Ketahui Berbagai Manfaat Konsumsi Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 September 2021
Ketahui Berbagai Manfaat Konsumsi Ubi Jalar bagi Ibu HamilKetahui Berbagai Manfaat Konsumsi Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

“Ubi jalar adalah makanan manis yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Ia juga memiliki tinggi nutrisi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, konsumsi ubi jalar selama kehamilan juga harus secukupnya saja supaya tidak ada efek samping.”

Halodoc, Jakarta – Tidak seperti kerabat dekatnya, yaitu kentang, ubi jalar dikenal memiliki lebih dari sekadar karbohidrat. Sayuran akar yang kaya nutrisi ini bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang, atau direbus. Rasa manis dari ubi juga memungkinkan kamu mengolahnya menjadi berbagai hidangan manis yang bisa memuaskan mengidam makanan manis selama kehamilan.

Namun, seberapa baik ubi jalar untuk dikonsumsi selama hamil? Apakah sayuran satu ini cocok untuk dijadikan camilan selama hamil? Apa saja manfaat ubi jalar untuk ibu hamil? Berikut ulasannya!

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Penting untuk Ibu Hamil 

Amankah Konsumsi Ubi Selama Hamil?

Ubi jalar dianggap aman untuk dikonsumsi saat hamil dan mereka kaya akan vitamin A dan C, dan serat. Namun, wanita dengan atau mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal kronis harus menghindari makan ubi, karena makanan ini mengandung oksalat dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. 

Meskipun baik untuk mengonsumsi ubu jalar untuk nutrisi yang disuplainya, tetapi memakannya secara berlebihan bukanlah ide yang baik, terutama pada kehamilan. Sebab lebih dari 15.000 IU vitamin A dalam makanan sehari-hari dapat meningkatkan kemungkinan kelainan bayi. Sebab ubi kaya akan vitamin A, sehingga ibu hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari yang direkomendasikan selama kehamilan. Jadi, batasi ubi jalar selama hamil adalah langkah aman untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Kamu pun bisa tanyakan pada dokter kandungan di Halodoc mengenai batas aman konsumsi ubi, atau jenis makanan lain yang sedang kamu idamkan. Jadi tunggu apa lagi, download aplikasi Halodoc sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter kandungan, kapan dan di mana saja!

Baca juga: Kenali Manfaat Ubi Jalar sebagai Makanan Bayi 

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Di bawah ini ada beberapa manfaat makan ubi jalar selama kehamilan:

  1. Membantu Pertumbuhan Janin yang Tepat

Dokter menyarankan agar ibu hamil makan makanan yang kaya vitamin A karena mereka membutuhkan setidaknya 800 mikrogram Vitamin A setiap hari. Ini dapat diperoleh dari kurang dari setengah cangkir ubi panggang. Vitamin A sangat penting dalam perkembangan janin karena membantu dalam pertumbuhan organ-organ, seperti jantung, paru-paru, hati, darah, ginjal, dan sebagainya.

  1. Mencegah Sembelit

Ubi jalar adalah sumber serat yang baik, yang merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Wanita hamil sering mengeluh sembelit, yang merupakan masalah umum selama kehamilan. Makanan yang ibu hamil makan harus terdiri dari sekitar 30 gram serat harian dan sepertiganya dapat diperoleh dari satu cangkir ubi.

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

  1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Pyridoxine, juga disebut vitamin B6, sangat penting untuk pembentukan otak yang berfungsi dan sistem saraf pada janin. Hal ini diperlukan untuk menghasilkan darah dan telah dikenal untuk mencegah mual pada wanita hamil. Secangkir ubi akan memiliki sekitar sepertiga dari jumlah piridoksin harian yang dibutuhkan.

  1. Membantu Perkembangan Tulang Janin

Selama kehamilan, diet wanita harus mencakup sekitar 90 miligram vitamin C per hari. Secangkir ubi jalar dapat menyediakan setidaknya sepertiga dari jumlah itu. Vitamin C meningkatkan aktivitas enzim, pertumbuhan tulang dan tendon, perkembangan kulit, dan sebagainya. Ini juga mempercepat penyerapan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Secangkir ubi jalar juga dapat memberi tubuh hampir setengah jumlah mangan yang dibutuhkan per hari. Mangan adalah mineral langka yang juga membantu perkembangan tulang dan tulang rawan janin.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2021. Sweet Potato During Pregnancy: Nutritional Value And Health Benefits.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. Eating Sweet Potatoes During Pregnancy – Is It Safe?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan