Manfaat Collagen untuk Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Februari 2022

“Semua orang ingin memiliki kulit dan rambut yang sehat dan cantik. Dipercaya jika salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mencukupi kebutuhan collagen di dalam tubuh. Sebab, kandungan collagen dapat memberikan banyak manfaat pada kulit dan rambut.”

Manfaat Collagen untuk Kulit dan Rambut yang Perlu DiketahuiManfaat Collagen untuk Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Collagen adalah salah satu kandungan yang umum terdapat di dalam berbagai produk kecantikan. Protein ini ternyata memang dapat memberikan banyak manfaat di dalam tubuh, termasuk juga untuk perawatan kulit dan rambut. Namun, masih banyak orang yang belum tahu berbagai manfaat collagen pada kulit dan rambut. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Collagen untuk Kulit dan Rambut

Collagen adalah protein paling melimpah di tubuh dengan bentuknya yang berserat dan tidak larut. Protein ini adalah komponen utama untuk jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, seperti tendon, ligamen, kulit, dan otot. Selain itu, collagen juga memiliki banyak fungsi penting pada tubuh, termasuk memberikan struktur pada kulit serta memperkuat tulang.

Belakangan ini, penggunaan protein ini sebagai suplemen sudah menjadi suatu hal yang biasa. Sebagian besar collagen telah terhidrolisis, artinya protein ini sudah dipecah sehingga lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Selain itu, ada banyak manfaat dari collagen yang perlu kamu ketahui pada kulit dan rambut. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

kesehatan Kulit

Salah satu manfaat dari collagen adalah mampu meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini karena protein tersebut merupakan komponen utama dari kulit, sehingga mampu memperkuat, meningkatkan elastisitas, dan menghidrasi. Sebab, semakin bertambahnya usia, collagen yang ada di dalam tubuh semakin sedikit, sehingga rentan alami kulit kering dan timbulnya kerutan. Collagen disebut juga dapat mencegah jerawat dan kondisi kulit lainnya.

2. Memberikan Protein pada Rambut

protein rambut

Manfaat collagen lainnya adalah mampu memenuhi protein yang dibutuhkan rambut agar lebih kuat dari akar hingga ke ujung. Sebab, collagen memiliki asam amino yang dapat digunakan sehingga rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Protein ini juga dapat mencegah kerusakan folikel rambut dan uban, serta masalah rambut lainnya yang berpotensi terjadi.

3. Membantu Mengurangi Stretch Mark

mengurangi strerch mark

Stretch mark termasuk masalah yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Nah, ternyata kamu bisa lho mengatasi masalah kulit ini dengan menggunakan collagen. Protein ini mampu mengatasi masalah yang disebabkan oleh peregangan kulit, kehamilan, atau bahkan masalah hormonal. Maka dari itu, collagen dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kulit untuk regenerasi.

4. Membantu Mencegah Jerawat

mencegah jerawat

Jerawat termasuk masalah yang rentan terjadi pada kulit, terutama di wajah. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan collagen. Manfaat collagen pada nutrisi di dalam makanan tersebut dapat menyeimbangkan hormon, sehingga jerawat berkurang.

Itulah beberapa manfaat collagen yang bisa kamu peroleh untuk kulit dan rambut. Collagen bisa kamu dapatkan dari makanan ataupun penggunaan produk kecantikan. Dengan melakukan semua hal tersebut secara rutin, diharapkan segala manfaat yang disebutkan benar-benar dirasakan. Dengan begitu, kulit dan rambut kamu terlihat sehat dan terawat dengan baik.

Jika kamu ingin tahu tentang kesehatan kulit, kamu bisa lho melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa lho memesan pemeriksaan ini di tempat yang terdekat dari rumah. Untuk itu, segera unduh aplikasinya sekarang juga di smartphone kamu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Top 6 Benefits of Taking Collagen Supplements.
Swirlster. Diakses pada 2022. 5 Amazing Benefits Of Collagen For Your Skin And Hair.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan