Kaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Juli 2023

“Vitamin A sangat penting dalam pertumbuhan tubuh, terutama masa anak-anak. Beberapa buah yang mengandung vitamin A adalah mangga, anggur, jambu biji, jeruk keprok, dan semangka.”

Kaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin AKaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Ada banyak buah yang mengandung vitamin A di dalamnya. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang memiliki peran penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Bukan hanya meningkatkan kesehatan mata, vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Buah-buahan yang mengandung vitamin A juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi lain, sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, apa saja sih buah yang banyak mengandung vitamin A?

Inilah Buah yang Mengandung Vitamin A

Ada cukup banyak buah yang kaya akan vitamin A, dan sebagian besar dari daftar buah berikut akan memberikan porsi yang signifikan dari nilai harian yang direkomendasikan. Apa sajakah itu?

1. Mangga

buah mangga

Sebuah mangga ukuran sedang mengandung 1082 IU vitamin A. Penting untuk mempertimbangkan ukuran porsi mangga, untuk mengontrol gula dan kalori supaya tidak berlebihan.

Selain vitamin A, mangga juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 165 gram mangga, kamu bisa memenuhi 76 persen kebutuhan harian vitamin C dan 3 gram serat.

2. Semangka

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata. Untuk itu, salah satu dari daftar makanan sehat yang mengandung vitamin A adalah semangka. Seiris semangka mengandung 569 IU vitamin A yang baik untuk tubuh.

3. Anggur

buah anggur

Dalam 100 gram anggur terdapat kandungan vitamin A sebesar 100 IU. Selain itu, anggur adalah pilihan yang baik untuk camilan manis alami dengan vitamin C dan K, serta fitonutrien bermanfaat lainnya.

4. Jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu dari daftar buah yang mengandung vitamin A. Dalam 100 gram jambu biji, memenuhi hampir separuh dari kebutuhan harian vitamin A orang dewasa.

5. Jeruk keprok

buah jeruk keprok

Selain kaya vitamin C, jeruk keprok juga kaya akan vitamin A. Selain itu, jeruk keprok juga kaya akan protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, serta kolin. 

Makan buah jeruk keprok tidak hanya akan memenuhi kebutuhan vitamin A, melainkan nutrisi lainnya. Selain itu, jeruk ini juga enak jadi minuman menyegarkan. Cek resepnya di sini → 10 Manfaat Es Jeruk dan Resep untuk Membuatnya

6. Pepaya

Selain terkenal akan kandungan seratnya, pepaya juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan. Dalam 165 gram pepaya mengandung 78 mikrogram atau setara dengan 9 persen kebutuhan harian.

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam pepaya, membuat makanan sehat ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung.

7. Aprikot

buah aprikot

Kebanyakan aprikot dapat kamu konsumsi ketika sudah melalui proses pengeringan. Namun, nyatanya aprikot yang masih segar mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Aprikot berukuran 70 gram mengandung 67 mikrogram vitamin A. Selain vitamin A, aprikot juga mengandung vitamin E dan C yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

8. Blewah

Blewah menjadi salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang sangat segar. Selain dapat menghilangkan rasa haus, ternyata blewah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Hal ini terjadi karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada blewah. Dalam 160 gram blewah mengandung 270 mikrogram vitamin A.

9. Melon

melon

Rasa manis dari melon membuat semua orang menyukai buah ini. Selain mengandung vitamin C, K, dan magnesium, melon juga mengandung vitamin A. Dalam 100 gram melon mengandung 50 IU vitamin A. 

 10. Nektarin

Sekilas buah ini mirip dengan peach, tetapi nyatanya berbeda. Keduanya memiliki perbedaan pada kulit dan rasanya. 

Dalam 140 gram nektarin mengandung 29 mikrogram yang bisa menjaga kesehatan mata dari paparan radikal bebas. Jadi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah ini agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

Selain buah, kamu bisa mengetahui makanan sehat lainnya yang menjadi sumber vitamin A melalui laman ini: Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A.

Manfaat Konsumsi Buah untuk Kesehatan

Buah menjadi makanan sehat yang sangat penting untuk kesehatan. Mengonsumsi banyak buah membuat kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik, sehingga kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Berikut manfaat mengonsumsi buah untuk kesehatan, yaitu:

1. Mencegah dehidrasi

Selain nutrisi, ada berbagai jenis buah yang mengandung air cukup tinggi. Contohnya, seperti semangka hingga jeruk. Mengonsumsi keduanya mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi.

