• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Stres, Ini Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Stres, Ini Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat

Lawan Stres, Ini Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Februari 2022

“Kecemasan yang berlebihan bisa membuat stres. Karena itu, penting untuk mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri ketika sedang cemas. Salah satu cara untuk menenangkan diri dengan cepat adalah dengan melakukan pernapasan dalam.”

Lawan Stres, Ini Cara Menenangkan Pikiran dengan CepatLawan Stres, Ini Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Setiap hari, kamu menghadapi berbagai peristiwa, tantangan, atau masalah yang bisa membuat kamu merasa khawatir atau sedih. Perasaan tersebut tentu saja wajar dan setiap orang akan mengalaminya dari waktu ke waktu. Cara menenangkan pikiran pun perlu diketahui agar bisa mengurangi potensi timbulnya rasa stres di dalam jiwa.

Kecemasan dan kesedihan yang berlebihan bisa memengaruhi kondisi mental kamu, sehingga kamu berisiko mengalami stres bahkan depresi. Oleh karena itu, penting untuk mengambil waktu sejenak dan mengetahui cara menenangkan pikiran ketika kamu sudah mulai merasa kewalahan dan tidak terkendali. Hal ini akan menolong kamu untuk meredakan stress, sehingga kamu pun bisa kembali berpikir jernih untuk mengatasi masalah yang ada.

Cara Menenangkan Pikiran dengan Cepat

Bernapas dalam-dalam merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kemarahan dan kecemasan dengan cepat. Hal itu karena ketika kamu menarik napas dalam-dalam, itu akan mengirim pesan ke otak untuk tenang dan rileks. Otak kemudian mengirimkan pesan ini ke seluruh tubuh kamu. Itulah mengapa detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah yang meningkat ketika kamu stres, akan berkurang saat kamu menarik napas dalam-dalam.

Salah satu teknik pernapasan dalam yang bisa kamu coba untuk menenangkan pikiran saat sedang cemas atau marah adalah pernapasan perut. Begini cara melakukannya:

  1. Pertama-tama, ambillah posisi duduk atau berbaring telentang yang nyaman.

2. Letakkan satu tangan di perut, tepat di bawah tulang rusuk dan tangan satunya lagi di dada.

3. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, dan rasakan perut kamu mendorong tangan kamu keluar. Dada kamu seharusnya tidak bergerak saat mengambil napas.

4. Hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut seperti kamu sedang bersiul. Rasakan tangan di perut kamu masuk dan dorong semua udara keluar.

5. Lakukan pernapasan ini 3–10 kali. 

Itulah cara menenangkan pikiran dengan cepat untuk melawan stres. Bila kamu mengalami gejala kesehatan tertentu saat sedang stress, seperti sakit kepala, coba cek kebutuhan obat kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
University of Michigan Health. Diakses pada 2022. Stress Management: Breathing Exercises for Relaxation