• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi 9 Makanan Ini agar Lebih Cepat Hamil

Konsumsi 9 Makanan Ini agar Lebih Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya kamu tidak harus menunggu merencanakan kehamilan baru memulai makanan sehat. Faktanya, mengikuti diet sehat sebelum hamil meningkatkan kesuburan dan menurunkan risiko cacat lahir seperti spina bifida. 

Mengonsumsi makanan sehat juga menjaga kesehatan dan stamina pasca melahirkan. Itulah alasannya kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan diet seimbang dan menghilangkan menu cepat saji. Informasi selengkapnya mengenai konsumsi makanan sehat dan kehamilan bisa dibaca di bawah ini!

Pola Makan Sehat untuk Perencanaan Kehamilan Sehat

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The Create Fertility Centre, kelebihan berat badan berdampak negatif pada peluang untuk hamil dan kekurangan berat badan, terutama jika kamu mengalami menstruasi tidak teratur, juga mengakibatkan masalah terhadap peluang kehamilan. 

Alasannya, sel-sel lemak terkait dengan produksi estrogen yang terlalu banyak atau sedikit dapat membuang hormon yang terlibat dalam ovulasi. Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko resistensi insulin yang mengganggu ovulasi. 

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Pada laki-laki, obesitas dikaitkan dengan kadar testosteron yang lebih rendah dan kualitas sperma yang terganggu. Bicaralah dengan dokter jika kamu atau pasangan memiliki isu berat badan dan sedang merencanakan kehamilan. 

Berbicara dengan dokter membantu kamu dan pasangan mendiskusikan strategi untuk mencapai kisaran berat badan yang lebih sehat dalam perencanaan kehamilan. Terkait dengan makanan, berikut ini makanan yang disarankan untuk membantu perencanaan kehamilan sehat, yaitu:

  1. Sayuran hijau

Bayam, brokoli, bok choy, chard, dan kale Swiss adalah pilihan yang baik. Tumis dengan minyak zaitun dan makanlah sebagai lauk atau tambahkan ke sup, salad, casserole, dan omelet.

  1. Sereal

Carilah sereal sarapan sehat yang mengandung 100 persen kandungan gizi yang disarankan secara kesehatan.

  1. Jeruk dan Stroberi

Selain enak, dua buah ini sangat enak bila dimasukkan ke dalam perencanaan dietmu 

  1. Kacang-kacangan

Cobalah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi ini sekaligus, karena dapat menambah masalah pencernaan yang sudah kamu hadapi. Namun, mengonsumsi ini bisa menjadi tambahan menu sehat untuk kehamilan yang direncanakan.

Baca juga: 4 Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelamaan Berdiri

  1. Susu

Susu adalah sumber kalsium yang paling baik. Satu gelas susu dapat menjadi sumber kalsium harian. Susu juga mengandung vitamin D, sehingga baik untuk pertumbuhan dan menjaga tulang tetap sehat. Kamu juga bisa minum susu kedelai, susu almond, dan jus yang diperkaya kalsium. 

  1. Yoghurt

Secangkir yoghurt tawar mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Seperti susu, kamu bisa mengonsumsi yoghurt dengan memakannya polos atau menggunakannya sebagai campuran smoothie.

  1. Keju

Satu porsi mozzarella ukuran 1,5 ons mengandung 333 miligram kalsium, porsi cheddar yang berukuran sama mengandung 307 miligram kalsium, dan satu cangkir keju cottage mengandung 138 miligram kalsium.

  1. Makanan Laut

Ikan yang tinggi lemak, termasuk salmon, ikan teri, ikan sarden, dan ikan haring, semuanya merupakan sumber omega 3 yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Daging Sapi 

Daging dari sapi yang diberi makan rumput mengandung kadar omega 3 yang lebih tinggi daripada daging dari sapi yang diberi makan biji-bijian.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi selama perencanaan kehamilan bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.

Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Whattoexpect.com. Diakses pada 2020. The Prepregnancy Diet
Everydayhealth. Diakses pada 2020. Foods That Make You Fertile
Todaysparent. Diakses pada 2020. 6 ways to increase your chances of getting pregnant