Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut dan Cara Tepat Menggunakannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Februari 2024

“Virgin coconut oil memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa manfaat virgin coconut oil yaitu untuk memperkuat akar rambut, melembabkan rambut, dan mempercepat pertumbuhan rambut.”

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut dan Cara Tepat MenggunakannyaManfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut dan Cara Tepat Menggunakannya

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut
  2. Cara Tepat Menggunakan Virgin Coconut Oil
  3. Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan rambut. Beberapa di antaranya yaitu menghilangkan ketombe, mengembalikan kilau rambut, mengatasi rambut kusut, dan melindungi rambut dari kerusakan.

Sebagian besar jenis rambut dapat menggunakan minyak kelapa murni untuk perawatan rambut. Minyak kelapa ini mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Bahkan sering digunakan sebagai bahan dasar sampo, kondisioner, atau produk perawatan rambut lainnya. Namun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa murni langsung secara alami. 

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut

Berikut ini beberapa manfaat virgin coconut oil untuk rambut, yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Jika kamu ingin memiliki rambut panjang, halus, dan berkilau, perawatan dengan minyak kelapa murni adalah jawabannya. Penataan rambut dengan alat elektronik atau bahan kimia, cuaca, dan polusi dapat merusak rambut. Semua faktor tersebut juga dapat mempersulit pertumbuhan rambut. 

Kabar baiknya, minyak kelapa murni dapat membantu menumbuhkan rambut lebih panjang dengan:

  • Melembabkan rambut dan mengurangi kerusakan.
  • Melindungi rambut dari kekurangan protein dan kerusakan saat basah.
  • Melindungi rambut dari kerusakan lingkungan seperti angin, matahari, dan asap.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan minyak kelapa murni sebagai sebagai perawatan rutin untuk rambut. 

2. Menutrisi rambut

Manfaat virgin coconut oil selanjutnya yaitu menutrisi rambut. Minyak kelapa adalah sumber vitamin, asam lemak esensial, dan antioksidan yang bagus untuk rambut.

Nutrisi tersebut dapat membuat rambut ternutrisi dengan baik, sehingga jadi lebih sehat dan terlindungi dengan baik dari hormon stres.

Minyak ini juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat penataan rambut berlebih atau paparan sinar ultraviolet (UV).

3. Melembapkan rambut 

Rambut yang rusak sudah pasti tidak dapat mempertahankan kelembabpannya. Itulah yang membuat rambut terlihat kusut, kering, dan kusang.

Namun, kondisi tersebut dapat diatasi dengan minyak kelapa murni, berkat kandungan asam laurat yang mudah menembus batang rambut. 

Asam laurat dari minyak kelapa dapat menciptakan lapisan tipis di atas batang rambut, sehingga dapat mempertahan kelembapan dan menjaga setiap helaian rambut terlindungi dari panas dan kerusakan.

Selain itu, juga dapat mengurangi kerusakan rambut, mencegah ujung bercabang, dan memperkuat kutikula rambut.

4. Mencegah kehilangan protein

Protein merupakan bahan pembuat rambut. Asam laurat dalam minyak kelapa murni memiliki afinitas tinggi terhadap protein.

Kamu dapat mengaplikasikan minyak kelapa murni secara topikal untuk mencegah hilangnya protein rambut. Alhasil, rambut tetap sehat, tebal, dan berkilau.

5. Memperkuat akar rambut

Manfaat virgin coconut oil berikutnya yaitu memperkuat akar rambut. Minyak kelapa dapat melancarkan sirkulasi darah bila dipijatkan pada kulit kepala.

Jika sirkulasi darah lebih lancar melalui pijatan, maka akar rambut pun jadi lebih kuat. Asam laurat pada minyak kelapa murni, selain memiliki sifat antibakteri, ia juga dapat memperkuat akar rambut. 

Cara Tepat Menggunakan Virgin Coconut Oil

Berikut ini cara menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan rambut:

  • Sebagai kondisioner. Saat berkeramas seperti biasa, sisirkan minyak kelapa ke seluruh rambut. Terutama dari bagian tengah hingga ujung rambut.
  • Sebagai masker rambut. Usap dan gosok minyak kelapa ke rambut, kemudian diamkan selama beberapa jam (atau semalaman). Setelah itu bilas.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Sebelum tidur, pijat sedikit minyak kelapa ke kulit kepala. Biarkan semalaman dan bersihkan dengan sampo di pagi harinya.

Cara-cara di atas dapat kamu gunakan secara teratur atau sesekali, tergantung jenis rambut. Jumlah minyak kelapa tergantung pada panjang dan jenis rambut.

Umumnya orang menggunakan secukupnya untuk menutupi bagian tengah hingga ujung rambut untuk menghindari rambut berminyak.

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Jika memiliki masalah kesehatan rambut yang tak kunjung membaik, segera tanya dokter di Halodoc untuk mendapat saran yang tepat. 

Dokter juga mungkin bisa memberikan tips perawatan yang tepat atau rekomendasi obat dan suplemen untuk rambut. 

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi yang bisa kamu hubungi.

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses, and Tips
Very Well Health. Diakses pada 2024. What You Need to Know About Using Coconut Oil for Your Hair
Eating Well. Diakses pada 2024. 6 Benefits of Using Coconut Oil for Hair

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan