Mengenal Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas dan Triknya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2023

“Banyak orang menanggap bahwa foreplay adalah aktivitas penting sebelum melakukan hubungan seks penetrasi. Kamu dan pasangan bisa memulainya dengan berciuman, memberikan sentuhan intim, atau memberikan pijatan.”

Mengenal Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas dan TriknyaMengenal Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas dan Triknya

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Foreplay?
  2. Trik Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas
    1. Berciuman
    2. Bercengkrama
    3. Memberikan pijatan
    4. Berbicara atau mengirim pesan
    5. Sentuhan intim

Halodoc, Jakarta – Masih banyak pasangan yang mungkin belum memahami apa itu foreplay dan pentingnya dalam sebuah hubungan. Perlu kamu pahami, ini adalah aktivitas seksual sebelum melakukan hubungan intim.

Faktanya, seks penetrasi tidak harus menjadi hal yang utama atau bahan tidak perlu dilakukan jika kamu tidak menginginkannya. Foreplay yang tepat akan terasa semakin menggairahkan jika melakukannya dengan cara yang benar. 

Apa Itu Foreplay?

Foreplay adalah aktivitas seksual apapun yang terjadi sebelum melakukan hubungan seksual penetrasi. Kamu bisa menganggapnya seperti pemanasan sebelum berolahraga. 

Meski begitu, aktivitas ini tidak selalu harus berujung pada hubungan seks penetrasi. Aktivitas ini dapat mencakup hal-hal seperti berciuman, berpelukan, menyentuh, atau sekadar berbicara.

Aktivitas ini bisa membuat seks semakin menggairahkan. Misalnya, berciuman dapat melepaskan oksitosin, serotonin, dan dopamin. 

Hormon perasaan baik ini dapat mengurangi stres dan membantu kamu lebih rileks bersama pasangan, serta lebih menikmati seks.

Selain itu, foreplay juga membantu mempersiapkan tubuh untuk berhubungan seks. Saat menikmati foreplay, kamu mungkin merasakan jantung berdebar kencang. 

Aktivitas seksual ini menyebabkan peningkatan aliran darah ke alat kelamin dan membantu melumasi vagina. Sehingga, seks lebih terasa menyenangkan dan membantu mencegah rasa sakit saat berhubungan intim.

Selain foreplay, kamu juga perlu Mengenal Petting, Aktivitas Seksual Tanpa Penetrasi.

Trik Foreplay untuk Hubungan Intim Berkualitas 

Foreplay memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Beberapa orang sangat menikmatinya. Selama semua orang menyepakati aktivitas tersebut, yang terpenting adalah kamu dan pasangan menikmatinya.

Berikut ini beberapa trik untuk melakukan foreplay:

1. Berciuman

Kamu bisa mencium pasangan sebagai bagian dari foreplay. Komunikasikan dengan pasangan bahwa kamu ingin dicium olehnya. Berciuman tidak harus di bibir saja, tapi juga bisa di bagian tubuh lainnya. 

2. Bercengkrama

Pada dasarnya, berpelukan tidak bersifat seksual dan tidak harus mengarah pada seks. Namun, bagi sebagian orang, berpelukan bisa menjadi bagian penting dari foreplay. 

Aktivitas ini dapat meningkatkan keintiman dan membantu membina hubungan emosional yang lebih dalam.

3. Memberikan pijatan

Beberapa orang senang memijat pasangannya atau dipijat oleh pasangannya. Sama halnya berpelukan, hal ini dapat meningkatkan keintiman dalam hubungan dan membantu kamu merasa lebih dekat dengan pasangan.

4. Berbicara atau mengirim pesan

Membisikkan hal-hal manis ke telinga pasangan bisa menjadi bagian penting dari foreplay. Misalnya dengan memberikan pujian dan merayu pasangan. 

Cara ini dapat membantu membangun ketegangan seksual dan menciptakan rasa antisipasi sebelum berhubungan seks.

Pernah mendengar istilah porn, masturbate, dan orgasm (PMO)? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa itu PMO? Ini Dampak Negatif dan Cara Ampuh Mengatasinya

5. Sentuhan intim

Sentuhan intim atau saling masturbasi dapat menjadi bagian dari foreplay bagi sebagian orang.

Cara ini bisa membangun keintiman dan membuat kamu dan pasangan siap untuk berhubungan seks.

Perlu kamu pahami, semakin terbuka dan jujur kepada pasangan mengenai aktivitas seksual yang membuat kamu bergairah, semakin besar kemungkinan kamu menikmati seks. 

Dengan begini, kamu bisa menghasilkan kehidupan seks yang berkualitas. Lagipula, ada banyak Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan.

Umumnya foreplay tidak melibatkan penetrasi. Namun, tidak ada definisi pasti tentang apa itu foreplay

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lanjutan mengenai kesehatan seksual.

Kamu pun bisa temukan produk kebutuhan seksual yang kamu dan pasangan perlukan di Toko Kesehatan Halodoc. Klik gambar di bawah ini, bisa dikirim dalam satu jam.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Foreplay.
Healthline. Diakses pada 2023. 38 Things to Know About Sex and Foreplay.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. The Importance of Foreplay in Your Relationship.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan