Manfaat Makan Cokelat Hitam saat PMS

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Mei 2021
Manfaat Makan Cokelat Hitam saat PMSManfaat Makan Cokelat Hitam saat PMS

Halodoc, Jakarta - Sebagai perempuan, menstruasi sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Akan tetapi, rasa nyeri yang terasa dan berbagai gejala lainnya terkadang tetap saja mengganggu kenyamanan, bahkan aktivitas sehari-hari. Kondisi yang disebut PMS ini bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi bisa juga dalam beberapa hari. Pun, gejalanya berbeda pada setiap perempuan.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat PMS adalah mengonsumsi cokelat. Katanya, makanan satu ini punya banyak manfaat untuk para perempuan yang sedang mengalami PMS. Benarkah demikian?

Konsumsi Cokelat Hitam saat PMS, Benarkah Efektif?

Ternyata, ada yang bilang iya, tapi ada pula yang bilang tidak. Ketika sedang PMS, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengonsumsi makanan tertentu guna mengurangi rasa nyeri, termasuk cokelat. Makanan satu ini memang punya efek menenangkan. 

Baca juga: Gangguan Siklus Menstruasi pada Remaja, Apa Penyebabnya?

Meski begitu, bukan cokelat yang membuat gejala PMS ini teratasi, melainkan kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti karbohidrat, gula, kalsium, dan lainnya. Jadi, dibandingkan dengan cokelat, kamu justru bisa memilih banyak varian makanan atau camilan sehat lainnya. 

Keinginan dari tubuh untuk mengonsumsi cokelat biasanya terasa pada siklus awal menstruasi, yaitu saat terjadi peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. Hormon ini akan memicu kenaikan insulin yang mengakibatkan penurunan kadar gula darah. Akhirnya, tubuh selalu ingin mengonsumsi cokelat.

Namun, cokelat juga memiliki kandungan senyawa theobromine yang sering memicu munculnya rasa nyeri dan tidak nyaman. Kalau mau lebih spesifik, cokelat yang memiliki kandungan banyak gula atau rasa yang lebih manis bisa mengakibatkan kamu merasa lebih emosional.

Baca juga: Kelola Stres untuk Membantu Mengatasi Nyeri Haid

Nah, sebagai gantinya, kamu bisa kok mengonsumsi makanan lain atau suplemen dan multivitamin daripada harus mengonsumsi cokelat. Apalagi kalau jumlahnya berlebihan. Bukan manfaat yang kamu dapat, tetapi justru risiko obesitas karena terlalu banyak konsumsi gula.

Nah, kalau kamu ingin konsumsi cokelat sebagai pereda nyeri menstruasi, pilih cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao hingga 70 persen. Coklat hitam dipercaya mampu membantu merilekskan otot tubuh karena memiliki kandungan omega-3, omega-6, magnesium, dan asam lemak. 

Semua kandungan tersebut juga disinyalir mampu membantu memperbaiki suasana hati tanpa harus takut gula darah akan meningkat. Selain itu, konsumsi cokelat hitam katanya juga bisa membuat seseorang memiliki umur panjang, lho.

Baca juga: Stres Membuat Menstruasi Tidak Lancar, Ini Alasannya

Memang benar, konsumsi cokelat hitam bisa membantu memperbaiki suasana hati yang tidak karuan karena efek PMS setidaknya selama 3 menit. Meski begitu, tetap saja kamu tidak boleh mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Sebaiknya, gantilah dengan makanan lain yang lebih menyehatkan tubuh. Banyak kok, makanan sehat yang bisa membantu memperbaiki suasana hati dan meringankan gejala PMS selain cokelat hitam.

Atau, kamu bisa tanya juga langsung pada dokter. Caranya mudah karena tak harus pergi ke klinik, cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu. Dokter akan membantu memberikan solusi terbaik untuk setiap masalah kesehatan yang kamu alami. Selain tanya jawab dengan dokter, kamu juga bisa membuat janji berobat di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc, lho! Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasinya, ya!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. The 3-Minute Effect of Chocolate.
Healthfully. Diakses pada 2021. Chocolate and Potassium.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan