• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2021
Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

“Banyak sekali jenis buah pisang yang bisa kamu temui, mulai dari pisang raja, pisang susu, pisang ambon, dan pisang kepok. Manfaat pisang mungkin sudah banyak kamu tahu, tetapi bagaimana dengan pisang kepok? Tahukah kamu pisang satu ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Pisang kepok memiliki ciri khas, yaitu kulitnya cukup tebal dengan rasa yang tidak semanis pisang lain pada umumnya. Tekstur dagingnya pun lebih padat sehingga pisang jenis ini lebih banyak dijadikan bahan olahan, dibandingkan dengan langsung dikonsumsi. Kolak pisang, keripik pisang, hingga pisang rebus merupakan camilan yang menggunakan pisang kepok sebagai bahan bakunya. 

Tak jauh berbeda dengan jenis pisang lainnya, pisang kepok juga memiliki nutrisi yang begitu beragam. Sebut saja karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, dan C. Tak ketinggalan, mineral penting seperti fosfor, zinc, folat, vitamin B6, dan bermacam antioksidan, seperti flavonoid, beta karoten, dan lutein. 

Berbagai Manfaat Pisang Kepok yang Jarang Diketahui

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam pisang kepok membuat buah tersebut tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat yang dimiliki jenis pisang ini, berikut beberapa di antaranya: 

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung dalam pisang kepok mampu membantu menurunkan penyerapan kolesterol tubuh, sehingga kadar kolesterol dalam darah pun menurun. Tak hanya itu, kandungan kalium dalam buah pisang ini juga diduga mampu membantu menurunkan tekanan darah sekaligus membuatnya tetap stabil. Inilah mengapa pisang kepok disarankan untuk menjadi salah satu buah yang dikonsumsi bagi pengidap penyakit jantung dan hipertensi. 

Baca juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Pisang saat Sahur

  • Membantu Memperlancar Saluran Pencernaan

Selain membantu menurunkan kadar kolesterol, serat dalam pisang kepok juga baik untuk membantu melancarkan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Serat dalam buah ini juga mempunyai sifat prebiotik yang bisa menunjang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. 

  • Membantu Menangkal Efek Radikal Bebas pada Tubuh

Kandungan lain yang terdapat dalam buah pisang kepok adalah antioksidan. Senyawa ini tentu sudah tidak asing lagi manfaatnya untuk tubuh, yaitu membantu meningkatkan imunitas tubuh sekaligus melindungi sel sehat dalam tubuh dari efek radikal bebas. Dampak radikal bebas sendiri terbilang membahayakan pada tubuh, yaitu memicu terjadinya masalah kanker dan berbagai penyakit degeneratif. 

  • Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Antioksidan dan mineral lain yang terdapat dalam pisang kepok juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan membuat hormon insulin dalam tubuh bekerja lebih optimal. Dengan begitu, risiko munculnya penyakit diabetes akan berkurang. Tentunya ini hanya bisa kamu dapatkan dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik. 

Tips yang bisa kamu cermati, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa memilih buah pisang yang tidak terlalu matang dan mengolah dengan cara yang lebih sehat, seperti dikukus atau dipanggang. 

Baca juga: Konsumsi Pisang Bisa Cegah Hipokalemia, Benarkah?

  • Membantu Mencegah Kurang Darah atau Anemia

Kurangnya sel darah merah akan mengakibatkan oksigen tak mampu beredar dengan baik ke seluruh bagian tubuh. Sayangnya, anemia sering kali tidak memicu gejala serius. Hanya saja, jika tidak dilakukan penanganan, kamu bisa mengalami kelelahan, tubuh lemas, dan kesulitan berkonsentrasi. Nah, guna mencegah masalah kesehatan ini terjadi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan asam folat, salah satunya adalah pisang kepok. 

Baca juga: Benarkah Konsumsi Pisang saat Sarapan Memberi Dampak Buruk?

Nah, itu tadi beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan. Pastikan kamu mengetahui dan mengenali dengan benar kondisi kesehatan tubuhmu, ya! Jangan menunda untuk bertanya pada dokter jika mengalami gejala yang tidak biasa, karena sekarang tanya jawab dengan dokter spesialis lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya, kamu cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, dan pilih dokter yang sesuai. Mudah bukan?

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Everyday Health. Diakses pada 2021. 11 Banana Health Benefits You Might Not Know About.

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas.

Harvard. T.H. Chan School of Public Health. Diakses pada 2021. The Nutrition Source. Bananas.