21 March 2018

Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Masalah bau badan memang sangat mengganggu, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar. Bau badan bikin kamu jadi enggak pede saat bertemu dengan orang-orang, apalagi saat ingin mendekati orang yang kamu suka. Parfum atau deodoran memang bisa menghilangkan bau badan, sih. Tapi, efeknya cuma sementara. Agar bau badan pergi untuk selamanya, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut secara teratur.

Penyebab seseorang bisa memiliki bau badan adalah karena keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Jadi, ada dua kelenjar yang bisa menghasilkan keringat, yaitu kelenjar apokrin dan ekrin. Kelenjar ekrin memproduksi sebagian besar “keringat asin” yang mendinginkan tubuh. Sedangkan  kelenjar apokrin mengeluarkan keringat lemak di daerah yang memiliki rambut, seperti kulit kepala, ketiak, dan area intim, yang menjadi penyebab bau badan. Selain keringat, makanan yang kamu konsumsi juga bisa memengaruhi aroma tubuhmu. Beberapa makanan bisa menyebabkan bau badan jadi tidak sedap. Tapi, ada juga beberapa makanan yang membuat keringatmu tidak berbau, sehingga tubuh tetap beraroma segar.

  1. Seledri

Enggak hanya bisa membuat sop sayur menjadi wangi, ternyata seledri juga bisa menghilangkan bau badan tak sedap lho. Seledri adalah diuretik yang mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin K, potassium, folat, dan fitronutrien yang berguna untuk melawan bau dengan cara mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Sayuran renyah ini bisa menstimulasi hati untuk menghilangkan racun penyebab bau badan lewat sistem pencernaan. Selain itu, seledri juga dipercaya dapat mengeluarkan feromon alami yang bisa membuat bau seorang pria lebih menarik bagi wanita lho.

  1. Parsley

Sayuran yang sering digunakan sebagai garnish pada hidangan western ini, juga bermanfaat untuk membersihkan aliran darah. Parsley kaya akan kandungan klorofil yang bisa membantu regenerasi sel darah dan juga membuang racun dalam tubuh.

  1. Tumbuhan Herbal Beraroma

Tumbuhan-tumbuhan beraroma seperti kemangi, ketumbar, rosemary, peterseli, oregano, lavender dan mint biasanya digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan untuk membuat aroma makanan tersebut menjadi lebih sedap. Ternyata, minyak esensial yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan tersebut juga ampuh untuk mengharumkan tubuh, lho.

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi tahukah kamu, apel juga berkhasiat menghilangkan bau badan, lho. Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel dapat mengeluarkan semua racun dari tubuh dan mengurangi aroma tak sedap pada keringat. Selain itu, apel juga bisa memecah enzim dalam bawang putih yang bisa menyebabkan bau badan.  

  1. Cuka Apel

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, cuka apel pun juga bisa dikonsumsi untuk mencegah timbulnya bau badan. Cuka apel berkhasiat membunuh mikroba penyebab bau pada tubuh dan mengurangi keringat berlebih.

  1. Lemon dan Jeruk

Baik buah jeruk maupun lemon, punya kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung asam sitrat yang tinggi yang mampu mengeluarkan racun dan limbah melalui kotoran, sehingga membuat aroma tubuh tetap segar.

Nah, itulah daftar makanan yang berkhasiat menghilangkan bau badan tak sedap (Baca juga: Jangan Minder, Berikut 6 Cara Hilangkan Bau Badan yang Tepat). Kalau kamu sakit atau mengalami gangguan kesehatan tertentu, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan semua keluhanmu dan minta rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.