Ini Penyebab Wanita Lebih Berisiko Mengalami Ambeien

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Februari 2024

“Wanita ternyata lebih berisiko mengalami ambeien ketimbang pria. Hal ini disebabkan faktor kehamilan dan persalinan yang bisa memicu terjadinya ambeien.”

Ini Penyebab Wanita Lebih Berisiko Mengalami AmbeienIni Penyebab Wanita Lebih Berisiko Mengalami Ambeien

Halodoc, Jakarta – Wasir atau hemoroid adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah pada anus dan rektum bagian bawah. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi wanita lebih berisiko alami ambeien. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita berisiko mengalami ambeien, salah satunya menjalani kehamilan dan persalinan.

Tidak ada salahnya kenali lebih banyak penyebab wasir dan pengobatannya. Dengan begitu, penyakit ini dapat diatasi dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Alasan Wanita Berisiko Alami Ambeien

Wasir merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang yang telah memasuki usia 50 tahun ke atas. Selain pria, wanita juga rentan mengalami kondisi ini. Ada beberapa alasan yang membuat wanita lebih berisiko alami ambeien, salah satunya menjalani kehamilan.

Saat hamil, pertumbuhan bayi dalam rahim menyebabkan tekanan pada anus. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dekat anus dan rektum semakin membesar akibatnya terjadi pembengkakan pada pembuluh darah. 

Selain itu, peningkatan hormon progesteron saat hamil bisa memicu perkembangan ambeien. Hal ini dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi lebih lemas sehingga rentan mengalami pembengkakan dan ambeien.

Peningkatan hormon progesteron pun berkaitan langsung dengan kondisi konstipasi atau sembelit. Ambeien lebih rentan dialami oleh ibu hamil yang mengalami konstipasi. Untuk itu, ibu memenuhi kebutuhan cairan dan serat setiap hari untuk mencegah ambeien.

Peningkatan volume darah juga terjadi saat menjalani kehamilan yang menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Kondisi ini juga bisa memicu ambeien pada ibu hamil.

Selain menjalani kehamilan, persalinan melalui vagina pun bisa memicu wanita mengalami ambeien. Pembengkakan pembuluh darah bisa terjadi akibat kegiatan mengejan yang dilakukan untuk mendorong bayi keluar rahim.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi ambeien? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Ambeien yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

Faktor Risiko Pemicu Ambeien

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang alami ambeien, seperti:

  • Mengejan saat buat air besar.
  • Duduk terlalu lama di dalam toilet.
  • Berdiri terlalu lama.
  • Mengalami diare kronis atau konstipasi.
  • Mengalami kondisi obesitas.
  • Memiliki kebiasaan mengangkat beban berat.
  • Kurang mengonsumsi air putih dan serat.

Mau tahu makanan apa yang direkomendasikan untuk pengidap ambeien? Baca di artikel ini: “ Pola Makan Pengidap Ambeien yang Dianjurkan

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan wanita lebih berisiko alami ambeien. Ambeien bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi dan memenuhi kebutuhan cairan yang cukup. 

Tanyakan pada dokter bila ambeien tak kunjung membaik. Kemudian dapatkan obat-obatan yang kamu butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc dengan praktis, cepat, dan tanpa perlu mengantre!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. Hemorrhoids After Giving Birth.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Common Causes of Hemorrhoids During Pregnancy and How to Prevent Them.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hemorrhoids.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Hemorrhoids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan