Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Gigi berlubang menjadi salah satu penyebab paling umum dari sakit gigi. Keluhan kesehatan yang satu ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun ternyata, selain gigi berlubang, masa ada sejumlah penyebab sakit gigi lainnya.

Nyatanya, gigi berlubang hanyalah satu di antara sekian banyak penyebab sakit gigi. Mengetahui apa penyebab sakit gigi yang menyerang bisa membantu menentukan cara terbaik untuk mengatasinya. Lantas, apa saja penyebab sakit gigi selain gigi berlubang?  

  • Gigi Sensitif

Memiliki gigi yang sensitif bisa menjadi salah satu penyebab rasa nyeri muncul di area mulut dan gigi. Salah satu gejala dari gigi sensitif adalah munculnya rasa nyeri tajam dan linu saat makan atau minum sesuatu yang panas atau dingin. Gigi yang sensitif biasanya akan menyebabkan gejala, seperti sakit gigi jika saat mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah gigi sensitif adalah mengenakan jenis sikat gigi dan pasta gigi lembut yang memang dirancang untuk gigi sensitif. Hal tersebut akan membantu mengurangi gejala dari sakit gigi. Namun, pastikan juga untuk mengatur jadwal menemui dokter gigi untuk mengetahui penyebab gigi sensitif dan melakukan perawatan yang tepat untuk kondisi tersebut.

  • Karies Gigi

Sakit gigi pun bisa terjadi karena karies gigi alias gigi busuk. Awalnya, kondisi ini memang tidak akan menimbulkan gejala apapun, tapi begitu pembusukan terjadi, maka gigi akan menjadi sangat sensitif dan mudah sakit. Secara perlahan, kondisi ini akan mengarah pada pembentukan lubang di gigi, hingga bisa mencapai ke bagian terdalam gigi.

Gigi yang busuk adalah kondisi yang tidak boleh dianggap remeh, karena bisa memicu infeksi dari pembusukan gigi. Infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi lebih lanjut, sehingga sebaiknya harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

  • Tumbuh Gigi Bungsu

Nyeri berdenyut dan rasa sakit di area ini juga bisa terjadi karena tumbuhnya gigi bungsu dalam posisi yang tidak tepat, misalnya berdesakan di tempat yang terlalu ramai. Selain rasa berdenyut, kondisi ini juga bisa menyebabkan serangan rasa sakit yang tajam dan muncul secara tiba-tiba.

Salah satu cara mengatasi sakit gigi karena hal ini adalah dengan mencabut gigi bungsu, sehingga rasa sakit tidak semakin menjadi. Namun, pastikan memilih dokter yang memang berkompeten dan bisa membantu melakukan tindakan ini. Untuk meredakan nyeri sebelum ke dokter gigi, cobalah untuk berkumur dengan air garam atau konsumsi obat penghilang nyeri.

  • Tambalan Gigi Lepas

Sakit gigi bisa terjadi karena lepasnya atau longgarnya tambalan gigi yang bolong. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya rasa sakit yang tajam dan sering timbul tenggelam dalam waktu tertentu. Dalam beberapa kasus, lepasnya tambalan gigi berlubang bisa membuat gigi terasa lebih sensitif dan mudah terasa sakit.

Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera temui dokter gigi. Pasalnya, tambalan gigi yang copot atau rusak harus ditangani oleh orang yang ahli di bidangnya. Untuk meredakan gejala dan mengurangi rasa sakit, cobalah untuk berkumur dengan air garam atau konsumsi obat penghilang nyeri.

Jika gejala sakit gigi yang dirasa semakin parah dan tidak kunjung hilang, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika kamu ragu, sampaikan gejalanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan gigi dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: