• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Agar Puasa Pertama Lancar

Lakukan Ini Agar Puasa Pertama Lancar

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa akan tiba sebentar lagi, penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk fisik dan mental. Banyak orang yang kesulitan untuk melewati puasa pertama karena belum adanya penyesuaian tubuh saat tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seharian. Hal tersebut juga dapat memengaruhi aktivitas sehari-harimu.

Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan tubuh beberapa hari sebelumnya agar lebih siap saat puasa dan tidak batal di hari pertama. Hal tersebut karena hari pertama dapat menjadi patokan agar seseorang dapat melakukan ibadah puasa satu bulan penuh. Namun, apa saja yang dapat dilakukan agar puasa pertama lancar? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan!

Baca juga: Anak Puasa Pertama Kali, Berikan Semangat dengan Hal Ini

Cara Agar Puasa Hari Pertama Lancar

Banyak perubahan yang dapat terjadi karena harus menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Tubuh harus benar-benar terjaga dari berbagai sisi, termasuk kesehatan, stamina, hingga mental. Saat puasa, waktu untuk makan dan tidur dapat berubah karena diharuskan untuk makan sahur dan waktunya berbuka. Maka dari itu, penting untuk melakukan penyesuaian sebelum puasa dimulai.

Dengan melakukan penyesuaian tersebut, diharapkan tubuh tetap kuat untuk menjalankan puasa, terutama di hari pertama. Hal tersebut dapat menjadi patokan selama satu bulan ke depannya. Jika tidak, kamu mungkin akan mengalami berbagai keluhan, sehingga produktivitas terganggu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar puasa hari pertama lancar:

  1. Persiapan secara Mental

Salah satu cara agar puasa hari pertama tetap lancar adalah dengan persiapan mental yang kuat. Memang, puasa sangat berhubungan dengan fisik, tetapi mental juga dapat berpengaruh pada kesungguhan seseorang untuk puasa. Mempersiapkan fisik dan mental memang sama pentingnya agar produktivitas sehari-hari tidak terganggu.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar kuat untuk menjalankan puasa di hari pertama bahkan hingga satu bulan penuh. Untuk itu, penting mengonsumsi makanan sehat agar beberapa gangguan tidak terjadi, seperti gangguan yang berhubungan dengan lambung. Pastikan kamu lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti buah, sayur, daging, hingga susu.

Baca juga: Tips Perkenalkan Anak Balita Puasa Pertama

  1. Atur Kembali Waktu Tidur

Hal lainnya yang penting dilakukan agar puasa hari pertama tetap lancar adalah dengan mengatur kembali waktu tidur agar tetap normal. Seseorang yang mempunyai waktu tidur tidak menentu dapat menyebabkan banyak gangguan saat puasa, seperti tubuh yang lemas dan sakit kepala. Saat sakit kepala sudah tidak tertahankan, mungkin kamu harus meminum obat yang dapat membatalkan puasa.

  1. Berolahraga Rutin

Dengan berolahraga rutin juga dapat membuat kamu lebih siap untuk menjalankan puasa hari pertama. Hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih siap untuk menghadapi puasa karena dapat meningkatkan stamina pada tubuh. Selain itu, perasaan stres juga dapat diredam dengan melakukan aktivitas fisik yang baik untuk kesiapan mental tubuhmu.

  1. Buat Diri Tetap Sibuk

Salah satu hal yang dapat membuat puasa tidak terasa adalah dengan menjaga tubuh untuk tetap sibuk. Sehingga, rasa haus dan lapar yang timbul tidak terasa dan waktu akan lebih cepat berlalu. Mungkin tidak terasa secara tiba-tiba kamu menyadari jika hari sudah sore. Namun, tetap pastikan untuk tidak melupakan sholat wajib setiap hari.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar puasa hari pertama tetap lancar. Memang puasa terkadang dapat menjadi hal yang ‘tricky’, tetapi kamu harus tetap kuat untuk menjalankannya sebagai tuntutan dari kewajiban agama. Rasa puas ketika melakukan puasa penuh akan berbeda dengan yang batal beberapa hari.

Baca juga: Menghadapi Anak yang Mengeluh di Hari Pertama Puasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter di Halodoc terkait cara agar puasa pertama tetap lancar tanpa ada gangguan. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone untuk kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
Muslim Aid. Diakses pada 2020. Making Fasting Easy This Ramadan.
Birmingham Mail. Diakses pada 2020. Ramadan 2019 - How to fast properly for Ramadan, what you should and should not do.