• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Jahe yang Bukan Hanya Menghangatkan Tubuh

Khasiat Jahe yang Bukan Hanya Menghangatkan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jahe merupakan rempah-rempah asal Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Salah satu manfaat jahe adalah menambah kelezatan makanan. Sensasi rasa hangatnya nikmat dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah pada tenggorokan. Bukan hanya sekedar menghangatkan tubuh, berikut manfaat jahe yang bisa kamu rasakan:

Baca juga: Mengonsumsi Air Jahe Rutin dapat Memberikan 6 Manfaat Ini

  • Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berpotensi untuk menimbulkan berbagai macam penyakit serius. Manfaat jahe yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Meskipun diklaim ampuh dalam menurunkan kolesterol, efektivitas jahe terhadap kadar kolesterol masih perlu penelitian lebih lanjut. 

  • Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Manfaat jahe selanjutnya adalah menangkal infeksi bakteri dan juga virus. Hal tersebut didukung oleh kandungan gingerol dalam jahe yang mampu menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli, dan bakteri lainnya. Jahe juga ampuh dalam menangkal infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan.

Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa jahe berpotensi untuk mencegah infeksi bakteri yang resisten terhadap obat. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan DNA tubuh, mencegah stres, serta membantu mengatasi pilek dan flu. 

  • Penangkal Rasa Mual

Manfaat jahe selanjutnya adalah menangkal rasa mual. Rasa mual pasti akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, minuman yang terbuat dari jahe mampu mengatasi rasa mual yang kamu rasakan dengan mengurangi gas dalam perut.

Manfaat jahe untuk menangkal rasa mual dapat digunakan untuk mengatasi mual pasca operasi, mual saat hamil, serta mual setelah melakukan prosedur kemoterapi. Jika ibu sedang hamil, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, ya! 

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan berupa, seperti dispepsia atau sakit maag dapat diredakan dengan mengonsumsi jahe. Jahe bekerja dengan mempercepat waktu pengosongan lambung, sehingga mampu mengurangi kemungkinan timbulnya masalah perut. 

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat jahe tidak hanya mengatasi gangguan pencernaan saja, tapi juga dapat meningkatkan fungsi otak, serta berpotensi mengatasi penyakit Alzheimer. Sebuah riset menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan fungsi kognitif pada wanita yang telah berusia 50 tahunan.  

  •  Meringankan Gejala Arthritis

Salah satu gejala arthritis adalah pembengkakan pada daerah persendian. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk mengobatinya dengan mengonsumsi atau menumbuk jahe dan ditempelkan pada area yang mengalami pembengkakan. Salah satu jenis arthritis yang bisa diatasi dengan jahe adalah osteoarthritis. 

  • Berpotensi Menangkal Kanker

Manfaat jahe dalam menghambat kanker memang belum menemukan kesimpulan yang pasti. Namun, beberapa studi sudah membuktikan khasiat jahe dalam menangkal kanker. Salah satu riset mengungkapkan bahwa kandungan gingerol dalam jahe bisa menjadi alternatif terapi penyembuhan untuk para pengidap kanker. 

Baca juga: Konsumsi Air Rebusan Jahe, Apa Manfaatnya?

Minum air jahe untuk mendapatkan manfaat jahe sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Namun, ketika dikonsumsi secara berlebihan, jahe dapat menyebabkan sakit perut, perut kembung, serta mulas dan diare. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, seseorang tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Bukan hanya itu saja, konsumsi jahe dalam bentuk apapun dikhawatirkan menimbulkan reaksi berbahaya pada seseorang yang sedang minum obat pengencer darah. Sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum minum air jahe. Hal yang sama dengan ibu hamil. Meski minum air jahe tidak membahayakan, serta tidak meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsinya.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger.
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. 8 Surprising Health Benefits of Ginger You Need to Know About.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why is ginger good for you?