Mau Terhindar Dari Bisulan? Ikuti 5 Cara Simpel Ini

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 Februari 2019
Mau Terhindar Dari Bisulan? Ikuti 5 Cara Simpel IniMau Terhindar Dari Bisulan? Ikuti 5 Cara Simpel Ini

Halodoc, Jakarta - Bisul akan tumbuh pada bagian tubuh yang sering mengalami gesekan dan berkeringat, seperti bokong, ketiak, leher, dan selangkangan. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menghindari bisulan!

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya, Awas Jangan Asal ya!

Bisulan, Benjolan yang Berisi Nanah pada Kulit

Bisulan merupakan benjolan pada kulit yang berwarna merah, terasa sakit, dan berisi nanah. Benjolan ini muncul karena adanya infeksi bakteri yang memicu peradangan pada kelenjar minyak yang terdapat di bawah kulit atau folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut. Walau terlihat menyakitkan, tapi kamu enggak perlu khawatir. Pasalnya, kondisi ini bukan merupakan penyakit yang serius dan termasuk mudah untuk disembuhkan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Bisul pada Bayi

Mengidap Bisulan? Ini Gejala yang Akan Kamu Alami

Pada tahap awal, bisulan biasanya memunculkan gejala, seperti benjolan yang akan berukuran semakin besar setiap harinya serta terisi dengan nanah, adanya titik putih di bagian atas benjolan dan titik ini merupakan tempat keluarnya nanah, kulit di sekitar benjolan akan memerah, terasa hangat jika disentuh, serta pembengkakan. Kondisi ini biasanya menjadi tanda kalau infeksi kamu sudah menyebar ke bagian kulit di area tersebut.

Bisulan punya gejala utama yang akan muncul, yaitu benjolan merah pada kulit. Benjolan ini umumnya berdiameter 1,5-5 sentimeter. Selain itu, benjolan ini juga bisa semakin membesar, dan hal itu akan terasa sangat nyeri saat disentuh. Amati dengan seksama gejala yang kamu rasakan. Jika gejala-gejala tersebut tidak diobati dengan tepat, akan memasuki aliran darah dan dapat menginfeksi organ di sekitarnya.

Baca juga: Biar Cepat Sembuh Bisul Sebaiknya Dipecahkan, Benarkah?

Ini Beberapa Penyebab Seseorang Mengidap Bisulan

Bisul sendiri terjadi karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Sebenarnya, bakteri ini tumbuh pada kulit dan dalam hidung manusia tanpa menimbulkan masalah apapun. Nah, bisulan bisa terjadi karena bakteri ini masuk ke dalam folikel rambut melalui gigitan serangga atau luka goresan.

Bisul juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti kebersihan badan yang enggak terjaga dengan baik, kamu mengidap masalah kulit lain seperti jerawat dan eksim kulit, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena beberapa kondisi kesehatan seperti mengidap diabetes maupun HIV.

Baca juga: Benarkah Kebanyakan Telur Bikin Bisul?

Mau Terhindar dari Bisulan? Ikuti Cara Simpel Ini

Penyakit ini bisa dicegah dengan memelihara kebersihan diri. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari bisulan, antara lain:

  1. Biasakan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

  2. Ganti pakaian setiap hari dan cucilah dengan menggunakan air panas.

  3. Hindari untuk berbagi barang pribadi dengan orang lain.

  4. Olahraga teratur dan makan makanan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  5. Bila kamu mempunyai luka, segera bersihkan luka tersebut dan tutup dengan plester yang steril.

Bisulan memang bisa terjadi pada siapapun. Namun, orang-orang dengan penyakit tertentu dan orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah lebih rentan untuk mengidap kondisi ini. Untuk itu, jika kamu mengalami gejala-gejala  penyakit ini, diskusikan segera dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan