• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin COVID-19

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin COVID-19

“Sebetulnya tidak ada persiapan khusus sebelum mendapatkan dosis vaksin COVID-19 pertama. Umumnya kamu hanya akan diminta cukup tidur, makan makanan bergizi, dan menghindari alkohol. Namun, nyatanya ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendukung sistem imun sehingga baik dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin.”

Bila kamu mengalami efek samping dari vaksin COVID-19 yang membuat tidak nyaman, jangan tunda untuk membicarakannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Halodoc, Jakarta – Apakah dalam waktu dekat kamu akan mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19 dan sedang bingung bagaimana cara mempersiapkannya? Pertama-tama, kamu harus rileks dan hindari khawatir berlebihan. Ingat, meskipun banyak yang mengaku mengalami efek vaksin COVID-19 yang bikin tidak nyaman, efek samping tersebut nyatanya bisa dicegah. 

Pada dasarnya tidak ada pola makan khusus yang perlu dilakukan jika kamu hendak mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Namun, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu dan yang paling penting menghindari alkohol sebisa mungkin.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Mendapatkan Vaksinasi COVID-19

Yang Perlu Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin COVID-19 

Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan untuk lebih banyak dikonsumsi menjelang dan sesudah mendapatkan vaksin COVID-19:

Konsumsi Makanan Gizi Seimbang dan Hindari Junkfood

Sebetulnya tidak ada penelitian yang cukup untuk mendukung bahwa makanan tertentu membuat vaksin COVID-19 jadi lebih efektif. Namun secara umum, makan makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C memang membantu sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, tidak ada bukti kuat bahwa mengonsumsi suplemen apa pun dapat membuat COVID-19 vaksin bekerja lebih baik. Vaksin COVID semuanya telah diuji pada orang yang makan makanan biasa mereka, jadi para ahli tahu mereka efektif tanpa persiapan nutrisi khusus. Kamu pun harus waspada terhadap suplemen atau produk apa pun yang mengklaim dapat meningkatkan respons vaksin.

Namun, makan sebagian besar makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran dan lebih sedikit makanan olahan atau junk food akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik secara umum karena peradangan dalam tubuh lebih sedikit. Diet sehat yang dipertahankan dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan daya tanggap kekebalan dan membantu kita melawan infeksi dengan lebih baik dan mungkin meningkatkan tanggapan kekebalan terhadap vaksinasi. Namun, jika kamu baru konsumsi makan makanan sehat pada pagi hari sebelum vaksin, masih diragukan dampaknya terhadap efektivitas vaksin. 

Minum Banyak Cairan 

Dokter setuju bahwa tetap cukup terhidrasi sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin COVID-19 sangat penting. Jika seseorang cukup cairan, baik dari minum air putih atau makanan tinggi kadar air, tubuh akan berada dalam performa yang paling baik. 

Jadi, sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin, disarankan untuk minum banyak cairan. Konsumsi juga makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan sup berbasis kaldu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. CDC juga merekomendasikan minum cairan setelah vaksin, terutama jika kamu mengalami demam. 

Baca juga: Sehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan Sayuran

Hal yang Perlu Dihindari Selama Vaksin COVID-19 

Selain makanan di atas, ada juga beberapa saran selama vaksin COVID-19, antara lain:

Jangan Vaksin dengan Perut Kosong

Tidak perlu berpuasa malam sebelum vaksin, sebab ini bisa membuat kamu pusing dan lebih mungkin pingsan jika kamu mengalami reaksi setelah vaksin. Sebelum datang ke lokasi vaksin, pastikan sudah sarapan seperti yogurt dan buah, telur dan buah atau sarapan sehat lainnya. 

Alkohol

Saat ini memang tidak ada bukti bahwa minum alkohol akan membuat vaksinasi COVID-19 kurang efektif. Juga tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 tidak aman bagi individu yang mengonsumsi alkohol. Namun, CDC dan dokter menyarankan untuk menghindari alkohol sehari sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin karena alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat dehidrasi.

Jangan Begadang atau Tidur Terlalu Larut Saat Hendak Vaksin COVID-19

Sebelum vaksin, pastikan kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tidur malam yang cukup sebelum vaksinasi sangat penting dan mungkin lebih penting daripada apa pun yang dikonsumsi pagi itu. Sebab tidur malam yang buruk dapat mengurangi fungsi kekebalan sebanyak 70 persen.  Tubuh menggunakan tidur untuk membangun kembali pertahanannya, dan kurang tidur bisa menekan sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Terinfeksi COVID-19?

Jika kamu mengalami efek vaksin yang mengkhawatirkan, seperti demam yang tak kunjung hilang berhari-hari atau gejala lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Kamu juga bisa buat janji dokter di Halodoc untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat sehingga tak perlu lagi antre. Tunggu apa lagi, segera gunakan aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2021. What Should You Eat Before and After Getting the COVID Vaccine? Here’s What the Experts Say.
Health. Diakses pada 2021. What Should You Eat Before and After the COVID Vaccine? Here’s What a Nutritionist Says.