Mengenal Hatha Yoga dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 November 2023

“Pada dasarnya hatha yoga memiliki manfaat kesehatan yang kurang lebih sama dengan jenis yoga lainnya. Beberapa manfaat seperti meningkatkan fleksibilitas, memberikan kekuatan pada otot, serta menurunkan stres.”

Mengenal Hatha Yoga dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan TubuhMengenal Hatha Yoga dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

DAFTAR ISI

1. Apa itu Hatha Yoga?

2. Manfaat Hatha Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

3. Hal yang Diajarkan dalam Hatha Yoga


Halodoc, Jakarta – Yoga menjadi salah satu olahraga yang populer belakangan ini karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, keseimbangan, dan postur tubuh. 

Selain untuk fisik, yoga terbukti dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, serta kesejahteraan mental. Ada banyak jenis yoga, salah satunya adalah hatha yoga. Kenali lebih jauh hatha yoga lewat tulisan ini!

Penasaran apa saja manfaat hatha yoga untuk kesehatan tubuh dan mental? Berikut ulasan selengkapnya

Apa itu Hatha Yoga?

“Ha” berarti matahari, “ta” berarti bulan. “Hatha” berarti yoga yang membawa keseimbangan antara matahari dan bulan di dalam diri. Jenis yoga ini bisa dibilang jenis yang paling tenang dibanding dengan yoga lainnya.

Dalam hatha yoga, para peserta akan menjalani serangkaian pose fisik (asana) yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuh. Gerakan ini sering kali dilakukan dengan pernapasan yang diatur secara seksama, sehingga menghubungkan tubuh dan pikiran. 

Selain itu, Hatha yoga juga mengajarkan teknik pernapasan khusus yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Dalam arti yang lebih luas, hatha yoga mengajarkan prinsip-prinsip penting untuk mencapai keseimbangan dalam kehidupan. Hal ini termasuk menjaga tubuh sehat, merawat pikiran, dan menciptakan kedamaian dalam diri. Menarik juga untuk diketahui, Ini Beda Yoga dan Pilates.

Nah, mau tahu apa saja keistimewaan jenis yoga ini bagi kesehatan? Berikut ulasannya!

Manfaat Hatha Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Sebenarnya, hampir semua jenis yoga memiliki manfaat yang kurang lebih sama. Namun, khusus untuk yoga hatha, ada beberapa manfaat spesifik yang bisa diperoleh jika kamu rutin melakukan latihan ini. Apa sajakah itu? 

1. Membuat tubuh lebih fleksibel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hatha yoga melibatkan serangkaian asana (pose fisik) yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan-gerakan ini membantu meregangkan otot-otot dan sendi, mengurangi ketegangan, serta menghindari cedera otot.

Hal ini sesuai dengan fakta yang termuat dalam jurnal ilmiah berjudul Pengaruh Pemberian Senam Yoga Terhadap Fleksibilitas Trunk pada Wanita Dewasa Umur 30 – 45 Tahun, yang dipublikasikan di Jurnal Kesehatan Terpadu

Disebutkan dalam jurnal tersebut bahwa pertambahan usia dan melahirkan dapat memengaruhi postur tubuh dan fleksibilitas punggung perempuan. Penurunan fleksibilitas ini dapat menyebabkan nyeri saat beraktivitas.

Dari 17 orang wanita dewasa umur 30 – 45 tahun di wilayah penelitian, ditemukan latihan yoga dapat membantu mengatasi problem tadi. Pose yoga yang dilakukan adalah kombinasi dari peregangan statis dan pasif. Termasuk membungkuk kemudian menyentuh kaki pada posisi berdiri dan duduk serta melengkungkan punggung ke belakang.

2. Melatih kekuatan otot

Selain fleksibilitas, hatha yoga juga membantu memperkuat otot-otot. Saat menjalani asana yang memerlukan dukungan otot, seperti plank atau down dog, kamu akan merasakan peningkatan kekuatan otot tubuh.

