Makanan yang Direkomendasikan untuk Penyintas COVID-19

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juli 2021
Makanan yang Direkomendasikan untuk Penyintas COVID-19Makanan yang Direkomendasikan untuk Penyintas COVID-19

“Sembuh dari penyakit COVID-19 bukan berarti kamu sehat sepenuhnya. Kamu butuh pemulihan, salah satunya tetap jalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan untuk COVID-19 yang dianjurkan.”

Halodoc, Jakarta – COVID-19 nyata memberikan perubahan kebiasaan hidup yang sangat signifikan bagi semua orang. Menjaga kesehatan kini menjadi hal utama yang wajib dilakukan. Pasalnya, virus corona penyebab masalah kesehatan ini menyebar dan menular dengan begitu cepat, ada atau tidaknya gejala.

Jadi, guna tetap melindungi diri, setiap masyarakat di seluruh dunia diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, tidak terkecuali Indonesia. Aturan ketat diberlakukan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi aktivitas di luar rumah.

Namun, tak hanya sampai di situ, masyarakat juga diimbau untuk menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Begitu pula dengan orang-orang yang pernah mengidap COVID-19 dan dinyatakan sembuh atau biasa disebut dengan penyintas.

Baca juga: Ini Alasan Penyintas COVID-19 Baru Bisa Vaksin Usai 3 Bulan

Makanan untuk Penyintas COVID-19 

Tidak semua makanan bisa kamu konsumsi setelah sembuh dari Infeksi virus corona. Demi membantu menjaga kekebalan tubuh, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan untuk mencegah COVID-19 setiap hari. Apa saja rekomendasinya?

  • Makanan Padat Kalori

Saat melawan virus di dalam tubuh, banyak energi yang digunakan yang membuat tubuh terkadang merasa kelelahan. Menambahkan makanan padat kalori dalam diet sangat diperlukan untuk mengisi kembali energi yang hilang. Makanan, seperti oat, nasi, kentang, dan ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalori dan memberi energi pada tubuh.

  • Protein

Protein merupakan nutrisi yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan regenerasi sel. Nutrisi Ini dibutuhkan oleh tubuh untuk pemulihan lebih cepat. Saat mengidap COVID-19, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Jadi, masukkan makanan tinggi protein, seperti lentil, kacang polong, susu dan produk susu, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ayam, ikan, dan telur dalam menu sehari-hari kamu ya.

Baca juga: Kenali POTS yang Dialami Para Penyintas COVID-19

  • Vitamin dan Mineral

Buah-buahan dan sayuran segar sarat dengan penambah kekebalan tubuh, antioksidan, vitamin, dan mineral. Ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet guna membantu pemulihan lebih cepat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.  

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari. Buah jeruk dikemas dengan vitamin C yang membantu proses pembentukan antibodi sekaligus melawan infeksi. Sementara itu, sayuran hijau membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa, sisihkan waktu pagi untuk berjemur sehingga tubuh mendapatkan jumlah vitamin D yang cukup.

  • Cairan

Air adalah elemen penting bagi kehidupan karena membawa nutrisi dalam darah, mengatur suhu tubuh, dan membuang racun dari tubuh. Kamu perlu tahu bahwa infeksi dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi.  

Jadi, usahakan minum air putih minimal 2–3 liter setiap hari. Kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa, susu, dan jus segar. Namun, hindari konsumsi jus dalam kemasan, kafein, minuman bersoda, dan beralkohol.

Baca juga: Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin COVID-19

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan untuk COVID-19 yang bisa kamu masukkan dalam menu harian. Jika membutuhkan vitamin untuk menambah kekebalan, kamu tidak perlu keluar rumah untuk membelinya. Cukup download aplikasi Halodoc dan gunakan fitur pharmacy delivery untuk membeli obat dan vitamin. Yuk, jaga kesehatan tubuh dengan baik!

Referensi:

Times of India. Diakses pada 2021. COVID-19 recovery diet: What to eat when recovering from coronavirus.

WHO. Diakses pada 2021. #HealthyAtHome: Healthy Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan