Ketahui Jam Makan yang Baik agar Tubuh Selalu Sehat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Oktober 2022

“Kamu bisa menentukan jam makan sendiri, seperti Jam 10 untuk makan camilan ringan. Beberapa pilihan camilan ringan tersebut misalnya apel, biskuit gandum utuh, atau kamu juga bisa menggabungkan makanan berserat dan yang berprotein tinggi.”

Ketahui Jam Makan yang Baik agar Tubuh Selalu SehatKetahui Jam Makan yang Baik agar Tubuh Selalu Sehat

Halodoc, Jakarta – Makan seharusnta tidak hanya sembarang makan. Makan juga tidak hanya asal sehat. Kamu harus tahu jam makan yang ideal agar tubuh selalu sehat. Makan di bukan waktunya, bisa mengganggu metabolisme tubuh dan menimbun kalori yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh.

Mengapa demikian? Soalnya, tubuh merespons energi yang dibutuhkan secara berbeda, tergantung pada jam makan. Kemampuan untuk membakar kalori dan mengatur nafsu makan sangat terkait dengan ritme sirkadian. 

Ketika kamu gagal menyesuaikan waktu makan dengan jam tubuh, ini dapat meningkatkan hormon penyimpan lemak dan membatalkan semua manfaat dari pola makan sehat yang kamu makan. Yuk, ketahui jam makan ideal berikut ini agar tubuh tetap sehat! 

Rekomendasi Jam Makan yang Tepat dan Menyehatkan

Mencocokkan waktu makan dengan jam tubuh bekerja tidak hanya menyehatkan tubuh melainkan juga membantu mendorong penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan sesuai dengan jenis makanan dan jam makan sangat direkomendasikan supaya tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah rekomendasi jam makan yang baik untuk tubuh!

6:00 sampai 09:45

Ini adalah waktu terbaik untuk sarapan. Jenis sarapan yang direkomendasikan adalah yang berprotein tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, yoghurt, dan selai. Jika kamu makan dalam kurun waktu ini, kamu cenderung tidak akan merasa lapar, ketimbang mereka yang menunda sarapan lewat jam 10 pagi. 

10.00 

Jam 10 pagi adalah waktunya untuk makan camilan ringan. Beberapa pilihan camilan ringan tersebut adalah  apel, biskuit gandum utuh, atau kamu juga bisa menggabungkan makanan berserat dan yang berprotein tinggi. Kombinasi ini dipercaya dapat mengendalikan rasa lapar sampai jam makan siang tiba. 

13.00

Jam satu siang adalah waktu yang tepat untuk makan makanan berat. Kamu disarankan untuk segera makan sebelum lewat jam makan siang. Jika kamu makan siang lewat jam 16.30, tubuh sudah mengalami penurunan toleransi glukosa yang pada akhirnya butuh waktu lama untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. 

18.00

Jam 18.00 adalah waktu makan malam yang ideal. Seiring berjalannya hari tubuh mulai mengubah metabolismenya dan mengurangi jumlah lemak yang digunakan. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, makan semakin larut waktu makan dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Sebagai catatan tambahan, makan malam lebih awal dan tidur tidak larut malam akan membantu tubuh mendapatkan istirahat berkualitas. Ketika kamu tidur lebih awal, kamu tidak membutuhkan tambahan makanan untuk dikunyah sehingga tidak ada penambahan kalori. Nah, supaya tidur lebih awal, kamu direkomendasikan untuk makan makanan yang tinggi serat dan rendah lemak jenuh. 

Hal-Hal Lain yang Memengaruhi Jam Makan Sehat

Pada akhirnya, jam makan yang baik agar tubuh sehat akan bervariasi dari orang ke orang. Selain jam makan yang sudah direkomendasikan di atas, ada beberapa hal lain yang penting untuk diperhatikan, seperti:

1. Makan Lebih Awal Lebih Baik Ketimbang Telat Makan

Terkadang ada hal-hal tertentu yang membuat kamu berhalangan makan sesuai dengan waktunya. Jika itu berkemungkinan terjadi, hal yang lebih baik adalah makan lebih awal ketimbang telat makan. 

Telat makan akan mengganggu ritme sirkadian tubuh. Itulah sebabnya kamu perlu mempertimbangkan ritme sirkadian. Ketika kamu makan terlalu larut, tubuh mungkin tidak mencerna dan memproses makanan dengan efisien. 

2. Kondisi Kesehatan

Beberapa obat harus diatur waktunya dengan makanan. Kondisi seperti diabetes juga memerlukan makan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari untuk mempertahankan kadar gula darah yang tepat.

3. Rutinitas Harian

Menjaga konsistensi diperlukan untuk membantu membatasi gangguan pada ritme sirkadian. Bayangkan bila kamu telat sarapan, tentu saja jam makan siangmu akan bergeser, yang pada akhirnya juga akan memundurkan waktu makan malam. 

4. Jenis Makanan

Pada hari-hari ketika kamu tidak punya pilihan selain makan larut malam, alangkah baiknya bila kamu memilih makanan kecil, padat nutrisi, namun sederhana. Ini dilakukan untuk membantu sistem kerja pencernaan dan membatasi gangguan ritme sirkadian.

5. Insting 

Waktu makan kemungkinan akan berfluktuasi dari hari ke hari. Penting untuk memercayai insting dan membiarkan diri makan saat lapar, bahkan jika itu pada waktu yang berbeda dari yang sudah ditetapkan.

Itulah informasi mengenai jam makan yang baik agar tubuh sehat. Kalau kamu ingin mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya, kamu bisa chat dokter di Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Fitbit.com. Diakses pada 2022. The Best Time to Eat Your Meals, According to Science.
Northwestern Medicine. Diakses pada 2022. The Best Times to Eat.
Healthline. Diakses pada 2022. When Should You Eat? The Best Times for Meals, Explained.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan