• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Persiapan sebelum Melakukan Threading Alis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Persiapan sebelum Melakukan Threading Alis

Ketahui Persiapan sebelum Melakukan Threading Alis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Oktober 2022

“Threading alis adalah proses menghilangkan bulu alis dengan menggunakan seutas benang. Ini adalah proses sederhana dan hasilnya instan, namun membutuhkan kemahiran untuk melakukannya.”

Ketahui Persiapan sebelum Melakukan Threading AlisKetahui Persiapan sebelum Melakukan Threading Alis

Halodoc, Jakarta – Tampilan alis memiliki pengaruh besar untuk penampilan seseorang. Alis dapat membantu membentuk dan mendefinisikan wajah. Oleh karena itu, banyak orang yang membentuk alis dengan berbagai metode. Salah satu yang paling populer di dunia kecantikan adalah threading alis.

Threading alis adalah proses menghilangkan bulu alis dengan menggunakan seutas benang. Biasanya, benang ini terbuat dari kapas yang relatif  tipis untuk dapat mencabut setiap helai. Ini adalah proses sederhana dan membuahkan hasil yang instan namun membutuhkan kemahiran untuk melakukannya.

Keunggulan Threading Alis

Threading alis adalah jenis pencukuran bulu alis yang dilakukan secara manual. Proses ini akan mencabut rambut hingga akarnya dan tidak memotongnya. Praktisi akan memulai dengan membersihkan kulit di bawah dan di sekitar alis dengan pembersih lembut atau alkohol. Hal ini untuk memastikan area tersebut steril dan membuat rambut lebih terlihat.

Threading dapat menghilangkan rambut dengan waktu yang cepat, jadi kamu tidak akan merasakan sakit yang berlebih. Proses Ini akan menghasilkan hasil yang lebih presisi daripada waxing. Akan tetapi, threading harus dilakukan di klinik yang tepercaya dengan praktisi yang sudah berpengalaman

Threading juga merupakan pilihan yang bagus untuk pemilik kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi. Selain itu, proses ini tidak memiliki kontak dengan kulit sehingga membuatnya nyaman untuk mereka yang berjerawat atau memiliki kulit yang sangat sensitif. 

Persiapan sebelum Threading Alis

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan sebelum memutuskan melakukan threading alis, berikut pembahasannya.

  • Cari Klinik Terbaik

Pilih fasilitas yang tepercaya dengan reputasi dan ulasan dari pelanggan yang baik. Kamu juga harus memilih klinik dengan anggaran yang sudah ditentukan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi dari teman atau keluarga.

  • Pilih Jadwal yang Tepat

Seperti yang telah disebutkan, threading dapat membuat kulit merah dan bengkak untuk sementara waktu. Oleh karena itu, pilihlah hari yang jauh sebelum kamu menghadiri acara penting. Sebab alis dan wajah perlu diistirahatkan untuk beberapa hari.

  • Minum Pereda Nyeri sebelum Prosedur

Ini dapat membantu mengurangi iritasi dan membuat proses lebih nyaman.

  • Jangan Menggunakan Riasan

Riasan apapun di sekitar alis harus dihapus agar tidak mengganggu proses threading. Sebaiknya, wajah tetap bersih dan natural tanpa riasan apapun saat prosedur threading

  • Berkonsultasi dengan Praktisi

Ajukan pertanyaan kepada praktisi tentang pengalaman perawatan kecantikan, kondisi wajah, dan prosedurnya. Usahakan untuk selalu terbuka dan buatlah praktisi menjadi teman bicara. Hal ini bisa membuatmu jauh lebih tenang.

  • Pastikan Kebersihan Alat yang Digunakan

Periksa apakah terapis kecantikan menggunakan benang yang bersih dan baru. Selain itu, sebelum praktisi menyentuh wajah kamu, pastikan tangan mereka bersih. Hal ini untuk menurunkan kemungkinan beberapa penyakit menular.

  • Bantu Praktisi untuk Mempermudah Prosedur

Saat melakukan threading, kamu biasanya akan dimintai bantuan oleh praktisi untuk mempermudah jalannya prosedur. Misalnya, untuk menarik kelopak mata ke arah berlawanan agar area alis lebih terpapar dan mudah untuk dicukur menggunakan benang.

  • Gunakan Lidah Buaya

Beberapa fasilitas akan menawarkan lidah buaya untuk membantu mengurangi iritasi kulit lebih cepat. Kamu juga bisa membawanya dari rumah jika klinik tidak menyediakan informasi tentang lidah buaya.

Itulah pembahasan seputar threading alis. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter kecantikan terkait masalah wajah, kamu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
In Line. Diakses pada 2022. What is Eyebrow Threading?
Lash Lovers. What is Eyebrow Threading and How Does It Work?