Lakukan Ini saat Pertama Kali Adopsi Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Juni 2021
Lakukan Ini saat Pertama Kali Adopsi Hewan PeliharaanLakukan Ini saat Pertama Kali Adopsi Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Mengadopsi hewan peliharaan adalah keputusan yang menarik dan sebenarnya sangat bermanfaat. Ini juga merupakan tanggung jawab yang bisa dikatakan luar biasa. Ketika kamu memilih untuk membawa seekor hewan ke rumah, kamu membuat komitmen untuk memeliharanya selama sisa hidup mereka.

Tergantung pada jenis hewan peliharaan yang kamu adopsi, kamu mungkin harus membuat beberapa perubahan besar dalam hidup untuk menyambut teman baru ke rumah. Mengetahui apa yang diinginkan selama beberapa minggu pertama dapat membuat proses adaptasi sedikit lebih mudah.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Adopsi Anjing

Tips Menjaga Kebersihan Kandang Hewan Peliharaan

Hal yang Perlu Dilakukan saat Mengadopsi Hewan

Baik baru pertama kali mengadopsi maupun membawa hewan lain ke rumah, berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus kamu lakukan segera setelah berkomitmen pada hewan peliharaan baru.

  • Tanyakan Kebiasaan dan Kebutuhan Hewan

Sebelum meninggalkan shelter, pastikan kamu sudah mendapatkan informasi tentang kebiasaan dan kebutuhan hewan peliharaan baru ini. Mengetahui informasi ini akan membuat kamu lebih siap saat membawa hewan peliharaan ke rumah. Misalnya, apakah hewan tersebut memiliki masalah sosial atau agresi sehingga kamu dapat mencari program pelatihan yang sesuai.

  • Pastikan Rumah Sudah Siap

Mengadopsi hewan adalah komitmen, jadi pastikan semua orang di rumah bertanggung jawab sebelum kamu membuat keputusan. Pertimbangkan anak-anak, tamu atau anggota keluarga, hingga tetangga sekitar.

Jika kamu mengadopsi anak kucing, pastikan rumah aman terhadap semua hal yang mungkin dilakukan anak kucing, seperti bersembunyi atau terjebak pada celah sempit. Amankan benda-benda yang mungkin bisa membahayakan hewan peliharaan.

Baca juga: Ini Penyebab Hewan Peliharaan Bisa Jadi Sangat Penyayang

  • Pastikan Hewan Peliharaan Punya Tempat Aman

Sama seperti manusia, kebanyakan hewan senang memiliki tempat nyaman dan aman untuk disebut sebagai miliknya, dan penting bagi hewan peliharaan untuk memiliki tempat tidur atau area khusus yang memungkinkan mereka bersantai. 

Pastikan hewan peliharaan memiliki ruang aman, karena itu akan membantu mereka menyesuaikan diri lebih baik dengan lingkungan sekitar. Area tidur bukan satu-satunya ruang yang perlu dipertimbangkan saat mengadopsi. Kucing juga membutuhkan kotak pasir, artinya kamu perlu mencari tahu tempat terbaik untuk meletakkan kotak pasir sehingga mudah dijangkau oleh kucing.

  • Biarkan hewan peliharaan Menjelajah Rumah Barunya dengan Batasan Selama Beberapa Hari Pertama

Saat pertama kali memasuki rumah baru, beberapa hewan peliharaan mungkin akan berkeliling dengan hati-hati atau ragu. Sementara yang lain mungkin akan merasa gugup dan harus segera dimasukkan ke dalam kandang. Ada pula yang melihat ini sebagai kesempatan untuk berlari dengan penuh semangat dan menandai wilayah mereka.

Supaya hewan peliharaan merasa siap di rumah baru, siapkan tempat tidur dan mangkuk makanan mereka sebelumnya untuk memberi tempat beristirahat dan merasa nyaman. Jika langsung tahu ada tempat untuk mereka, akan lebih mudah bagi mereka untuk merasa nyaman.

Sementara untuk kucing dan anjing, berikan mereka ruang untuk mengenal lingkungan sekitar, suara, dan aroma rumah baru mereka sambil tetap memberikan pengawasan. Beberapa kucing mungkin lebih sensitif daripada yang lain dan lebih suka dikurung di satu ruangan, secara bertahap diberi lebih banyak ruang untuk dijelajahi dari waktu ke waktu. 

Hal tersebut akan membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa merasa terlalu kewalahan. Jika kamu mengadopsi anak anjing atau anjing yang belum dilatih di rumah, pertimbangkan untuk membuat area khusus untuk anjing tersebut. 

Baca juga: Penjelasan Anjing yang Sering Cari Perhatian pada Orang Asing

  • Pastikan Hewan Peliharaan Mendapatkan Pakan yang Tepat

Jangan sampai salah memberi pakan karena hal tersebut bisa memengaruhi kondisi kesehatannya. Adaptasi bisa saja menjadi hal yang melelahkan bagi beberapa jenis hewan sehingga memberinya asupan nutrisi yang tepat bisa membantu memulihkan kembali tenaganya. 

Jika ternyata ada hal-hal yang tidak biasa pada hewan peliharaanmu, kamu bisa langsung mengakses aplikasi Halodoc dan menanyakannya pada dokter hewan. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya! 


Referensi:
Insider. Diakses pada 2021. 13 things you should do immediately after adopting a pet, according to an expert.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan