Mengenal Arti Me Time dan Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan Mental

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 November 2023

"Me time termasuk investasi untuk kesehatan mental setiap orang. Dengan menyisihkan waktu untuk diri sendiri, kamu bisa terhindar dari stres, depresi dan kecemasan."

Mengenal Arti Me Time dan Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan MentalMengenal Arti Me Time dan Manfaat Pentingnya untuk Kesehatan Mental

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Me Time?
  2. Mengapa Me Time Penting?
  3. Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental
  1. Cara Melakukan Me Time

Halodoc, Jakarta – Setiap orang membutuhkan me time sejenak dari hiruk pikuk keseharian yang serba cepat. Apalagi untuk orang yang cenderung introvert, arti me time sangat penting bagi dirinya untuk mengisi energi kembali sebelum bertemu orang-orang.

Aktivitas ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental setiap individu. Sebab, kehidupan tidak melulu tentang pekerjaan atau merawat orang lain. Tubuh dan jiwamu juga membutuhkan waktu untuk dirawat, dibahagiakan dan diistirahatkan sementara waktu. 

Apa Itu Me Time?

Me time adalah sebuah istilah yang mengacu pada waktu seseorang yang ia luangkan untuk dirinya sendiri. Tujuannya untuk terlepas dari segala gangguan dan tuntutan dari luar. 

Ini juga waktu yang tepat untuk merenung, merawat diri, dan mengisi kembali energi. Bisa dibilang, me time adalah salah satu bentuk dari self care yang penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. 

Mengapa Me Time Penting?

Tentu saja me time sangat penting. Terutama untuk kamu yang sehari-hari berkutat dengan pekerjaan, tanggung jawab dan tuntutan lain. Semua ini seringkali menghambat kamu untuk mendapatkan waktu sendiri. 

Nah, me time juga memberi kamu kesempatan untuk berimajinasi dan memikirkan ide-ide baru. Tentu saja cara ini mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk aspek kehidupan kamu. 

Selain itu, ketika kamu sudah merasa lebih baik, kamu cenderung akan berinteraksi dengan orang lain lebih positif. Jadi, kualitas hubungan kamu dengan orang lain bisa lebih erat dan langgeng. 

Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental

Me time sangat-sangat berpengaruh pada kesehatan mental individu. Mengapa? Ini beberapa alasannya:

1. Mencegah masalah kesehatan mental

Menghabiskan waktu sendiri bisa meredakan stres dan tekanan kehidupan sementara waktu.  Ini pun jadi kesempatan untuk melepaskan beban pikiran dan merasa lebih rileks.

Aktivitas ini juga bisa mencegah timbulnya gejala kecemasan dan depresi. Sebab, kamu menjadi punya kesempatan untuk merawat diri sendiri dan fokus pada perasaan positif.

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

2. Meningkatkan kesejahteraan emosional

Selama melakukan me time, kamu akan fokus dengan diri sendiri. Alhasil kamu akan lebih memahami perasaanmu sendiri lebih baik. 

Efeknya, kamu mengalami peningkatkan kesejahteraan emosional, harga diri, dan merasa lebih bahagia. Apalagi untuk pekerja kantoran, Ini Pentingnya Me Time untuk Para Karyawan. 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kamu pasti sering dengar kalau kualitas tidur yang buruk bisa memengaruhi emosi. Itu adalah fakta dan sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Saat kurang tidur, aktivitas amigdala di otak meningkat sampai 60 persen. 

Nah, tingginya aktivitas amygdala ini bisa memengaruhi kemampuan otak dalam mengendalikan emosi. Melakukan me time sebelum tidur ternyata bisa membuat kamu lebih nyenyak dan rileks. 

Sebab, waktu ini kamu bisa leluasa dan fokus dari dirimu sendiri. Kamu pun terbebas dari gangguan pikiran, sehingga tidur pun menjadi lebih berkualitas. 

4. Menjaga hubungan 

Ketika diri sendiri merasa lebih baik, kamu cenderung memiliki hubungan sosial yang lebih sehat. Sebab, setelah puas dengan diri sendiri, kamu bisa memberikan perhatian dan dukungan kepada orang lain dengan baik. 

Itulah manfaat yang perlu kamu ketahui. Nah, kamu juga perlu tahu 5 Tanda Kalau Kamu Butuh Me Time.

Cara Melakukan Me Time

Sekarang sudah paham kan seberapa pentingnya me time? Nah, berikut beberapa tips supaya kamu bisa mendapatkan waktu ini: 

1. Tentukan waktu yang tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu saja menentukan jadwal yang tepat untuk melakukannya. Kamu bisa menentukan berapa jam dalam seminggu yang kamu berikan untuk me time. 

Jika kamu sangat sibuk, me time sesingkat apapun tetap bermanfaat, bahkan jika kamu hanya meluangkannya beberapa menit dalam sehari. Selain itu, buat ruang pribadi yang tenang sehingga kamu bisa merenung tanpa gangguan. 

Akan tetapi, me time tidak melulu harus merenung. Kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang kamu senangi. 

2. Lakukan aktivitas yang kamu sukai

Jangan ragu untuk melakukan aktivitas yang benar-benar nikmati. Contohnya, bermain game, membaca buku, bermeditasi, jalan-jalan, bermain musik, atau bahkan hanya sekedar berbaring dan merenung.

3. Istirahat sejenak dari teknologi

Supaya waktu lebih berkualitas, matikan ponsel, komputer, dan perangkat elektronik lainnya.

Sebab, me time adalah kesempatan emas di mana kamu bisa benar-benar terputus dari dunia digital dan fokus pada diri sendiri.

4. Jangan merasa bersalah

Tak sedikit orang yang justru merasa bersalah melakukan me time karena terkesan membuang waktu atau terkesan mementingkan diri sendiri.

Sebaiknya, buang jauh-jauh pikiran ini! Bukannya enjoy, pikiran ini lah yang justru membebani kamu.

Jangan merasa bersalah karena meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ingat, me time juga termasuk investasi untuk kesehatan mental kamu.

Ini pun terbukti punya manfaat yang positif untuk diri sendiri maupun orang di sekitar kamu. 

5. Beri tahu orang terdekat

Jika kamu sudah berkeluarga atau masih tinggal bersama orang tua, jangan ragu untuk mengkomunikasikan kebutuhan me time kamu. Mintalah dukungan dari mereka supaya bisa  memiliki waktu untuk diri sendiri tanpa gangguan.

Jadi, jangan ragu untuk menyisihkan waktu khusus untuk diri, ya! Jika butuh bicara dengan psikolog, kamu bisa dengan mudah menghubunginya di Halodoc.

Klik gambar di bawah ini untuk konsultasi dengan biaya yang lebih terjangkau.✔️

chat psikolog halodoc
Referensi:
American Psychological Association. Diakses pada 2023. Taking Care of Your Mental Health. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Stress relief from laughter? It’s no joke. 
HelpGuide. Diakses pada 2023. Understanding Stress: Signs, Symptoms, Causes, and Effects. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan