• Home
  • /
  • Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Hidup sehat harus dibudayakan sejak dini. Bisa dimulai dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan harian cairan pada tubuh, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Perhatikan pula kebersihan di dalam rumah kamu. Jangan sampai kamu membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.

Baca juga: Hubungan Lingkungan Bersih dengan Pencegahan Schistosomiasis

Selanjutnya, mulailah lihat lingkungan sekitar kamu. Lingkungan yang bersih turut berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kamu tidak terjaga kebersihannya, pasti kamu rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.

Manfaat Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Menjaga kebersihan lingkungan tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Lantas, mengapa menjaga lingkungan itu penting untuk kesehatan? Ini ulasannya.

  1. Lingkungan Sehat Hindari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu perlu tahu, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit, lho. Apalagi kalau kamu tidak berusaha menjaga kebersihannya.  Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan, menjaga kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah, masyarakat dapat menghindari penyakit demam berdarah dan hepatitis A. Tetanus, kolera dan demam tifoid berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

  1. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Dilansir dari situs halaman The United Nations Environment Programme, lingkungan yang sehat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental.

Menurut American Heart Association banyak menghabiskan waktu pada lingkungan yang memiliki banyak ruang terbuka hijau membantu untuk menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi. Tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc atau rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami kondisi depresi yang tidak kunjung mereda.

Baca juga: 3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas

  1. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Saat kamu berada di suatu kawasan yang kumuh, apakah kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sana? Tentu tidak, kan? Bahkan, kamu sudah malas untuk mendekat atau mengunjunginya. Bagaimana jika itu terjadi pada lingkungan tempat tinggal kamu sendiri? Kamu tentu ingin segera pindah ke tempat yang lebih bersih.

Lingkungan yang bersih membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

Itulah pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. Ingat, lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh dengan baik.

Referensi:
The United Nations Environment Programme. Diakses pada 2019. Healthy Environment, Healthy People
American Heart Association. Diakses pada 2019. Spend Time in Nature to Reduce Stress and Anxiety
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2019. Pencemaran Air Bersih Diduga Penyebab Hepatitis A di Pacitan