2. Buah menurunkan risiko peradangan

Berbagai buah yang berwarna memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan tersebut mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas sehingga menurunkan risiko peradangan.

infografis manfaat buah

3. Membantu menurunkan berat badan

Buah mengandung berbagai nutrisi dan rendah kalori. Selain itu, banyak buah yang mengandung air dan serat tinggi. Keduanya mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan terjaga dengan baik. 

Hal ini tentunya bisa membantu kamu untuk mengontrol dan menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah menjadi sumber serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Bahkan, jika kamu mengalami gangguan, seperti perut kembung dan konstipasi, mengonsumsi serat membuat masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.

Serat juga membuat proses pengolahan makanan dalam pencernaan menjadi lebih optimal. Agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik, sebaiknya konsumsi buah dalam bentuk yang masih segar.

5. Konsumsi buah mencegah berbagai penyakit

Memperbanyak asupan buah mampu menghindari kamu dari berbagai penyakit, seperti gangguan jantung, kanker, hingga diabetes.

Mengonsumsi makanan sehat ini setiap hari ternyata mampu mencegah kamu dari penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi apel secara rutin membantu kamu terhindar dari diabetes tipe 2.

Buah citrus, seperti jeruk atau lemon juga meningkatkan kadar sitrat dalam urine yang menurunkan risiko batu ginjal.

6. Buah meningkatkan kesehatan kulit

Mengonsumsi buah mampu meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena berbagai kandungan nutrisi hingga air di dalamnya, yang kamu konsumsi.

Selain itu, makanan ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat memicu gangguan kesehatan, seperti munculnya kerutan halus, flek hitam, hingga jerawat pada kulit.

7. Buah menjaga kesehatan rambut

Berbagai kandungan nutrisinya mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Mengonsumsi buah bisa mencegah rambut rontok, mengoptimalkan pertumbuhan rambut, hingga membuat rambut menjadi lebih kuat dan lebat.

Itulah berbagai ulasan mengenai buah-buahan yang mengandung vitamin A dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain konsumsi langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi salad. Cek resepnya di sini → Resep Salad Buah yang Mudah Dibuat dan Menyegarkan

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Buah

1. Buah apa yang bagus untuk kesehatan kulit?

Beberapa buah yang baik untuk kesehatan kulit termasuk jeruk, alpukat, pepaya, berry, semangka, kiwi, dan nanas. Selain mengonsumsi buah-buahan ini, penting juga menjaga kebersihan kulit, perlindungan matahari, dan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk kesehatan kulit yang optimal.

2. Buah apa yang bagus untuk anemia?

Beberapa buah yang baik untuk anemia adalah delima, anggur, apel, kiwi, nanas, jeruk, dan strawberry. Ini mengandung zat besi, vitamin C, dan asam folat yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Penting untuk mengonsumsi buah-buahan ini secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik mengenai diet dan pengobatan anemia.

3. Buah apa yang paling populer di dunia?

Salah satu buah yang paling populer di dunia adalah pisang. Pisang dikenal dan dikonsumsi secara luas di berbagai negara di seluruh dunia. Selain itu, buah-buahan lain yang juga populer adalah apel, jeruk, mangga, anggur, dan stroberi. 

Kehadiran buah-buahan ini di pasaran global membuat mereka menjadi favorit di banyak masyarakat dan menjadi bagian penting dari berbagai hidangan dan makanan sehari-hari.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. The wonders of watermelon.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Mangoes 101: Nutrition, Benefits, Types, and More.
Go Digit. Diakses pada 2022. Vitamin A Rich Foods, Fruits & Vegetables.
Healthwire. Diakses pada 2022. Vitamin A Rich Fruits and Vegetables Which You Should Add To Your Diet!
Souper sage.com. Diakses pada 2022. Top Fruits High in Vitamin A.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Signs and Symptoms of Vitamin A Deficiency.
Eat This, Not That. Diakses pada 2023. 6 Incredible Effects of Eating Fruit Every Day, Say Dietitians.
Healthline. Diakses pada 2023. How Much Fruit Should You Eat per Day?
Healthline. Diakses pada 2023. 20 Foods That Are High in Vitamin A.
Pharmeasy. Diakses pada 2023. Vitamin A-Rich Fruits That You Should Include In Your Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan