Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-tanda-tanda-kehamilan-di-minggu-pertama-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bagi pasangan suami istri yang berharap memiliki momongan, kehamilan tentu menjadi berita paling ditunggu-tunggu. Namun, tanda kehamilan di minggu pertama seringkali tidak terasa signifikan, sehingga banyak wanita yang tidak menyadarinya. Nah, agar ibu tidak melewatkan momen kehadiran Si Kecil di dalam perut, ketahui tanda-tanda kehamilan di minggu pertama di sini.

Mungkin ini kedengarannya aneh untuk kamu, tetapi di kehamilan minggu pertama, kamu sebenarnya belum benar-benar hamil. Hal ini karena kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Kehamilan baru terjadi hanya ketika tubuh kamu melepaskan sel telur dari ovarium yang biasanya terjadi antara akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3. Pelepasan sel telur ini disebut masa subur atau ovulasi yang biasanya berarti kamu subur dan siap untuk hamil. Agar bisa terjadi kehamilan, sel telur harus bertemu sperma pada tuba fallopi.

Siklus ovulasi yang biasanya terjadi pada hari ke-13 sampai ke-20 setelah HPHT akan menentukan tanggal pembuahan. Namun, ovulasi juga dipengaruhi oleh seberapa lama siklus haid seorang wanita. Rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi sekitar 28 hari, tetapi sebagian wanita memiliki siklus yang berbeda.

Nah, untuk mengetahui pola siklus menstruasi kamu, kamu bisa mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan, mengukur suhu basal tubuh (suhu tubuh saat baru bangun tidur di pagi hari) menjelang ovulasi, atau mengamati tekstur cairan vagina yang terlihat lebih jernih dan licin. Kamu juga bisa menggunakan cara praktis, yaitu dengan menggunakan alat tes ovulasi.

Baca juga: Perkembangan Janin Usia 1 Minggu

Gejala Kehamilan Minggu Pertama

Selain tidak dapat haid, gejala minggu pertama kehamilan sebenarnya mirip, seperti gejala minggu pertama kamu mendapatkan siklus menstruasi yang biasanya bikin tidak nyaman, antara lain:

  • Perut kembung.

  • Mual dengan atau tanpa muntah.

  • Jerawat.

  • Sakit kepala.

  • Ngidam dan nafsu makan meningkat.

  • Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit atau diare.

  • Nyeri sendi dan otot.

  • Sakit atau kram perut.

  • Payudara berubah menjadi lembut.

  • Intoleransi terhadap alkohol.

  • Pertambahan berat badan karena retensi cairan.

  • Kecemasan dan perubahan suasana hati.

  • Perubahan libido.

  • Kelelahan.

Baca juga: Kenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil

Cara Mempersiapkan Tubuh untuk Kehamilan

Meskipun sulit menentukan tanda kehamilan minggu pertama, tetapi ibu bisa mempersiapkan diri untuk kehamilan dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengetahui Kapan Masa Subur Kamu

Ketika tubuh kamu melepaskan sel telur selama ovulasi, ia hanya memiliki waktu 12 sampai 24 jam untuk hidup. Sel telur harus bertemu sperma dalam jangka waktu tersebut, atau bila tidak kamu tidak akan hamil. Jadi, kamu dianjurkan untuk mencari tahu masa subur kamu, agar memiliki peluang yang lebih tinggi untuk hamil.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita

2. Mulai Meminum Vitamin Prenatal

Minum vitamin prenatal biasanya dianjurkan oleh dokter bagi kamu yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil. Para ahli sepakat bahwa asam folat merupakan vitamin prenatal paling penting untuk kehamilan. Mengonsumsi vitamin prenatal dapat membantu mencegah masalah serius yang disebut cacat lahir tabung saraf. Jadi, bila ibu belum menambahkan asam folat ke asupan harian ibu, kehamilan minggu pertama adalah waktu yang tepat untuk memulai.

3. Minum Banyak Air dan Bukan Alkohol

Selama kehamilan minggu pertama, mulailah terapkan gaya hidup sehat untuk dipertahankan sepanjang kehamilan ibu. Bagi banyak calon ibu, mungkin sulit untuk menghentikan alkohol. Namun, hal tersebut perlu dilakukan demi kesehatan bayi di masa depan. Mulai kurangi juga minuman manis yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi dan juga ibu. Alih-alih mengambil sekaleng cola atau anggur, penuhi kebutuhan cairan ibu dengan air putih.

Jangan lupa download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kehamilan yang ibu alami kapan dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 1 Week Pregnant: What Are the Signs?