Mengenal Fungsi Otot Polos untuk Tubuh Manusia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juni 2021

Otot ini bekerja atas perintah otak dan kebutuhan tubuh. Nah, otot polos ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, kandung kemih, rahim, hingga saluran pencernaan. Lantas, apa saja fungsi otot polos dalam tubuh manusia

Mengenal Fungsi Otot Polos untuk Tubuh ManusiaMengenal Fungsi Otot Polos untuk Tubuh Manusia

“Otot polos merupakan otot yang bekerja tanpa kita sadari atau kehendaki. Otot polos bekerja atas perintah otot dan kebutuhan tubuh. Otot ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, rahim, kandung kemih, hingga saluran pencernaan.”

Halodoc, Jakarta – Sudah tahu otot manusia terdiri dari tiga jenis? Sistem otot yang terdiri lebih dari 600 otot ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu otot polos, otot rangka, dan otot jantung. Dari ketiganya, hanya otot rangka saja dapat kita kontrol secara sadar. Sementara itu otot polos dan jantung bekerja secara otomatis, tanpa kita sadari.

Mau tahu lebih jauh mengenai fungsi otot polos pada tubuh manusia? Berikut ulasan selengkapnya

Baca juga: Ketahui Fungsi Penting Otot Jantung pada Manusia

Otot Polos Bekerja Tanpa Kehendak

Seperti penjelasan di atas, boleh dibilang otot polos bekerja tanpa kita sadari. Otot ini bekerja atas perintah otak dan kebutuhan tubuh. Nah, otot polos ini tersebar di seluruh tubuh, mulai dari saluran pernapasan, kandung kemih, rahim, hingga saluran pencernaan. Lantas, apa saja fungsi otot polos dalam tubuh manusia? 

Otot polos memiliki berbagai fungsi karena tersebar di berbagai organ tubuh. Fungsi otot ini cukup beragam, bergantung pada letak dan posisinya di dalam tubuh. Contohnya:

  • Otot polos di saluran pencernaan berfungsi membantu perjalanan makanan.
  • Otot polos di kandung kemih, bekerja menahan dan melepaskan urine.
  • Otot polos pada mata, berfungsi untuk mengubah ukuran iris dan mengubah bentuk lensa mata.

Ketiga hal di atas hanya beberapa contoh dari banyak fungsi otot polos dalam tubuh kita. Pada dasarnya, jaringan otot punya fungsi yang sama, yakni sebagai alat gerak aktif. Sedangkan otot polos, berfungsi untuk memberikan gerakan tanpa pengaruh tubuh, atau bergerak di luar kehendak kita. 

Mau tahu lebih jauh mengenai fungsi otot polos? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Baca juga: 8 Penyakit Penyebab Gangguan Pergerakan Otot

Lebih Jauh Mengenai Otot Polos

Bentuk otot polos tentu berbeda dengan otot jantung atau otot rangka. Otot polos umumnya membentuk jaringan pendukung pembuluh darah dan organ dalam yang berongga, seperti lambung, usus, dan kandung kemih. Disebut polos karena otot polos tidak memiliki garis mikroskopis (garis-garis) yang terlihat pada dua jenis otot lainnya.

Bila jaringan otot polos tersebut diamati dengan menggunakan mikroskop, maka akan terlihat serabut-serabut yang homogen, dan akan tampak polos atau tidak bergaris-garis.

Selain itu, otot polos juga memiliki ciri-ciri lainnya, yaitu:

  • Sel otot polos berbentuk gelendong, yaitu bagian tengah menggembung dan bagian tepinya meruncing.
  • Letaknya berada di bagian organ dalam.
  • Bekerja secara otomatis, atau di luar kesadaran.
  • Satu sel, satu inti.
  • Tanggapan terhadap rangsangan lambat dan tidak cepat lelah.
  • Tidak terdapat berkas gelap terang, sehingga disebut otot polos.

Baca juga: Ini Langkah Sederhana untuk Meredakan Nyeri Otot

Ingat, otot dalam tubuh memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup kita. Oleh sebab itu, kesehatan dan kekuatan otot harus senantiasa dijaga. Caranya cukup sederhana, yaitu rutin berolahraga, konsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah pada otot-otot tubuh, atau masalah kesehatan lainnya, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan?

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2021. Medical Definition of Smooth muscle.Biology Dictionary. Diakses pada 2021. Smooth Muscle

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan