• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengapa Penyakit Lupus Bisa Sebabkan Hipertiroid?

Mengapa Penyakit Lupus Bisa Sebabkan Hipertiroid?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengapa Penyakit Lupus Bisa Sebabkan Hipertiroid?

“Masyarakat awam mungkin masih belum memahami bagaimana penyakit lupus bisa dikaitkan dengan masalah tiroid. Secara ringkasnya, tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan berhubungan dengan proses metabolisme tubuh.”

Halodoc, Jakarta - Gangguan tiroid sangat rentan terjadi pada pengidap lupus karena masalah kesehatan ini bisa mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Data menunjukkan, sekitar 6 persen pengidap lupus ternyata juga mengidap hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Sementara 1 persennya mengalami kondisi hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif). 

Mengatasi Hipertiroid karena Penyakit Lupus

Fungsi kelenjar tiroid yang tidak tepat dapat memengaruhi fungsi organ dalam tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, hati, kulit, termasuk pula hipotiroidisme dan hipertiroidisme. Seseorang dengan hipertiroidisme dan hipotiroidisme pun dapat mengalami kelelahan tubuh yang parah. 

Beberapa pengidap penyakit tiroid mungkin tidak menunjukkan adanya gejala klinis atau gejala yang muncul bisa sangat ringan. Namun, penting untuk menyadari bahwa banyak gejala penyakit tiroid tidak spesifik. Artinya, gejala tersebut dapat terjadi karena berbagai kondisi lain.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Lupus yang Perlu Diketahui

Sementara itu, pada pengidap penyakit tiroid autoimun, autoantibodi akan berikatan dengan kelenjar tiroid. Kondisi ini mengakibatkan peradangan, disfungsi tiroid, dan manifestasi klinis lainnya. Pun, hipertiroid dapat menyebabkan penurunan berat badan, jantung berdebar, tremor, intoleransi panas, dan akhirnya berujung pada osteoporosis. 

Tiroid yang kurang aktif dan terlalu aktif dapat melibatkan perawatan pada sistem metabolisme tubuh supaya kembali ke tingkat normal. Hipotiroidisme biasanya diobati dengan terapi penggantian hormon tiroid, sedangkan hipertiroidisme dapat diobati dengan obat antitiroid atau yodium radioaktif.

Risiko Gangguan Tiroid

Seseorang bisa mengalami risiko mendapatkan penyakit lupus apabila terindikasi dengan faktor-faktor berikut ini:

  • Wanita muda pada usia paruh baya.
  • Memiliki penyakit autoimun lainnya. Ini dikarenakan seorang pengidap autoimun biasanya akan memiliki lebih dari satu kondisi autoimun. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ternyata, hal tersebut disebabkan karena kelenjar tiroid dapat menjadi target untuk beberapa autoantibodi lupus.
  • Genetik. 
  • Pengobatan penyakit Grave. Pengobatan hipertiroidisme Grave bisa memicu penyakit autoimun, salah satunya adalah lupus. Biasanya ini ditandai dengan ruam atau bahkan nyeri sendi. 

Lupus Menyerang Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang dengan penyakit lupus akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang mulai mengenali dan menyerang jaringan tubuh sendiri. Fenomena ini menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh. Penting untuk disadari kalau lupus dapat memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. 

Tanda dan gejala juga dapat datang dan pergi serta memicu periode kambuhan. Sistem kerja penyakit lupus adalah menyerang sistem saraf melalui antibodi yang mengikat sel-sel saraf atau pembuluh darah yang memberi makan dengan mengganggu aliran darah ke saraf.

Baca juga: Benarkah Lupus adalah Penyakit Menular?

Perlu diketahui kalau penyakit lupus juga bisa menyebabkan kanker tiroid. Peluang seseorang mengalami kanker tiroid lebih tinggi pada pengidap dengan penyakit tiroid autoimun, ketimbang masalah kesehatan yang disebabkan karena hal lainnya.

Oleh karena itu, seseorang yang mengidap hipertiroid karena lupus harus segera melakukan pemeriksaan medis. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada potensi terjadinya komplikasi dan kemungkinan mengembangkan kanker atau tidak. Jika kamu ingin tahu lebih detail mengenai penyakit lupus dan hipertiroid, langsung tanyakan saja pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. 

Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel. Selain tanya dokter, melalui aplikasi kamu juga bisa membeli obat dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat.

Referensi:
Hopkinslupus.org. Diakses pada 2021. Lupus Signs, Symptoms, and Co-occurring Conditions.
HSS.EDU. Diakses pada 2021. Top 10 Series: Top 10 Points Lupus Patients Should Know About Autoimmune Thyroid Diseases.