• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bau badan yang tidak sedap dapat mengganggu diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar. Munculnya bau badan ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus hominis yang hidup pada ketiak. Bakteri ini mengubah keringat menjadi asam, sehingga ketiak mengeluarkan bau tidak sedap. Bau badan juga bisa disebabkan karena obesitas, gangguan metabolisme, maupun mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Keringat Akibat Stres Lebih Bau, Ini Penyebabnya!

Cara menangani bau badan umumnya dengan menggunakan parfum atau deodoran. Munculnya Ini memang membantu, tetapi efeknya hanya bertahan sementara. Mengonsumsi makanan yang benar adalah upaya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan. Lantas, makanan apa yang ampuh untuk mengatasi kondisi ini? Melansir dari Live Strong, ini jenis makanan yang ampuh untuk mengatasi bau badan:

1. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat membantu membersihkan pencernaan. Contoh sayuran yang direkomendasikan, yakni bayam, selada air, wortel, paprika dan mentimun. Perlu digaris bawahi jika sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kol tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung sulfur yang menyebabkan bau badan.

2. Tanaman Herbal

Tanaman herbal berdaun hijau berbau harum juga dinilai ampuh untuk mengatasi masalah bau badan. Tanaman herbal mengandung klorofil dalam jumlah besar yang ternyata berfungsi menangkal bau badan. Salah satu tanaman herbal yang tidak asing bagi orang Indonesia adalah kemangi. Selain kemangi, perterseli, daun ketumbar dan daun mint termasuk ke dalam tanaman herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan.

3. Buah-buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk limau dan jeruk bali adalah cara lain untuk menambahkan serat ke dalam menu makanan kamu. Namun, fungsi buah-buahan ini tidak sampai disitu saja. Pasalnya, asam yang terkandung dalam buah-buahan sitrus akan membilas tubuh yang otomatis menghilangkan senyawa yang bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar makanan yang ampuh untuk mengatasi keringat, kamu bisa bertanya langsung kepada dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Enggak Hanya Wajah, Kenali Botoks Ketiak untuk Atasi Bau Badan

Perawatan Lain untuk Atasi Bau Badan

Selain konsumsi makanan di atas, kamu perlu melakukan sejumlah perawatan agar bau badan tubuh benar-benar hilang. Melansir dari WebMD, berikut sejumlah perawatan yang patut dicoba:

1. Rutin Membersihkan Diri

Perawatan utama untuk mencegah timbulnya bau badan dengan mandi setidaknya sekali dalam sehari. Mandi akan membasuh keringat dan menyingkirkan beberapa bakteri yang menempel pada kulit. Gunakan sabun antibakteri untuk mematikan bakteri yang tinggal di area-area berkeringat.

Bilas area-area yang cenderung mengeluarkan keringat sampai bersih. Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh sepenuhnya, terutama pada area yang banyak mengeluarkan berkeringat. Kulit yang kering akan menyulitkan bakteri untuk berkembang biak di atasnya.

2. Gunakan Antiperspiran

Setelah badan sudah bersih dan kering, gunakan antiperspiran untuk area ketiak. Antiperspiran mengandung aluminium klorida, yakni bahan kimia yang mengurangi produksi keringat dalam tubuh. Gunakan antiperspiran setidaknya dua kali sehari, yakni sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

3. Rutin Mengganti Pakaian dan Kaus Kaki

Sebisa mungkin gantilah pakaian ketika kamu sudah banyak mengeluarkan keringat. Pastikan pula untuk mengganti kaus kaki terutama jika kamu memiliki bau kaki. Kamu bisa menggunakan bubuk deodoran di sepatu, ganti sol dalam sesering mungkin, dan sering bertelanjang kaki jika memungkinkan.

4. Hindari Makanan atau Minuman Tertentu

Makanan dan minuman yang dikonsumsi kerap kali menjadi pemicu utama timbulnya bau badan. Cabai dan makanan pedas adalah contoh makanan yang memicu banyak berkeringat, sehingga berisiko menimbulkan bau badan. Minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat kamu lebih banyak berkeringat.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Bau Tak Sedap di Badan

Sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi contoh makanan dan minuman di atas. Namun, hindari mengonsumsinya terlalu banyak karena dapat menimbulkan bau badan atau memperparah bau badan yang telah ada.

Referensi :
Life Hack. Diakses pada 2019. Eat The Right Foods To Say Goodbye To Body Odor.
WebMD. Diakses pada 2019. 6 Tips for Reducing Body Odor.
Live Strong. Diakses pada 2019. 4 Diet Choices to Eliminate Body Odor.