Mengenal Arti Deep Talk, Manfaat, dan Cara Melakukannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 November 2023

“Deep talk adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kebahagiaan seseorang bisa meningkat setelah melakukannya, bahkan kamu bisa mendapatkan perspektif baru untuk menemukan makna hidup.”

Mengenal Arti Deep Talk, Manfaat, dan Cara MelakukannyaMengenal Arti Deep Talk, Manfaat, dan Cara Melakukannya

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Deep Talk?
  2. Manfaat Deep Talk untuk Kesehatan Mental
  3. Cara Melakukan Deep Talk

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu menyadari bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang perlu bersosialisasi. Deep talk adalah salah satu aktivitas sosial yang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan meningkatkan hubungan. 

Menurut Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis dan profesor di Universitas Yeshiva, Amerika Serikat, yang dikutip dari Very Well Health, percakapan yang bermakna dapat membantu kamu memahami diri sendiri dan orang-orang di sekitar dengan lebih baik.

Apa itu Deep Talk?

Mengutip situs resmi University of Sheffield, deep talk adalah alat dialog yang menggunakan cerita yang seseorang ceritakan sebagai stimulus percakapan.

Metode ini awalnya berkembang untuk penggunaan di tempat kerja untuk membantu tim berkomunikasi.

Sejak saat itu, pendekatan ini telah diadopsi sebagai metode kesejahteraan dan pembangunan komunitas di berbagai lingkungan pendidikan, profesional, dan komunitas.

Seiring berjalannya waktu, orang memandangnya sebagai alat yang bermanfaat dalam konteks mediasi, pembinaan, dan pengembangan profesional. 

Sementara itu, di dunia psikologis deep talk dilakukan sebagai bentuk terapi kesehatan mental.

Namun ini tidak hanya bisa kamu lakukan dengan psikolog, tapi juga dengan orang yang kamu percayai, seperti orang tua, sahabat, maupun pasangan. 

Manfaat Deep Talk untuk Kesehatan Mental

Deep talk mungkin lebih sering dilakukan oleh orang dengan kepribadian introvert. Mereka yang introvert memang lebih nyaman berbicara secara empat mata dan membahas hal-hal yang lebih bermakna. 

Namun, orang dengan kepribadian lain pun, seperti ekstrovert dan ambivert, juga bisa melakukannya dan merasakan manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat deep talk yang sayang untuk kamu lewatkan:

1. Kebahagiaan jadi meningkat

Deep talk merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan. Sebuah studi dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa orang yang rutin berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain akan merasa kualitas hidupnya lebih baik dan bahagia. 

Bahkan obrolan yang bermakna, menarik, dan kompleks bisa menjadi cara untuk mengatasi rasa kesepian. 

2. Dapat menemukan makna hidup

Makna hidup merupakan harapan dan tujuan hidup yang setiap individu miliki. Hanya saja, tidak semua orang langsung menemukan makna hidup. Terkadang kamu perlu adanya stimulasi untuk menemukan makna hidup. 

Salah satu cara untuk membantu menemukan makna hidup yaitu dengan melakukan deep talk. Percakapan mendalam dapat membantu seseorang menemukan tujuan hidupnya. 

Deep talk menjadi salah satu cara untuk mempelajari pengalaman orang lain dan kamu bisa mencari inspirasi untuk mencapai keinginan dan makna hidupmu. 

3. Dukungan emosional

Saat kamu mencurahkan perasaan, pengalaman, dan sudut pandang pada orang lain yang kamu percayai, seringkali suasana hati menjadi lebih tenang. Selain itu, beban pikiran pun terasa berkurang. 

Kamu dan teman ngobrol bisa saling menguatkan. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan solusi yang belum terpikirkan sebelumnya. 

Ibu menyusui pun perlu melakukan deep talk. Sebab dukungan emosional yang ibu dapatkan dapat mencegah berbagai masalah terkait menyusui dan depresi pasca persalinan.

Selain bermanfaat untuk ibu menyusui, ketahui juga Manfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru Menikah.

4. Hubungan semakin erat

Deep talk merupakan salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan orang lain. 

Kepercayaan, pengertian, empati, dan kasih sayang dapat berkembang saat kamu mencurahkan isi hati dan pikiran secara jujur dan terbuka.  Alhasil, hubunganmu dengan lawan bicara akan semakin erat. 

5. Risiko gangguan mental berkurang

Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan dukungan atau support system. Jika kamu memiliki dukungan, maka potensi gangguan kesehatan mental dapat dicegah. 

Melalui obrolan yang sehat, jujur, dan terbuka dengan orang yang kamu percayai, seluruh isi hati dan unek-unek akan tertuang. Hal tersebut bisa membuatmu merasa diterima dan perasaan pun jadi lebih lega. 

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Cara Melakukan Deep Talk

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terlibat dalam deep talk. Namun cara ini tidak baku dan bisa kamu sesuaikan dengan keyakinanmu.

  • Pastikan kamu telah menemukan lawan bicara yang tepat dan benar-benar kamu percayai.
  • Cobalah melakukan percakapan secara langsung. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa melakukannya melalui telepon atau video call.
  • Pastikan suasana hati sedang baik saat melakukan deep talk. Selain itu, lakukan di tempat yang nyaman dan tenang. Kamu juga bisa melakukan deep talk sebelum tidur dengan pasangan. Ketahui juga 4 Manfaat Deep Talk Sebelum Tidur.
  • Mulailah dengan percakapan secara ringan. Contohnya dengan bertanya,”Ada kabar apa hari ini?”.
  • Kamu bisa menceritakan apapun yang bersifat pribadi dan jujur. Namun hindari menghakimi cerita lawan bicaramu.
  • Tidak ada salahnya menanyakan pendapat lawan bicara mengenai topik yang sedang kalian bicarakan. Dengan begitu, kamu bisa melihat pandangan lain dari topik yang kalian bicarakan.

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang deep talk, manfaat, dan cara melakukannya.

Melihat manfaat baiknya, tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukan deep talk dengan orang yang kamu percayai.

Jika kamu belum memiliki seseorang sebagai lawan bicara yang tepat, kamu bisa berdiskusi terlebih dulu pada psikolog di Halodoc sebagai langkah awal.

Klik gambar di bawah ini untuk konsultasi online dengan biaya yang lebih terjangkau.✔️ 

chat psikolog halodoc
Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2023. Why We Need to Have Deeper Conversations.
University of Sheffield. Diakses pada 2023. What is Deep Talk?
Very Well Mind. Diakses pada 2023. 50 Deep Conversation Starters for Meaningful Connections.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan