20 June 2018

Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putih

Halodoc, JakartaBawang putih sering digunakan sebagai bahan masakan. Tapi, tahukah kamu kalau bawang putih juga bisa dimakan secara langsung? Kedua cara ini, baik diolah menjadi bahan masakan atau dimakan secara langsung, bisa kamu lakukan agar mendapat manfaat bawang putih untuk kesehatan. Meski belum terbukti 100 persen, beberapa studi telah menemukan adanya kemungkinan manfaat bawang putih untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

1. Mencegah Flu

Bawang putih mengandung allicin, senyawa sulfur yang kaya akan antioksidan. Senyawa ini memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme penyebab sakit (seperti radang, pilek, dan flu). Senyawa ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus, sehingga kamu bisa terhindar dari sakit. Studi tahun 2012 juga melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih mengalami gejala flu lebih ringan dan dapat pulih lebih cepat dibanding yang jarang atau tidak mengonsumsinya.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

2. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Selain mencegah flu, kandungan allicin dalam bawang putih juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Sebuah studi menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri H. pylori di lambung. Ini adalah bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan luka pada lambung atau usus bagian atas, sehingga meningkatkan risiko mag, ulkus lambung, ulkus duodenum, hingga kanker lambung.

3. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa dikendalikan dengan mengonsumsi bawang putih. Ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Maturitas. Alasannya karena bawang putih mengandung polisulfida, senyawa yang bisa melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi bawang putih selama dua bulan (setidaknya 10 gram per hari) bisa menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak. Ini disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine.

Baca juga: Makan Malam Sehat untuk Pengidap Kolesterol

5. Menurunkan Risiko Kanker

National Cancer Institute di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kandungan sulfur bioaktif dalam bawang putih bermanfaat untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif bisa memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, serta menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Beberapa studi telah membuktikan bahwa bawang putih bisa membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Ini disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition. Studi tersebut menyebutkan bahwa bawang putih bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada ateri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan dalam bawang putih dapat menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif yang menyebabkan Alzheimer dan dementia. Ini disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neurochemistry.

Baca juga: Hati-hati! 6 Kebiasaan yang Merusak Otak

Itulah tujuh manfaat bawang putih untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat bawang putih, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!