• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Cara merawat anjing senior tentu berbeda dengan anjing baru yang kamu miliki. Jika merawatnya salah, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatannya dan memicu stres berkepanjangan. Jika sudah stres, maka dapat berdampak pada kesehatan fisiknya, salah satunya adalah diare. Lantas, bagaimana cara merawat anjing senior yang direkomendasikan? Lakukan hal-hal berikut ini, ya:

Baca juga: Pertama Kali Memelihara Kucing, Perhatikan 7 Hal Ini

1.Berikan Tempat yang Nyaman

Cara merawat anjing senior yang pertama adalah menciptakan suasana lingkungan yang aman dan nyaman. Hal tersebut dapat dilakukan dengan rutin membersihkan kandangnya, mengganti atau mencuci tempat makan dan minum, serta menciptakan suasana yang tenang. Jika suasana sekitar lingkungan rumah cukup bising, kondisi tersebut bisa saja menjadi salah satu penyebab stres pada anjing.

Jika sudah stres, maka anjing akan terus menggonggong sebagai bentuk ketidaknyamanannya. Selain itu, perhatikan bau yang ada di lingkungan tempat tinggal anjing, karena hal tersebut dapat memengaruhi tingkat stres yang dialami. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan kotorannya secara rutin untuk menjaga kenyamanan anjing peliharaan.

2.Luangkan Waktu Bermain Bersama

Bukan hanya memberi makan saja, meluangkan waktu bermain bersama menjadi salah satu cara merawat anjing senior. Jika kamu sudah memiliki anjing baru dan melupakannya, maka anjing senior bisa saja stres karena merasa tidak dipedulikan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat menciptakan interaksi yang intens dengan mengajaknya berjalan kaki atau sekedar bercanda di rumah.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Kucing Diberikan Vaksin?

3.Berikan Pijatan dan Hadiah

Menempuh perjalanan jauh menjadi salah satu penyebab anjing stres. Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan pijatan kecil agar anjing menjadi lebih rileks. Memijat juga dapat mengendurkan otot anjing yang menegang selama perjalanan jauh. Jika ia berperilaku baik, kamu bisa memberinya camilan sebagai hadiah. Meskipun hewan, tetapi anjing juga harus diperlakukan dengan baik.

4.Hindari Penyebab Stres

Jika anjing sudah terlanjur stres, kamu perlu mencari tahu apa yang menjadi sumber penyebabnya. Jika ia tidak suka dengan suara bising, suasana yang tidak nyaman, serta kurang diajak bermain, jauhi hal-hal yang tidak ia sukai hingga stresnya mereda. Anjing juga bisa stres saat ada anjing baru di rumah atau sekitar rumah. Jika memang ada anjing baru, maka jangan dekatkan ia dengan anjing lain.

5.Berikan Makan Secara Teratur

Tidak memberinya makan tepat waktu menjadi salah satu pemicu stres pada anjing. Rasa lapar yang ia alami akan memicu munculnya insting anjing untuk berburu. Jika sudah begitu, bisa saja kamu atau hewan peliharaan lainnya tergigit karena anjing merasa kelaparan.

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Itulah sejumlah cara merawat anjing senior yang direkomendasikan agar ia sehat secara fisik dan jasmaninya. Jika anjing mengalami sejumlah masalah kesehatan, kamu bisa diskusikan gejala yang muncul dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. 5 Tips Merawat Anjing Senior Agar Tidak Stres.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Cara merawat anjing dan kucing senior.
Royalcanin.com. Diakses pada 2020. Bagaimana saya harus merawat anjing saya yang sudah senior?