Mengenal Green Flag dalam Hubungan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 November 2023

“Green flag dalam hubungan adalah ketika pasangan memiliki kualitas hubungan yang sehat dan menghormati satu sama lain. Green flag adalah situasi yang bertolak belakang dengan red flag, yang merupakan tanda hubungan toxic.”

Mengenal Green Flag dalam Hubungan: Pengertian dan Ciri-CirinyaMengenal Green Flag dalam Hubungan: Pengertian dan Ciri-Cirinya

DAFTAR ISI

1. Pengertian Green Flag dalam Hubungan

2. Ciri Green Flag dalam Hubungan


Halodoc, Jakarta – Masih asing dengan istilah green flag di media sosial atau dalam percakapan sehari-hari? Berbanding terbalik dengan istilah red flag, green flag lebih bermakna positif. 

Green flag mengacu pada tanda atau indikator positif yang menunjukkan kesehatan mental atau perkembangan psikologis yang baik. Ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan seseorang dalam kondisi mental yang baik dan stabil. 

Pertanyaannya, apa makna green flag dalam sebuah hubungan?

Pengertian Green Flag dalam Hubungan

Green flag dalam konteks hubungan merujuk pada tanda-tanda positif yang menunjukkan hubungan yang sehat, kuat, dan bermakna antara dua orang. 

Itu terjadi ketika pasangan dapat berbicara tentang perasaan, harapan, kekhawatiran, dan masalah dengan cara yang mendukung, tanpa takut dihakimi atau disalahpahami, serta cenderung memiliki hubungan yang lebih sehat. 

Komunikasi yang efektif memungkinkan pasangan untuk membangun pemahaman yang lebih baik satu sama lain, mengatasi konflik, dan menguatkan ikatan emosional.

Green flag dalam hubungan adalah kondisi yang berkebalikan dengan red flag. Berbeda dengan red flag, green flag dalam hubungan yang saling memercayai satu sama lainnya. Baca 8 Tanda Red Flag yang Perlu Diwaspadai dalam Hubungan.

Pasangan yang memiliki kepercayaan satu sama lain memungkinkan ruang untuk pertumbuhan pribadi, dan menghormati hak setiap individu untuk menjalani kehidupan mereka masing-masing. Mereka merasa aman dalam hubungan dan tidak merasa perlu untuk selalu memantau atau mencurigai satu sama lain.

Ciri Green Flag dalam Hubungan

Green flag dalam hubungan adalah tanda-tanda yang mencerminkan hubungan yang sehat, kuat, dan bahagia. Mengenali tanda-tanda ini membantu pasangan untuk membangun ikatan yang mendalam, menjaga keseimbangan dalam hubungan, dan menciptakan ruang untuk perkembangan pribadi masing-masing.  

Berikut ciri-ciri green flag dalam sebuah hubungan yang perlu diketahui:

1. Kepercayaan dan rasa aman

Kepercayaan adalah pondasi hubungan yang kuat. Pasangan yang memiliki green flag merasa aman dan percaya satu sama lain. Mereka tidak merasa perlu untuk selalu memeriksa atau mencurigai pasangan mereka.

2. Menyelesaikan pertengkaran dengan sehat

Saling mendengarkan satu sama lain, mencari solusi bersama, dan menghindari konfrontasi destruktif. Penyelesaian dengan cara sehat ini dapat membantu menjaga hubungan tetap harmonis. Cek 7 Tips Bertengkar dengan Pasangan secara Sehat.

3. Kesetaraan

Pasangan merasa bahwa mereka memiliki peran yang seimbang dalam pengambilan keputusan, tanggung jawab, dan hak dalam hubungan. Ini menciptakan rasa adil dan saling menghargai.

4. Dukungan emosional

Hadir saat pasangannya membutuhkan dukungan, mendengarkan tanpa menghakimi, dan memahami perasaan satu sama lain. Ini memperkuat ikatan emosional di antara mereka.

5. Penghargaan dan rasa hormat

Pasangan yang memiliki green flag saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Mereka memperlakukan pasangannya dengan baik dan memahami bahwa setiap orang memiliki keunikan dan nilai masing-masing. 

Menghargai pasangan adalah termasuk komitmen. Ini adalah Cara Menjaga Komitmen dalam Hubungan yang perlu diketahui.

6. Pengembangan pribadi

Ini termasuk memberikan ruang bagi pasangan untuk mengejar tujuan, hobi, atau minat pribadi. Situasi demikian dapat membantu menjaga kemandirian dan kebahagiaan individu.

7. Keterbukaan terhadap perubahan

Ciri green flag juga mencakup keterbukaan terhadap perubahan dalam hubungan. Pasangan yang sehat sadar bahwa hubungan berkembang dan bersedia beradaptasi dengan perubahan, dalam kebutuhan dan kehidupan masing-masing.

8. Keterlibatan dalam kehidupan keluarga

Pasangan yang memiliki hubungan yang sehat biasanya terlibat dalam kehidupan keluarga dan teman-teman satu sama lain. Mereka menghormati dan mendukung hubungan pasangan dengan orang-orang penting dalam hidupnya.

Referensi:
Choosing Therapy. Diakses pada 2023. 15 Green Flags to Look for In a Relationship.
Mind Body Green. Diakses pada 2023. 16 Green Flags To Look For In A New Relationship, From A Dating Coach.
Cnbc.com. Diakses pada 2023. 4 dating ‘green flags’ that signal the start of a successful relationship.
Better Up. Diakses pada 2023. What are green flags in relationships and how can you identify them?
Insider. Diakses pada 2023. 9 simple but telling green flags that prove you’re in a great relationship, according to couples therapists.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. 13 Red Flags in Relationships.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan