

Berikut adalah beberapa jenis masker mata berdasarkan cara kerjanya: 

1. Hydrogel

Menurut studi yang dipublikasikan pada The Journal of pharmacy and pharmacology masker mata jenis hidrogel dapat memberikan suplai air yang baik untuk kulit. Selain itu, produk jenis ini juga tidak berisiko sebabkan indikasi iritasi seperti kemerahan atau pustula.

2. Sleeping Mask

Jenis masker mata selanjutnya adalah sleeping mask berbentuk krim yang dianggap praktis untuk digunakan. Sebab, masker mata ini hanya perlu diaplikasikan di kulit sekitar mata. Kemudian, produk ini hanya perlu dipijat dengan gerakan memutar, dan dibiarkan sampai keesokan pagi untuk kemudian dibilas air.

3. Eye Patch

Jenis masker mata eye patch merupakan produk yang dibuat dari bahan dasar kain khusus yang menyerap emulsi, mirip dengan masker wajah. Produk perawatan jenis ini biasanya digunakan tidak perlu terlalu lama, praktis. 

Manfaat Penggunaan Masker Mata

Secara umum, penggunaan masker mata dapat memberikan berbagai manfaat bagi kulit, yaitu: 

1. Mengurangi Lingkaran Hitam dan Kerutan 

Masker mata dapat mengurangi lingkaran hitam atau mata panda, kerutan kaki gagak, dan garis halus di bawah mata. Mereka yang ingin mengurangi munculnya kerutan dan garis halus mungkin dapat mempertimbangkan masker mata yang mengandung asam hialuronat. Sebab, kandungan ini dapat membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi. 

2. Mengurangi bengkak kantung mata 

Kandungan asam hialuronat yang ada pada masker mata juga dapat membantu mengurangi bengkak akibat kantung mata. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu membuat wajah terlihat lebih kencang dan berenergi. 

3. Membantu Melembabkan dan Menutrisi 

Manfaat penggunaan eye mask selanjutnya adalah membantu melembabkan dan menutrisi kulit bawah mata. Sebab, kebanyakan masker mata mengandung sejumlah senyawa penting yang berperan dalam menutrisi kulit. Misalnya bahan seperti asam hialuronat dan ceramide yang mampu menjaga kelembaban kulit hingga bahan anti penuaan seperti retinol. 

4. Membantu Mata Menjadi Lebih Rileks

Penggunaan masker mata juga dapat membantu mata menjadi lebih rileks. Khususnya jika kamu terlebih dahulu menyimpan eye mask di lemari pendingin. Hal ini dapat memberikan sensasi dingin yang menenangkan ketika masker mata digunakan. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Penggunaan masker mata diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kecantikan. Kendati demikian, efektivitasnya belum tentu akan sama pada setiap orang. Sebab, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit. Misalnya seperti kurang tidur, alergi, dehidrasi, dan bahkan terkadang faktor genetik juga berperan. Karena itu, pastikan untuk tetap senantiasa melakukan perawatan kulit yang tepat dan menerapkan pola hidup sehat. Khususnya dengan memenuhi asupan cairan dengan baik, tidur yang cukup, rutin berolahraga, tidak merokok, serta mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. 

Itulah beberapa jenis masker mata dan sejumlah manfaatnya bagi kulit. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar produk ini atau memiliki keluhan medis, segeralah hubungi dokter. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! 

Home Lab Halodoc
Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2023. Choosing the best under eye patches: 9 options. 
Healthline. Diakses pada 2023. A quick look at the best under-eye patches. 
NIH. Diakses pada 2023. Hydrogel patches for transdermal drug delivery; in-vivo water exchange and skin compatibility. 
Elle. Diakses pada 2023. The 17 Best Under-Eye Masks For Puffiness, Dark Circles, And Wrinkles.
Rapid Aid. Diakses pada 2023. Benefits of A Cold Gel Eye Mask.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan