• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini saat Sakit Gigi di Tengah Pandemi Corona

Lakukan Ini saat Sakit Gigi di Tengah Pandemi Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi. Namun, di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, masyarakat diimbau untuk tetap di rumah saja guna mengurangi dampak penyebaran virus corona. Lalu, bagaimana langkah mengatasi sakit gigi jika tidak bisa pergi ke fasilitas kesehatan terdekat?

Baca juga: Tengkurap jadi Cara Sederhana Selamatkan Pasien Corona

Langkah Mengatasi Sakit Gigi saat Pandemi

Selama periode pandemi ini, ada baiknya jika kamu menunda untuk pergi ke fasilitas kesehatan terdekat, jika urusan tidak terlalu mendesak. Jika kamu ingin pergi ke dokter gigi hanya untuk membersihkan karang gigi, sebaiknya ditunda terlebih dulu hingga pandemi ini berakhir. Selagi menunggu berakhirnya pandemi, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut guna mengatasi sakit gigi:

  • Berkumur Air Garam

Larutan air garam terbukti ampuh mengatasi sakit gigi. Garam bekerja dengan menyerap kelembapan mulut, serta membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Bukan hanya itu saja, air garam mampu mengatasi peradangan akibat infeksi. Dengan berkumur air garam saat sakit gigi, air garam mampu menenangkan rasa sakit yang kamu alami.

Caranya mudah, kamu hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur selama beberapa menit. Pusatkan berkumur pada area yang terasa nyeri, kemudian diamkan beberapa menit. Setelah itu, berkumur dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: Alasan Pria Dinilai Lebih Rentan Mengidap Corona 

  • Berkumur Air Cuka

Jika kamu tidak menyukai rasa asin pada air garam, kamu bisa membuat larutan dengan cuka apel yang dicampur dengan cuka makanan. keduanya bersifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi. Jangan mencoba untuk berkumur dengan cuka murni, ya! Karena asam dari cuka dapat merusak enamel gigi saat terpapar langsung.

Caranya adalah dengan melarutkan setengah sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Kemudian kumur-kumur pada area yang terasa sakit, dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, buang air kumur dan bilas dengan air bersih.

  • Kunyah Bawang Merah dan Putih

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang mampu mengatasi sakit gigi secara cepat, serta mengendalikan rasa nyerinya. Caranya adalah dengan mengunyah bawah di area gigi yang terasa nyeri. Saat dikunyah, bawang akan melepaskan allicin, yaitu zat yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut. Jika tidak suka dengan rasanya, kamu dapat mengiris tipis dan letakkan pada area yang terasa nyeri.

  • Daun Jambu Mera

Tahukah kamu jika daun jambu merah memiliki sifat anti radang, antimikroba, serta sekaligus pereda nyeri yang mampu mengatasi sakit gigi? Caranya dengan mengunyah daun hingga keluar ekstrak airnya. Ekstrak air inilah yang memiliki kandungan-kandungan baik yang mampu mengatasi sakit gigi.

Baca juga: Suhu Tepat saat Memasak Ampuh Hilangkan Virus Corona

Kondisi yang Diperbolehkan Mengunjungi Dokter Gigi

Saat pandemi COVID-19, sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang harus ditangani sendiri di rumah. Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengatakan bahwa pengidap masih bisa mencari layanan untuk masalah sakit gigi yang tidak tertahankan. Berikut kriteria pengidap yang boleh datang ke dokter gigi saat ini:

  1. Mengalami nyeri gigi yang tidak tertahankan.

  2. Mengalami pendarahan parah.

  3. Mengalami pembengkakan pada gusi karena infeksi.

  4. Mengalami trauma pada gigi dan tulang wajah.

Selain beberapa kriteria tersebut, pengidap yang ingin mengunjungi dokter gigi harus memastikan jika mereka tidak dalam keadaan demam, batuk, atau pilek. Jika sudah memenuhi kriteria yang telah disebutkan, kamu dapat langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi antri di rumah sakit saat pandemi.

Referensi:

Detikcom. Diakses pada 2020. Sakit Gigi di Tengah Pandemi Corona, Haruskah ke Dokter Gigi?

WebMD. Diakses pada 2020. Home Remedies for Toothache. 

WebMD. Diakses pada 2020. Coronavirus and Dental Care.