Dalam salah satu sequence-nya, hatha yoga memiliki gerakan sun salutation. Menurut jurnal ilmiah berjudul How Effective Is Sun Salutation in Improving Muscle Strength, General Body Endurance and Body Composition? yang dipublikasikan di Asian Journal of Sports Medicine, menyebutkan sun salutation dapat menjadi latihan yang ideal untuk menjaga tingkat kebugaran otot yang optimal.

Subjek penelitian tersebut melibatkan 49 laki-laki dan 30 perempuan yang diminta untuk melakukan 24 siklus sun salutation, 6 kali dalam seminggu selama 24 minggu. 

Hasilnya, kekuatan otot tubuh bagian atas, begitu juga otot punggung dan tungkai mengalami peningkatan kekuatan. Pengujian peningkatan kekuatan dilakukan dengan beberapa latihan, dua diantaranya push up dan sit up

3. Memperbaiki postur tubuh

Praktik hatha juga membantu memperbaiki postur tubuh. Dengan lebih sadar terhadap posisi tubuh, kamu akan menghindari postur yang buruk yang dapat menyebabkan masalah punggung dan leher. Manfaat lain dari yoga bisa dibaca di artikel: “Olahraga Yoga Bisa Ringankan Penyakit Parkinson, Benarkah?

4. Menurunkan stres

Hatha yoga mengajarkan teknik pernapasan yang disebut pranayama. Dengan berlatih pernapasan yang terfokus, kamu dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Pernapasan yang dalam dan lambat merangsang sistem saraf parasimpatik yang membantu meredakan stres.

5. Meningkatkan konsentrasi

Melalui meditasi yang diajarkan dalam hatha yoga, seseorang dapat belajar untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Ini akan membantu dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pekerjaan maupun dalam aktivitas.

6. Menyehatkan jantung

Latihan pernapasan dalam Hatha yoga juga berkontribusi pada kesehatan jantung. Pranayama yang teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Menjaga kesejahteraan mental

Selain manfaat fisik, Hatha yoga membantu menciptakan kedamaian batin. Praktik meditasi dan pernapasan yang diberikan akan membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Hal yang Diajarkan dalam Hatha Yoga

Hatha yoga adalah bentuk yoga yang menyatukan elemen-elemen fisik, pernapasan, dan meditasi untuk mencapai keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Dalam praktiknya, terdapat beberapa hal penting yang diajarkan untuk mencapai kesejahteraan fisik dan mental. 

1. Asana

Aspek utama yang diajarkan adalah serangkaian gerakan fisik yang disebut asana. Asana melibatkan berbagai pose dan gerakan yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuh. Dengan rutin berlatih asana, kamu dapat mengembangkan tubuh yang lebih kuat dan sehat.

2. Pranayama

Selain asana, hatha yoga juga mengajarkan teknik pernapasan yang disebut pranayama. Pranayama adalah latihan pernapasan yang fokus pada pernapasan yang sadar dan terkendali. 

Teknik ini membantu peserta untuk memahami peran penting pernapasan dalam kesehatan dan keseimbangan tubuh. Pranayama juga membantu meredakan stres dan meningkatkan konsentrasi.

3. Meditasi

Selain itu, yoga ini juga mengajarkan meditasi. Meditasi adalah latihan yang membantu peserta untuk menciptakan kedamaian batin, mengurangi gangguan pikiran, dan meningkatkan kesadaran diri.

Meditasi dalam hatha juga membantu peserta untuk merasakan keseimbangan antara tubuh dan pikiran, serta mengurangi kegelisahan dan kecemasan. Kamu juga bisa mencoba 6 Gerakan Yoga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah ini ya!

Nah, itulah manfaat hatha yoga untuk kesehatan tubuh dan mental. Konsumsi makanan sehat seimbang serta vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Dapatkan produk terbaiknya hanya di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ 

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2023. What to Expect From a Hatha Yoga Class.
Sadhguru.org. Diakses pada 2023. 
Hatha Yoga – What is the meaning of Hatha Yoga?
Arhantayoga.org. Diakses pada 2023. What is Hatha Yoga?
Jurnal Kesehatan Terpadu. Diakses pada 2023. Pengaruh Pemberian Senam Yoga Terhadap Fleksibilitas Trunk pada Wanita Dewasa Umur 30 – 45 Tahun.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan