• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masak Opor, Pilih Ayam Kampung atau Ayam Negeri?

Masak Opor, Pilih Ayam Kampung atau Ayam Negeri?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya, semua jenis ayam merupakan sumber protein yang baik, serta rendah kandungan lemak jenuh. Faktanya, jenis ayam apapun memiliki banyak kandungan baik ketimbang daging berwarna merah. Ayam negeri dan ayam kampung merupakan jenis ayam yang sering dipilih para ibu untuk memasak opor ayam saat lebaran tiba. Pertanyaannya, lebih baik ayam kampung atau negeri?

Baca juga: Panduan Belanja Aman dan Sehat saat Pandemi Corona dari WHO

Lebih Baik Ayam Kampung atau Negeri?

Pertanyaan lebih baik ayam kampung atau negeri kerap kali dilontarkan, dan masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui hal ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keduanya merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, ada hal yang harus dipahami, yaitu proses pemeliharaan keduanya. Begini kira-kira proses perawatannya.

Selama proses perawatannya, ayam negeri kerap disuntik hormon dan antibiotik, sehingga kesehatan dan manfaatnya masih sedikit diragukan. Kedua suntikan ini yang bisa saja membahayakan kesehatan ayam itu sendiri. Hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh ayam adalah hormon steroid, yaitu estrogen, progesteron, serta testosteron.

Bagi manusia, hormon-hormon tersebut merupakan hormon yang mengatur dan berhubungan dengan sistem reproduksi manusia. Berdasarkan studi yang dilakukan para ahli, mengonsumsi ayam negeri dapat memengaruhi masa menstruasi anak perempuan.

Baca juga: Ini 6 Manfaat PSBB bagi Keluarga

Kenali Lebih Jauh Perbedaan Ayam Negeri dan Ayam Kampung

Ayam negeri atau yang akrab disebut dengan ayam broiler memiliki daging yang berlemak dan mudah lunak saat dimasak. Kulit ayam ini juga mengandung lemak yang membuat rasanya lebih gurih saat dimasak. Ayam negeri umumnya akan terlihat lebih gemuk ketimbang ayam kampung.

Ayam negeri dipelihara dalam kandang atau ruangan yang berukuran besar. Bisa disebut jika ayam ini dirawat dengan cara khusus, untuk mendapatkan hasil daging yang unggul. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selama masa perawatan, ayam negeri akan diberikan suntik hormon pertumbuhan agar bisa berkembang dengan cepat. Sedangkan antibiotik yang diberikan, bermanfaat untuk mencegah bakteri yang mengganggu pertumbuhannya.

Berbeda dengan ayam negeri, pemeliharaan ayam kampung adalah dengan dilepas bebas. Peternak ayam jenis ini biasanya hanya memberikan makanan seperti nasi kering, karena biasanya ayam kampung akan mencari sendiri makanannya. Jadi, merawat ayam kampung akan lebih mudah ketimbang merawat ayam negeri. Setelah enam bulan masa pemeliharaan, ayam kampung sudah siap untuk dinikmati. Dari sisi harga, ayam kampung lebih mahal ketimbang ayam negeri

Perbedaan Fisik Ayam Negeri dan Ayam Kampung

Ayam negeri akan berbadan gemuk, memiliki paha dan cakar yang pendek, serta daging yang tebal. Dagingnya sendiri tidak terlalu padat, dan memiliki kulit yang mudah sobek. Jika dimasak, daging akan cepat matang, sehingga cocok diolah menjadi steak, sate, serta ayam goreng atau bakar tanpa proses “ungkep” terlebih dulu. Warna kaldunya agak keruh. Sebelum diolah sebaiknya ayam dilumuri air jeruk nipis dulu guna menghilangkan bau amisnya.

Sedangkan ayam kampung berbadan ramping, memiliki paha, dan cakar yang panjang, serta daging tidak terlalu tebal. Dagingnya sendiri bertekstur padat dan keras, serta memiliki kulit yang tidak mudah sobek. Jika dimasak, daging akan lama matang, sehingga cocok untuk diolah menjadi opor atau gulai ayam. Ayam ini harus melalui proses “pengungkepan” terlebih dulu sebelum dimasak. Warna kaldunya bening, sehingga cocok masakan berkuah, seperti soto atau sup.

Baca juga: Ketahui Quarantine Fatigue, Rasa Lelah Akibat di Rumah Saja

Setelah mengetahui seluruh perbedaannya, mana yang lebih kamu pilih? Jika kamu masih penasaran dengan manfaat dan bahayanya, kamu bisa langsung bertanya dengan dokter di aplikasi Halodoc. Diskusikan pula jika kamu memiliki keluhan dengan kesehatan tubuhmu guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:

Akurat.co. Diakses pada 2020. Masak Opor Ayam, Lebih Enak Pakai Ayam Kampung atau Ayam Negeri? 

Primarasa.co.id. Diakses pada 2020. Kenali 9 Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri.