27 August 2018

6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

 manfaat bawang merah, kesehatan rambut

Halodoc, Jakarta - Siapa bilang bawang merah hanya bisa dipakai untuk penyedap rasa masakan? Tanaman yang termasuk ke dalam umbi-umbian ini ternyata sangat bermanfaat untuk rambut, lho. Meski membuat mata menangis ketika diiris, kamu akan terhindar dari berbagai masalah rambut dengan bawang merah? Penasaran? Simak berbagai manfaat bawang merah untuk rambut berikut ini.

  1. Membuat Rambut Lebih Kuat

Rambut rapuh, mudah patah, dan rontok. Inilah tiga masalah rambut yang paling sering terjadi, terlebih pada wanita, meski tak sedikit pria juga mengalaminya. Namun, kamu tak perlu lagi melakukan berbagai macam perawatan salon yang terbilang mahal. Belum lagi dengan penggunaan bahan kimia yang belum tentu cocok untuk rambut kamu. Kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai solusi alamiah.

Bawang merah mengandung vitamin C, E, dan A yang tinggi serta penting untuk kesehatan dan kekuatan batang rambut. Tak hanya itu, kandungan sulfur pada bawang merah juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan keratin pada rambut.

  1. Mengatasi Rasa Gatal di Kepala

Gatal di kepala bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari ketombe hingga kutu rambut. Tentu saja ini akan membuat kamu sangat tidak nyaman. Coba gunakan bawang merah untuk mengatasinya. Caranya tumbuk bawang merah hingga halus dan tambahkan minyak kelapa, lalu oleskan secara merata di kulit kepala. Agar hasilnya lebih maksimal, aplikasikan sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca juga: Tips untuk Membuat Rambut Lebih Tebal

  1. Mengatasi Masalah Ketombe

Munculnya ketombe pada kulit kepala tentu akan membuat rasa percaya diri menurun. Ada banyak hal yang menyebabkan kulit kepala berketombe, mulai dari penggunaan produk rambut yang tidak cocok, debu dan kotoran, hingga produksi minyak berlebih di kepala. Namun, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan bawang merah. Kandungan sulfur dan vitamin C pada bawang merah sangat efektif untuk mengusir ketombe dari kulit kepala.

  1. Membuat Kulit Kepala Tetap Sehat

Kulit kepala yang tidak dijaga kebersihannya akan mudah terserang berbagai penyakit, seperti datangnya ketombe, borok pada kulit kepala, datangnya kutu rambut, dan masih banyak lagi. Tidak hanya rajin mencuci rambut minimal setiap dua hari sekali, kamu juga bisa menggunakan bawang merah untuk membuat kulit kepala tetap sehat. Di dalam bawang merah, terdapat protein yang amat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

  1. Menutrisi Rambut

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah menutrisi rambut. Kurangnya nutrisi akan membuat rambut kamu mudah patah, rontok, tampak kumal dan kusam. Meski sampo mengandung bahan-bahan untuk menutrisi rambut, tentu itu belum cukup untuk mengembalikan kemilau rambut kamu. Coba aplikasikan bawang merah sebagai masker rambut supaya rambut kamu kembali berkilau dan bebas dari kumal.

  1. Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek

Rambut yang sering terkena debu dan kotoran akan lebih cepat berminyak. Jika tidak segera dicuci, rambut pun akan mudah lepek. Nah, inilah manfaat lain dari bawang merah, yaitu membantu menyerap minyak sehingga mengurangi lepek pada rambut. Meski minyak terangkat dari kulit kepala, rambut kamu tidak lantas menjadi kering, karena bawang merah hanya menyerap minyak yang memicu munculnya kotoran di kepala.

Baca juga: Waspada Diabetes 2025, Coba Atasi dengan Bawang Merah

Nah, itu tadi beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan rambut yang perlu diketahui. Apa pun masalah kesehatan yang kamu alami, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu, ya!