21 May 2018

Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Hidup sehat memang harus dibudayakan sejak dini. Ini bisa kamu lakukan dari diri kamu sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan harian cairan pada tubuh, istirahat yang cukup, juga mengonsumsi makanan bergizi. Tak lupa, perhatikan pula kebersihan dalam rumah kamu. Jangan sampai kamu membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.

Selanjutnya, mulailah tengok lingkungan sekitar kamu. Lingkungan yang bersih juga turut berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kamu tidak terjaga kebersihannya, pasti kamu akan rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.

Meski begitu, menjaga kebersihan lingkungan ternyata tak semudah yang kamu bayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Lantas, mengapa menjaga lingkungan itu penting untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat menjaga lingkungan yang akan kamu dapatkan:

Terbebas dari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Itu artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu perlu tahu, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit, lho. Apalagi kalau kamu tidak berusaha menjaga kebersihannya.

Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya. Penyakit-penyakit seperti tifus, kolera, desentri, hingga DBD akan mengincar kamu.

(Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini)

Mendapatkan Udara Segar Sepanjang Waktu

Selain kesehatan, kebersihan lingkungan juga erat kaitannya dengan kualitas udara di lingkungan tersebut. Lingkungan yang penuh sampah pasti akan berbau tidak sedap. Sebaliknya, apabila lingkungan tempat tinggal kamu bebas dari tumpukan sampah, bisa dipastikan udara yang kamu hirup setiap harinya bebas bau dan selalu segar.

Bukan hanya dari sampah yang bertumpuk, adanya bau ini juga bisa bersumber dari asap pabrik atau selokan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek dan menjaga kebersihan selokan ya. Selokan penuh sampah tak hanya jadi sumber penyakit dan udara tak segar, ini juga bisa menyebabkan terjadinya banjir.

Lebih Giat dalam Menjalankan Aktivitas

Lingkungan yang terjaga kebersihannya akan membuat kamu dan warga lainnya lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Jika lingkungan kamu kotor, sudah pasti kamu akan malas-malasan untuk berkegiatan, bukan? Tak hanya itu, keakraban kamu dengan para tetangga akan berkurang, karena kamu menjadi jarang bersosialiasi dan berinteraksi dengan mereka.

Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Saat kamu berada di suatu kawasan yang kumuh, apakah kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sana? Tentu tidak, kan? Bahkan, kamu pun sudah malas untuk mendekat atau mengunjunginya. Bagaimana jika itu terjadi pada lingkungan tempat tinggal kamu sendiri? Kamu tentu ingin segera pindah ke tempat yang lebih bersih.

Ya, lingkungan yang bersih akan membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

(Baca juga: 3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas)

Itu tadi beberapa manfaat menjaga lingkungan yang akan kamu dapatkan. Membuat lingkungan tampak bersih dan nyaman tidak sulit kok, cukup dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan dengan menanam pohon, menjaga sanitasi, dan tidak merokok sembarangan.

Nah, kalau kamu butuh tips seputar kesehatan atau memiliki gejala aneh pada tubuh, segera tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Fitur live chat akan menghubungkan kamu dengan para dokter ahli. Aplikasi Halodoc juga menyediakan layanan apotek antar dan cek lab tanpa membuat kamu harus keluar rumah. Yuk, download sekarang!