• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Alpukat untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Alpukat untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Melihat perkembangan anak yang bertumbuh sesuai dengan usianya menjadi kebahagiaan bagi para orangtua. Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh banyak hal, seperti stimulasi yang tepat dan pemenuhan gizi serta nutrisi yang seimbang sesuai dengan pertambahan usianya.

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal?

Banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh anak saat memasuki masa tumbuh kembang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Penuhi kebutuhan gizi anak dengan memberikan pola makan sehat, salah satunya mengonsumsi sayur dan buah.

Alpukat memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Manfaat alpukat yang bisa didapatkan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Anak dengan kondisi nafsu makan yang baik dan dapat buang air dengan teratur menjadi tanda anak berada dalam tumbuh kembang yang baik. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah alpukat dapat membantu anak untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, anak terhindar dari konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya. 

2. Membantu Kenaikan Berat Badan

Ada beberapa kondisi yang menjadi tanda ketika anak memiliki tumbuh kembang yang baik sesuai usianya, salah satunya adalah kenaikan berat badan yang disesuaikan dengan usianya. Alpukat yang mengandung lemak baik dapat membantu anak untuk memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan usianya. Dilansir dari First Bite Nutrition, anak-anak membutuhkan lemak pada asupan makanan mereka. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini yang berperan dalam penyerapan nutrisi serta gizi yang dikonsumsi anak. 

3. Membantu Anak Tetap Aktif

Mineral dan vitamin yang terdapat dalam alpukat dapat menjaga anak tetap aktif. Alpukat memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya, seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, dan seng. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tanda Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

4. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak

Di dalam proses mengoptimalkan perkembangan otak anak, folat juga berperan penting. Tidak ada salahnya ibu berikan buah alpukat yang menjadi salah satu buah dengan kandungan folat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, asam lemak omega 3 dan kandungan mangan yang terdapat dalam otak bermanfaat untuk membuat perkembangan otak anak berjalan optimal.

5. Menjaga Tulang Anak Lebih Kuat

Kandungan kalsium dan kalium yang cukup tinggi pada alpukat mampu menjaga kesehatan tulang anak. Tidak hanya tulang, terpenuhinya kebutuhan kalsium dan kalium juga membuat kondisi gigi anak menjadi lebih sehat dan kuat. 

6. Menjaga Kesehatan Mata Anak

Alpukat tidak hanya menjadi salah satu makanan terbaik untuk penyerapan antioksidan bagi tubuh dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan antioksidan ini baik untuk kesehatan mata. Maka, tidak ada salahnya ibu memberikan buah alpukat pada anak secara rutin agar anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata.

Baca juga: Begini Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emas

Itulah manfaat alpukat yang dapat dirasakan oleh anak ketika rutin mengonsumsi alpukat. Untuk menambahkan nutrisi, tidak ada salahnya mencampur buah alpukat dengan buah yang lain agar semakin bervariasi dan anak tertarik untuk mengonsumsi buah.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. Avocado Nutrition and Baby Development
First Bites Nutrition. Diakses pada 2020. 5 Health Benefits of Avocado for Kids
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Proven Health Benefits of Avocado