• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Hewan peliharaan anjing perlu diajak berjalan-jalan setidaknya sekali sehari. Hanya saja dengan kesibukan pemilik anjing, terkadang kegiatan jalan-jalan jarang terjadi. Jika kamu ingin menjadikan kegiatan mengajak anjing jalan-jalan sebagai rutinitas, maka kamu harus memotivasi diri. 

Ingatlah bahwa berjalan kaki bukan hanya baik untuk anjing, tapi juga penting untuk kesehatan anjing secara keseluruhan. Hanya saja, saat membawa anjing berjalan-jalan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar anjing tidak sakit setelahnya. Anjing bisa saja mengalami kepanasan ataupun kelelahan. Bagaimana agar anjing tidak sakit setelah diajak jalan-jalan?

Baca juga: Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

Cara Agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-jalan

Kepanasan dan kelelahan adalah salah satu pemicu anjing sakit setelah diajak jalan-jalan, dan kamu tidak bisa menganggapnya sepele. Kepanasan dan kelelahan dapat menyebabkan kondisi yang serius dan berpotensi fatal pada kesehatan anjing. Cara untuk mencegah agar anjing tidak sakit setelah diajak jalan-jalan, coba ikuti tips berikut ini:

  • Waspada Trotoar atau Aspal Panas

Sebelum mengajak anjing berjalan, cobalah untuk mengecek apakah jalanan yang akan kamu tapak panas atau tidak. Caranya dengan meletakkan kaki kamu sendiri tanpa alas kaki selama 5 detik.

Jika terlalu panas atau tidak nyaman di kulit, maka itu akan terlalu panas untuk kaki anjing. Jalanan yang panas bukan hanya tidak nyaman, tapi juga dapat menyebabkan cedera serius pada cakar anjing. Jika jalanan beraspal terasa sangat panas, kamu bisa berjalan di rumput atau taman. 

  • Bawakan Air Minum untuk Anjing

Jika kamu akan berjalan selama lebih dari setengah jam atau saat cuaca panas, bawalah banyak air untuk anjing kamu. Anjing lebih sulit mengatur suhu tubuhnya dibanding manusia dan ia mudah kepanasan. Jika anjing berkeringat karena terengah-engah, ia akan mudah mengalami dehidrasi selama berjalan-jalan, terutama dalam cuaca panas. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Jangan Gunakan Tali yang Bisa Ditarik pada Anjing

Saat harus menggunakan tali yang tepat untuk mengajak anjing jalan-jalan, hindari menggunakan tali yang bisa ditarik. Tali pengikat yang bisa ditarik menyebabkan banyak bahaya. Selain membuat kamu sulit mengendalikan anjing, tali yang bisa ditarik dapat menyebabkan cedera pada anjing dan manusia. 

  • Biarkan Anjing Mengendus-endus untuk Kesehatan Mentalnya

Bagi anjing, berjalan-jalan lebih dari sekedar melatih kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Berikan anjing waktu untuk mengendus-endus. Agar tidak mengganggu tetangga atau orang lain, tentukan area mana yang aman untuk mereka jelajahi. 

Perlu kamu ketahui bahwa bau dapat memberi anjing rangsangan dan informasi. Itu cara anjing melacak apa yang terjadi di lingkungan. Perlu diingat pula bahwa rangsangan mental yang didapat anjing dari mengendus bisa benar-benar bertambah dan sehat. 

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Tips Jalan-Jalan dengan Anjing Lebih Menyenangkan

Supaya kegiatan jalan-jalan bersama anjing tersayang jadi lebih menyenangkan untuk kamu dan anjing, coba ikuti saran ini:

  • Coba bawa anjing ke tempat baru. Dia akan senang melihat pemandangan, bau, dan suara baru di tempat baru.
  • Pilih tujuan. Jika memungkinkan, berjalanlah ke tempat-tempat yang menyenangkan, seperti rumah teman atau taman anjing. 
  • Jalan-jalan dengan teman. Jika anjing kamu menyukai anjing lain, cobalah mengajak teman kamu yang juga memelihara anjing untuk pergi bersama. 

Hal yang perlu diperhatikan saat berjalan-jalan yaitu menghindari area lembap dan bernyamuk. Kamu pun tidak bisa menyemprotkan pengusir serangga pada anjing kamu, karena dapat menimbulkan masalah neurologis akibat zat beracun. Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu berdiskusi dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc jika anjing kesayangan kamu mengalami masalah kesehatan setelah diajak jalan-jalan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Puppy Leaks. Diakses pada 2020. 10 Dog Walking Tips Everyone Should Know
WebMD. Diakses pada 2020. Dog Walking 101
Hill’s Pet. Diakses pada 2020. Heat Exhaustion in Dogs: Signs Your Dog Is Overheating