Ketahui Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Juli 2023

"Telur biasa dan telur omega 3 memiliki perbedaan dari segi warna kuning telur. Selain itu, kandungan nutrisinya juga agak berbeda."

Ketahui Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3Ketahui Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

Halodoc, Jakarta – Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang biasa dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Manusia umumnya mengonsumsi telur yang berasal dari berbagai jenis unggas, seperti ayam, bebek, dan angsa. 

Telur ikan yang lebih kecil juga dapat kamu gunakan sebagai bahan tambahan dalam hidangan. Selain itu, ada juga yang berukuran besar seperti telur burung unta dan yang berukuran sedang seperti telur penyu.

Mayoritas telur ayam yang bisa kamu konsumsi tidak terbuahi oleh ayam jantan. Namun, telur yang telah terbuahi juga masih bisa kamu makan, meskipun tidak memiliki perbedaan kandungan nutrisi yang signifikan. 

Telur yang ada di pasaran biasanya tidak mengandung embrio yang berkembang karena tersimpan dalam lemari pendingin yang mencegah pertumbuhan sel-sel di dalamnya.

Manfaat Telur bagi Kesehatan

Telur mengandung banyak nutrisi penting, termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sebutir ukuran sedang mengandung sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak sehat, dan lebih dari 13 vitamin dan mineral yang tubuh perlukan.

Berikut ini beberapa manfaatnya bagi kesehatan:

1. Sumber Protein Tinggi

Protein adalah salah satu komponen penting dalam tubuh. Makanan ini adalah salah satu sumber protein yang paling kaya dan lengkap. Protein dalam makanan ini membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat otot, dan menjaga kesehatan tulang.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Selain protein, makanan ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, selenium, zat besi, dan fosfor. Nutrisi ini mendukung fungsi tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selain dari telur, asupan vitamin A juga bisa kamu dapatkan dari buah-buahan. Simak selengkapnya di sini → Kaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

3. Mendukung Kesehatan Otak

Kolin, salah satu nutrisi dalam telur, berperan dalam pembentukan membran sel otak dan neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak yang baik. Konsumsi makanan ini dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi kognitif.

4. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi makanan ini, asal tidak berlebihan, dapat meningkatkan profil lipid darah dan menjaga kesehatan jantung. Lemak sehat dalam makanan ini membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

5. Jaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam makanan ini membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang terjadi akibat sinar UV dan kerusakan lingkungan lainnya. Konsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

Telur biasa, seperti namanya, adalah telur yang dihasilkan oleh ayam biasa yang makan makanan standar. Jenis yang biasa mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral.

Ini juga mengandung lemak sehat dan kolesterol. Telur biasa memiliki cangkang putih atau cokelat tergantung pada jenis ras ayamnya.

Sementara itu, jenis yang omega-3 adalah varian yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah nutrisi esensial yang penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Telur omega-3 dari ayam yang makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti biji rami atau rumput laut.

Berikut ini beberapa perbedaan keduanya:

1. Perbedaan Gizi

Salah satu perbedaan utama antara telur biasa dan yang omega-3 adalah kandungan asam lemak omega-3. Jenis yang omega-3 mengandung jumlah omega-3 yang lebih tinggi daripada yang biasa.

Asam lemak omega-3 terkait dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk dukungan kesehatan jantung, kesehatan otak, dan kesehatan mata.

Selain dalam makanan ini, asam lemak omega-3 juga terkandung dalam banyak makanan. Simak dalam artikel ini → 6 Makanan yang Kaya Kandungan Asam Lemak Omega 3

2. Warna dan Tekstur

Perbedaan visual antara telur biasa dan yang omega-3 terletak pada warna kulit dan kuningnya. Jenis yang biasa umumnya memiliki kulit cangkang putih atau cokelat.

Sementara telur omega-3 sering memiliki kulit cangkang yang lebih gelap. Bagian kuning pada jenis ini juga cenderung memiliki warna yang lebih intens dan kuning cerah.

Tekstur dari kedua jenisnya ini juga bisa sedikit berbeda. Beberapa orang menganggap makanan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan kaya.

3. Produksi

Telur omega-3 diproduksi melalui pemberian makanan khusus kepada ayam yang mengandung sumber asam lemak omega-3. Pemberian makanan ini memungkinkan ayam menghasilkan telur dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi.

Proses produksi ini melibatkan penggunaan pakan yang mengandung biji rami, rumput laut, atau suplemen omega-3 lainnya.

Mau tahu manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui“.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan telur biasa dan yang omega-3. Meski ada beberapa perbedaan, keduanya tetap kaya nutrisi dan penting untuk kamu konsumsi. Namun, jangan berlebihan juga, ya!

Selain dengan makanan sehat, jaga juga kesehatanmu dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara mudah melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan
Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2023. What Is the Difference Between Omega-3 Eggs and Regular Layer Eggs?
Healthline. Diakses pada 2023. Pastured vs Omega-3 vs Conventional Eggs — What’s the Difference?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan