Ketahui Kalori Oatmeal yang Tepat untuk Pengganti Nasi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 November 2022

“Oatmeal bisa menjadi pilihan untuk mengganti nasi karena kalori oatmeal cukup rendah. Dalam 40 gram oatmeal, kamu bisa mendapatkan 150 kalori.”

Ketahui Kalori Oatmeal yang Tepat untuk Pengganti NasiKetahui Kalori Oatmeal yang Tepat untuk Pengganti Nasi

Halodoc, Jakarta – Nasi adalah salah satu jenis makanan yang dikonsumsi sebagai makanan pokok. Makanan ini memiliki banyak kandungan vitamin, folat, karbohidrat dan kalori.

Namun, berlebihan mengonsumsi nasi nyatanya dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan. Oleh karena itu, sebagian orang mengganti nasi dengan oatmeal.

Mengonsumsi oatmeal juga lebih menyehatkan karena di dalamnya terkandung nutrisi yang bisa memberi manfaat. Meskipun terbilang sebagai jenis makanan sehat, sebaiknya pastikan kamu mengetahui jumlah yang tepat dalam mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi. 

Jumlah Kalori Oatmeal

Sebelum mengetahui kalori oatmeal, berikut ini kandungan yang terdapat di dalamnya: 

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Magnesium.
  • Vitamin B1.

Faktanya, oatmeal cocok digunakan sebagai pengganti nasi, asalkan kamu mengonsumsinya secara utuh.

Namun, pastikan batasi jenis oatmeal instan karena di dalamnya ada kandungan gula atau pemanis tambahan. 

Lalu, berapa banyak jumlah yang bisa kamu konsumsi untuk menggantikan nasi?

Untuk sekali penyajian, kamu bisa mengonsumsi makanan ini sebanyak 40 gram. Dalam jumlah tersebut terdapat 150 kalori, 5 gram protein, dan 4 gram serat.

Jika kamu lebih menyukai oatmeal instan, pastikan memilih produk tanpa rasa untuk mengontrol kandungan gula di dalamnya. Dengan begini, kamu tetap bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Baca Juga: Oatmeal Bisa Tingkatkan Risiko Asam Urat, Benarkah?

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi makanan ini secara rutin. Berikut ini manfaat yang bisa kamu ingat:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal tanpa rasa yang kamu konsumsi sebagai sarapan bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Hal ini karena mengonsumsi biji-bijian untuk sarapan bisa meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengontrol manajemen berat badan yang sehat.

Untuk membuat rasa oatmeal semakin lezat, kamu bisa menambahkan berbagai buah atau susu sehingga sarapan kamu akan lebih bergizi.

2. Melembutkan Kulit

Selain untuk dikonsumsi, kamu bisa menggunakan makanan ini sebagai masker kulit.

Dengan menggunakan masker oatmeal, kamu bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti menenangkan kulit gatal, menurunkan gejala psoriasis, dan membantu mengatasi dermatitis atopik.

Efek antiinflamasi pada oatmeal juga bisa membuat kulit semakin sehat dan lembut. 

Baca Juga: Serba-Serbi Diet Oatmeal, Benarkah Ampuh Turunkan Berat Badan?

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan ini memiliki kadar serat larut yang lebih banyak daripada biji-bijian lainnya. Serat larut dalam oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang memiliki tanda-tanda, yaitu peningkatan kadar gula darah akibat penurunan kepekaan tubuh terhadap kadar insulin. 

Oatmeal berfungsi untuk menjaga pencernaan tetap teratur sehingga kadar gula darah tetap terkontrol karena adanya karbohidrat kompleks dengan sedikit protein dan lemak

5. Mengatasi Konstipasi

Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Serat mampu menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih baik.

Dengan begitu, berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi dapat teratasi dengan mengonsumsi oatmeal.

Itulah berbagai manfaat dan jumlah kalori oatmeal yang perlu kamu ketahui. Untuk merasakan manfaatnya lebih optimal, kamu bisa mencampur makanan ini dengan berbagai jenis buah-buahan atau rempah alami yang bisa menambahkan citarasa makanan kamu. 

Namun, waspada jika kamu memiliki riwayat alergi. Oatmeal dapat memicu alergi yang menyebabkan beberapa keluhan kesehatan, seperti gatal di sekitar mulut dan tenggorokan serta meningkatnya detak jantung.

Mau tahu apa saja jenis-jenis dan manfaat serelia untuk tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Jenis Serealia dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh“.

Segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc jiak mengalami kondisi tersebut, ya!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Oatmeal Nutrition Facts and Health Benefits.
Kontan. Diakses pada 2022. Bisa mengontrol gula darah, ini cara terbaik konsumsi oat untuk penderita diabetes

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan