Ini 7 Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 November 2023

“Telur ayam kampung berasal dari ayam yang dibesarkan dengan makanan alami, seperti dedak, jagung, serangga, biji-bijian, beras. Manfaatnya dapat menjaga kesehatan tulang, otak, dan membuat rasa kenyang lebih lama.”

Ini 7 Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan yang Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

DAFTAR ISI

1. Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

2. Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan 


Halodoc, Jakarta – Telur ayam kampung adalah telur yang berasal dari ayam yang dipelihara dengan sistem tradisional. Mereka memiliki akses ke luar kandang dan bisa mencari makanannya sendiri. 

Dengan proses pemeliharaan secara tradisional ini, ayam kampung jadi tidak gampang stres. Hal ini berujung pada telur-telur yang lebih berkualitas dan lebih sehat ketimbang telur ayam konvensional.

Mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya!

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

Per 100 gram telur ayam kampung mengandung:

  • Energi : 174 kilokalori.
  • Vitamin A: 203 mcg.
  • Vitamin B1: 0.78 mg.
  • Lemak total: 14 g.
  • Vitamin B2: 0.62 mg.
  • Vitamin B3: 0.20 mg.
  • Karbohidrat total: 1.20 g.
  • Protein: 10.80 g.
  • Kalsium: 68 mg.
  • Fosfor : 268 mg.
  • Natrium: 190 mg.
  • Kalium: 141 mg.
  • Tembaga: 600 mcg.
  • Zat besi: 4.90 mg.
  • Seng: 1.50 mg.
  • Beta karoten: 23 mcg.

Selain beberapa nutrisi baik di atas, telur ayam kampung juga mengandung pigmen carotenoid yang bersifat antioksidan dan biasanya terdapat pada sayuran hijau. Di antaranya lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan 

Telur ayam kampung dan telur ayam konvensional memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda. Salah satu perbedaannya terdapat dari kandungan magnesium yang lebih tinggi.

Selain itu, telur ayam kampung juga memiliki kandungan beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan. Tubuh juga mengubah asupan tersebut menjadi vitamin A, yaitu protein yang larut dalam lemak.

Ini beberapa manfaat telur ayam kampung lainnya yang bisa kamu coba:

1. Menurunkan risiko degenerasi makula

Telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kedua kandungan tersebut dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait dengan usia.

Manfaat tersebut telah terbukti pada penelitian Lutein and zeaxanthin and their roles in age-related macular degeneration—neurodegenerative disease yang terbit pada Nutrients.

Penelitian juga membuktikan, hampir 4.000 orang yang mengonsumsi suplemen lutein dan zeaxanthin selama 10 tahun secara teratur dapat membantu mengurangi perkembangan degenerasi makula tahap akhir.

Ketahui juga di sini tentang alasan lansia rentan terkena degenerasi makula: Lansia Rentan Terkena Degenerasi Makula, Ini Alasannya.

2. Menjaga kekuatan tulang

Manfaat telur ayam kampung dalam menjaga kekuatan tulang berasal dari kandungan vitamin D di dalamnya. Menurut studi ilmiah berjudul Calcium and phosphate homeostasis yang terbit pada Endotext Publisher, vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium usus.

Studi juga menjelaskan, vitamin D memainkan peran penting dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor oleh tubuh. Keduanya adalah mineral esensial untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang sehat.  

3. Menurunkan kolesterol

Telur ayam kampung memiliki kandungan kolesterol lebih rendah ketimbang telur konvensional. Jika telur biasa mengandung 423 miligram kolesterol, telur ayam kampung hanya memiliki 277 miligram.

4. Merasa kenyang lebih lama

Manfaat telur ayam ini berasal dari kandungan protein dan lemak sehat di dalam telur ayam. Makanan ini cocok kamu konsumsi sebagai sarapan, karena mampu menahan rasa kenyang sampai siang hari.

Proteinnya bekerja dengan meningkatkan produksi hormon GLP-1 yang memicu rasa kenyang dan mengurangi hormon lapar. Protein juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna ketimbang karbohidrat.

Sementara lemak sehat, nutrisi ini berada dalam sistem pencernaan yang relatif lebih lama ketimbang protein dan karbohidrat. Hal inilah yang pada akhirnya menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

5. Menjaga berat badan ideal

Masih berasal dari protein dan lemak baik di dalamnya, telur ayam kampung dapat mempertahankan berat badan ideal, karena membuat orang merasa kenyang lebih lama. Hal ini mencegah konsumsi makanan berlebihan sekaligus membantu mengurangi nafsu makan. 

6. Menjaga kesehatan otak

Kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengolah memori akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Nah, kandungan omega-3 yang berasal dari telur ayam kampung bisa memperlambat kerusakan tersebut.

Khasiatnya akan lebih efektif jika dibarengi dengan penggunaan suplemen omega-3. Jangan lupa juga lakukan aktivitas yang dapat melatih otak, seperti meditasi, membaca buku, atau menghafal.Ketahui juga jenis makanan lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dalam artikel ini: 5 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Fungsi Otak.

7. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah masalah yang terjadi ketika seseorang mengalami penurunan kepadatan tulang. Penyakit ini biasanya terjadi secara alami seiring dengan pertambahan usia.

Untuk mencegah pengeroposan tulang di masa tua, kamu bisa mengonsumsi telur ayam kampung secara rutin. Kandungan protein, kalsium, kalium, dan fosfor di dalamnya bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Selain telur ayam kampung, baca selengkapnya dalam artikel beberapa jenis makanan untuk membantu menjaga kesehatan tulang: Berbagai Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis.

Itulah penjelasan terkait dengan manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan tubuh. Ketahui porsi yang tepat untuk sajian sehat keluarga, tanyakan pada spesialis gizi di Halodoc.✔️

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about free-range eggs.
MedicineNet. Diakses pada 2023. What Is Free-Range Chicken, and Does It Have Any Disadvantages?
Delish. Diakses pada 2023. 6 Reasons You Should Be Buying Free-Range Eggs.
Nutrients. Diakses pada 2023. Lutein and zeaxanthin and their roles in age-related macular degeneration—neurodegenerative disease.
Endotext Publisher. Diakses pada 2023. Calcium and phosphate homeostasis.
Nilai Gizi. Diakses pada 2023. Telur ayam kampung, segar.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan