• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mencukur Bulu Ketiak Bisa Menghilangkan Bau Badan?

Mencukur Bulu Ketiak Bisa Menghilangkan Bau Badan?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pada setiap tubuh seseorang terdapat kelenjar keringat atau yang dikenal dengan apokrin yang terletak pada beberapa bagian tubuh, seperti kulit ketiak, area dada, dan area kelamin. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kelenjar keringat sangat aktif, seperti saat memasuki masa pubertas dan kelebihan berat badan.

Baca juga: 6 Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Kondisi ini menyebabkan seseorang kerap mengeluarkan keringat berlebih, salah satunya pada area ketiak. Jika kamu mencium bau keringat di area ketiak, maka sebenarnya keringat tersebut sudah bercampur dengan bakteri pada kulit. Lantas, apakah benar mencukur bulu ketiak bisa menghilangkan bau badan?

Mencukur Bulu Ketiak Bantu Hilangkan Bau Badan

Bau badan atau bau ketiak yang dialami seseorang sebenarnya tidak berbahaya, namun dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat tidak nyaman. Bau ketiak yang tidak sedap juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi anti sosial terhadap lingkungannya. 

Sebaiknya segera lakukan tindakan yang dapat mengurangi kondisi bau badan yang kamu alami. Dilansir dari Medical News Today, mencukur bulu ketiak dapat membantu kamu untuk menghilangkan bau badan. Hal ini disebabkan bulu yang muncul pada ketiak menjadi salah satu tempat bakteri untuk bersarang. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghilangkan atau mencukur bulu ketiak secara rutin saat rambut-rambut halus yang tumbuh mulai terlihat memanjang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, seperti menggunakan pisau cukur sekali pakai, dicabut, waxing, krim penghilang bulu, atau menggunakan laser. Sebelum mencoba, tidak ada salahnya tanyakan pada dokter mengenai efek samping yang terjadi akibat proses pencukuran bulu ketiak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran

Tidak hanya mencukur bulu ketiak, ada beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah bau badan. Bau badan umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkembang pada kulit dan bercampur dengan keringat, sehingga menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi minimal 2 kali dalam satu hari dapat membantu menghilangkan bau badan yang dialami.

Selalu gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat agar terhindar dari bau badan. Namun, jika beberapa cara tersebut sudah dilakukan, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat mengenai bau badan yang dialami.

Beberapa penyakit kronis dapat menyebabkan kamu alami keringat berlebih, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan kecemasan, dan penyakit Parkinson. Nah, kini kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Mulai Anak Remaja Hingga Orang Tua

Bau badan bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak remaja hingga orang tua. Namun, umumnya anak remaja yang baru mengalami pubertas yang sering mengalami bau badan. Seseorang yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan rentan mengeluarkan keringat yang cukup banyak juga berisiko alami bau badan, apalagi jika tidak menjaga kebersihan tubuh.

Baca juga: Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

Penggemar makanan pedas dan makanan yang memiliki aroma yang kuat juga berisiko alami bau badan. Tidak hanya itu, orang dengan kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas harus menjaga kebersihan diri dengan menggunakan sabun anti bakteri agar tidak mengalami bau badan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What's to Know About Body Odor?
Healthline. Diakses pada 2020. Why Do I Have Smelly Armpits?
National Health Service. Diakses pada 2020. Body Odour