Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bikin Lebih Sehat, Benarkah?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juli 2022

“Menangis sambil mendengarkan lagu bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi kesedihan. Lagu sedih membantu seseorang untuk menangis dan mengeluarkan emosi, sehingga perasaan menjadi lega dan tenang.”

Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bikin Lebih Sehat, Benarkah?Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bikin Lebih Sehat, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Ketika sedang menghadapi hari-hari yang berat, musik bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati. Terkadang, tidak sedikit orang yang menangis sambil mendengarkan lagu. Namun, tahukah kamu bahwa hal tersebut menyehatkan, lho? 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Scientific Reports mengungkapkan bahwa menangis dan mendengarkan lagu, ternyata justru bisa meningkatkan perasaan bahagia dan suasana hati. Jadi, kamu bisa mengurangi rasa sedih atau lelah dengan mendengarkan musik. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bisa Menghilangkan Kesedihan

Jenis lagu apakah yang kamu dengarkan saat sedang sedih? Yang bersemangat atau mellow? Secara logika, saat sedang sedih, seharusnya kita mendengarkan lagu yang bertempo cepat yang bisa membuat kita lebih bersemangat. Namun, pada penelitian oleh Scientific Reports, mendengarkan lagu sedih saat sedih dan menangis karenanya justru bisa membuat perasaan lega dan akhirnya memperbaiki suasana hati.

Pada penelitian tersebut, para peneliti meminta peserta untuk mengisi survei mengenai seberapa sering mereka mendengarkan lagu sedih. Peneliti kemudian membagi peserta menjadi dua kelompok, mereka yang menangis, dan mereka yang merinding saat mendengar lagu sedih. 

Para peneliti menemukan hasil yang cukup menarik, yaitu kedua kelompok tersebut cenderung bernapas lebih dalam saat mendengarkan lagu dan melaporkan mengalami perasaan senang. Hal itu menunjukkan bahwa lagu sedih benar-benar bisa menjadi obat penenang yang ampuh ketika kamu mengeluarkan emosi.

Air Mata Sebagai Emotional Release

Ya, sebenarnya menangis tidak selalu identik dengan sesuatu yang negatif. Justru dengan menangis, kamu sedang meluapkan emosi dan hal itu membuat lega. 

Penelitian di atas mencatat bahwa ketika para peserta menerima emosi mereka, detak jantung mereka meningkat, lalu diikuti oleh perasaan damai yang menenangkan. Para peneliti juga mencatat bahwa air mata bisa memberikan pelepasan ketegangan fisik.

Menariknya, para peneliti mengamati bahwa menangis saat menonton film sedih sebenarnya membuat perasaan jauh lebih sedih, dan tidak sama leganya seperti ketika menangis sambil mendengarkan lagu.

Jadi, saat sedang sedih, tidak ada salahnya menangis sambil mendengarkan lagu sedih. Hal itu akan membuat tubuhmu menjadi lebih rileks, dan emosi-emosi yang ada dalam hati  bisa dikeluarkan dengan baik. Dengan begitu, suasana hati kamu bisa membaik dan kamu pun kembali merasa bahagia.

Nah, perasaan bahagia berkaitan erat dengan kondisi kesehatanmu. Ketika kamu merasa bahagia, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat menguatkan sistem imun, sehingga kamu akan lebih sehat. Sebuah tinjauan skala besar dari 400 penelitian menunjukkan bahwa bermain dan mendengarkan musik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres dan meningkatkan ikatan sosial.

Cara Musik Bisa Meningkatkan Suasana Hati

Mendengarkan musik bisa memberikan ketenangan dan relaksasi yang ditunjukkan dengan menurunnya kadar kortisol dan detak jantung. Berikut cara musik bisa membantu memperbaiki suasana hati:

  • Memberi Kenikmatan

Mendengarkan musik yang menyenangkan mengaktifkan area sistem penghargaan, yaitu sistem kimia otak yang sama yang menghasilkan perasaan senang dari seks, obat-obatan adiktif, uang, dan makanan.

  • Sebagai obat detoks

Musik bisa membantu menyalurkan rasa frustasi seseorang atau membersihkan emosi negatif, seperti kemarahan, kesedihan atau frustasi.

  • Mengubah Ritme Tubuh

Ritme internal kita (misalnya detak jantung) bisa dipercepat atau diperlambat mengikuti alunan musik. Musik dengan ritme stabil yang lambat, seperti musik meditatif, terbukti mengurangi stres dengan mengubah ritme tubuh, seperti detak jantung, yang menghasilkan relaksasi yang lebih besar.

  • Sebagai Pengganti Sahabat Sementara

Musik yang menenangkan dapat digunakan sebagai pengganti sementara interaksi sosial dan mengurangi perasaan kesepian. Selanjutnya, lirik yang beresonansi dengan pengalaman pribadi pendengar dapat menyuarakan perasaan atau pengalaman yang mungkin tidak dapat diungkapkan oleh seseorang.

Itulah penjelasan mengenai menangis sambil mendengarkan lagu yang baik untuk kesehatan mental. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan fisikmu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga bisa minum suplemen vitamin. 

Cek kebutuhan  obat dan vitamin kamu lewat aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Metro. Diakses pada 2022. Crying while listening to sad music makes you feel better
Well+ Good. Diakses pada 2022. Why Crying to Sad Music Could Actually Give You a Mood Boost
Psychology Today. Diakses pada 2022. 6 Ways Music Can Lift Your Mood

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan