• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anjing Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anjing Dewasa

Ketahui 6 Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anjing Dewasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 23 November 2020
Ketahui 6 Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anjing Dewasa

Halodoc, Jakarta - Sama halnya dengan tubuh manusia, anjing juga membutuhkan beragam asupan gizi dan nutrisi agar tubuhnya tetap sehat, dan pertumbuhannya berjalan optimal. Dengan kata lain, memberikan makanan pada anjing harus diperhatikan, termasuk pula untuk anjing dewasa. 

Sayangnya, tidak sedikit anjing yang diberikan makanan manusia, atau makanan komersial khusus anjing yang kandungan nutrisinya tidak diperhatikan. Lantas, apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa? 

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

Ketahui Nutrisi Penting untuk Anjing Dewasa

Diet seimbang penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel anjing dan kesehatannya secara keseluruhan. Anjing harus mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya dari makanan hewan komersial berkualitas tinggi. Makanan anjing ini diformulasikan secara khusus dengan mempertimbangkan standar kesehatannya.

Hal yang perlu digarisbawahi, anjing dari berbagai usia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Namun, umumnya apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa? Menurut ahli di VCA Animal Hospital dan American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), setidaknya ada enam nutrisi dasar yang harus dipenuhi anjing:

1/Air

Air menyumbang antara 60 hingga 70 persen dari berat badan anjing dewasa. Meskipun makanan membantu memenuhi sebagian kebutuhan air anjing (makanan kering memiliki kelembapan hingga 10 persen, sementara makanan kaleng memiliki kelembapan hingga 78 persen), anjing tetap harus memiliki akses air bersih yang tersedia untuk mereka setiap saat.

Kekurangan air dapat berakibat serius bagi anjing. Menurut ahli di ASPCA, penurunan 10 persen air dalam tubuh anjing dapat menyebabkan penyakit serius. Sedangkan kehilangan 15 persen dapat menyebabkan kematian. 

2.Protein

Nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa lainnya adalah protein. Protein adalah nutrisi penting untuk sel, jaringan, organ, enzim, hormon, dan antibodi.

Protein juga penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan reproduksi anjing. Nutrisi yang satu ini dapat diperoleh dari sejumlah sumber, termasuk daging hewani seperti ayam, domba, kalkun, daging sapi, ikan dan telur.

Baca juga: 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

3.Lemak

Lemak adalah bentuk energi makanan yang paling terkonsentrasi, memberi anjing lebih dari dua kali energi protein atau karbohidrat. Lemak penting dalam struktur sel, dibutuhkan untuk produksi beberapa hormon, serta diperlukan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin tertentu.

4.Karbohidrat

Selain tiga hal di atas, karbohidrat adalah nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa yang tak boleh dilupakan. Karbohidrat memberikan energi dan berperan penting dalam kesehatan usus dan reproduksinya.

Meskipun tidak ada kebutuhan karbohidrat minimum, tapi ada kebutuhan glukosa minimum yang diperlukan untuk memasok energi ke organ-organ penting seperti otaknya.

Serat adalah jenis karbohidrat yang mengubah populasi bakteri di usus kecil, yang dapat membantu mengatasi diare kronis pada anjing. Agar anjing mendapatkan manfaat maksimal dari serat, sumber serat harus cukup difermentasi.

5.Mineral

Mineral adalah nutrisi yang tidak dapat disintesis oleh hewan dan harus disediakan dalam makanan. Secara umum, mineral sangat penting sebagai unsur struktural tulang dan gigi, dan menjaga keseimbangan cairan, serta berperan dalam banyak reaksi metabolisme.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

6.Vitamin

Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa yang tak boleh dilewatkan. Vitamin dalam jumlah kecil diperlukan anjing untuk menunjang fungsi metabolisme tubuhnya. Sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis di dalam tubuh, dan oleh karena itu mereka memerlukan asupan vitamin dari makanan yang dimakan sehari-hari.

Harap yang perlu dicatat, ketika kamu sudah memberikan makanan yang lengkap dan bergizi seimbang pada anjing, hewan ini tidak memerlukan suplemen vitamin tambahan. Berilah suplemen atau vitamin tambahan bila memang dianjurkan oleh dokter hewan. 

Pasalnya, suplementasi yang berlebihan atau keracunan karena kelebihan vitamin (hipervitaminosis), lebih sering terjadi daripada kekurangan vitamin (hipovitaminosis). Mau tahu apa dampak negatif dari kelebihan vitamin bagi tubuh anjing? 

Menurut ahli di ASPCA, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan nyeri tulang dan sendi, tulang rapuh, dan kulit kering. Sementara itu, kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tulang yang sangat padat, kalsifikasi jaringan lunak, dan gagal ginjal. Tuh, tidak main-main bukan dampaknya? 

Nah, itulah nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa. Hal yang perlu diingat, jumlah asupannya berbeda-beda pada tiap anjing. Jumlah takarannya dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari usia, ukuran tubuh, dan aktivitas anjing. Umumnya, anjing dewasa cukup diberikan makanan dua kali dalam sehari.

Itulah penjelasan tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing dewasa. Jika anjing peliharaan kamu menunjukkan gejala sakit, seperti muntah atau tidak nafsu makan, segera bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
FETCH by Web MD. Diakses pada 2020. Feeding Your Adult Dog FAQ
Pro Plan Indonesia. Diakses pada 2020. Nutrisi yang Dibutuhkan Anjing Dewasa
American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA). Diakses pada 2020. Dog Nutrition Tips. 
VCA Animal Hospitals. Diakses pada 2020. Nutrition - General Feeding Guidelines for Dogs