• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Agar Aman Memelihara Anjing Bersama Balita

5 Tips Agar Aman Memelihara Anjing Bersama Balita

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak pecinta anjing yang merasa keberadaan anak-anak bukanlah suatu hambatan untuk memeliharanya. Bukan hanya untuk menyenangkan kepuasaan pribadi orangtua, memelihara anjing nyatanya juga memiliki banyak manfaat bagi balita. Mulai dari menjadi teman yang baik bagi anak, hingga membantu anak untuk tetap aktif dalam tumbuh kembangnya.

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

Namun, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan orangtua. Salah satunya adalah keamanan anak. Tentunya orangtua ingin terhindar dari kecelakaan kecil yang mungkin terjadi antara balita dan anjing kesayangan. Jadi, sebelum memelihara anjing, sebaiknya cari tahu dulu tips agar aman memelihara anjing bersama balita, di sini!

Inilah Tips Aman Memelihara Anjing Bersama Balita

Bukan hanya untuk orangtua, banyak manfaat yang bisa dirasakan anak, khususnya balita saat hidup berdampingan dengan hewan peliharaan. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Salah satunya adalah faktor keamanan. Baik bagi anjing kesayangan maupun balita. Untuk itu, simak beberapa tips di sini agar aman memelihara anjing bersama balita:

1.Pilihlah Jenis Anjing yang Tepat

Tahukah kamu bahwa anjing bisa menjadi teman yang sangat baik bagi balita? Bukan hanya mengajarkan kesetiaan, tetapi memelihara anjing bersama balita dapat meningkatkan kemampuan tanggung jawab hingga kerjasama. 

Saat memutuskan untuk memelihara anjing, pilihlah jenis anjing yang tepat. Pilihlah anjing ras yang ukuran dan karakternya memang cocok untuk hidup di tengah keluarga. Ada berbagai jenis anjing yang ramah dengan anak. Mulai dari Australian Terrier, Chihuahua, Beagle, Golden Retriever, hingga Poodle.

2.Latih Anjing untuk Berlatih Disiplin

Memiliki anjing dengan sifat dan karakter disiplin menjadi hal penting yang perlu dilakukan saat anjing hidup berdampingan dengan balita. Berikan pelatihan dasar pada anjing, seperti diam dan duduk. Tentunya pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan balita.

Baca juga: Benarkah Bermain Kotor-kotoran itu Baik Bagi Anak?

3.Kenalkan Anjing Kesayangan pada Balita

Jangan lupa untuk mengajak anak bersosialisasi dengan anjing kesayangan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan rasa peduli dan kasih sayang balita terhadap anjing. Tidak ada salahnya untuk menyertakan anak dalam kegiatan yang dilakukan orangtua bersama anjing. Misalnya, ajak anak untuk mengajak anjing berjalan atau memandikan anjing setiap minggunya.

4.Ajarkan Balita untuk Memperlakukan Anjing dengan Tepat

Tingkah anjing yang menggemaskan terkadang membuat anak-anak tidak sabar ingin bermain dengannya. Kondisi ini kerap membuat anak menyentuh anjing sembarangan.

Ajarkan anak untuk tidak mengangkat anjing pada bagian leher, menarik ekor anjing, berteriak pada anjing, atau mendekatkan wajahnya pada wajah anjing. Hal ini dapat membuat anjing merasa tidak nyaman dan berbahaya bagi balita. Sebaiknya, beri tahu anak untuk memperlakukan anjing dengan baik dan ramah agar anak merasa nyaman. 

5.Pisahkan Ruangan Anjing dan Balita

Untuk keamanan balita dan anjing, sebaiknya hindari meninggalkan anjing dan balita tanpa pengawasan. Tidak ada salahnya memisahkan ruangan anjing dan balita untuk kondisi tertentu. Misalnya, saat anjing terlihat tidak nyaman atau mengalami gangguan kesehatan. Untuk mengatasi gangguan kesehatan, gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan agar kondisi anjing kesayangan dapat kembali pulih.

Baca juga: 6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar aman memelihara anjing bersama balita. Memelihara anjing merupakan komitmen seumur hidup yang perlu dilakukan dengan baik. 

Sama dengan balita, anjing kesayangan juga membutuhkan kasih sayang yang tulus dari pemiliknya. Untuk itu, jangan lupa memberikan perhatian dan mengajaknya bermain agar anjing terhindar dari kondisi stres maupun cemas.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog to Safely Interact With Kids.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Top 10 Tips For Childproofing a Dog.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Teaching Your Children to Respect Dog.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Best Dog Breeds for Kids.