Mengenal Jenis dan Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 September 2023

“Teh terdiri dari banyak jenis dengan manfaat yang berbeda. Beberapa manfaat teh untuk kesehatan adalah menurunkan stres, menjaga kesehatan jantung, serta membantu menurunkan berat badan.”

Mengenal Jenis dan Manfaat Teh untuk Kesehatan TubuhMengenal Jenis dan Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Teh adalah minuman yang populer di seluruh dunia. Teh tersedia dalam berbagai jenis seperti teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Setiap jenis teh memiliki karakteristik dan rasa yang berbeda.

Nah, tak hanya lezat dan menenangkan, nyatanya konsumsi teh juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Karena itu, ketahuilah apa saja jenis dan manfaat mengonsumsi teh dalam penjelasan berikut. 

Ketahui Apa Saja Jenis-Jenis Teh 

Ada beberapa jenis teh yang populer, termasuk:

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling terkenal. Daun teh hijau tidak mengalami fermentasi yang signifikan setelah pemetikan, sehingga mempertahankan warna hijau dan kandungan antioksidannya. 

Ketahui juga mengenai Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

2. Teh Hitam

Teh hitam adalah teh yang mengalami fermentasi lengkap setelah pemetikan. Daun teh hitam memiliki rasa yang kuat dan warna yang lebih gelap ketimbang teh hijau. Teh hitam sering dikonsumsi dengan tambahan susu atau gula dan memiliki cita rasa yang kaya dan tajam.

3. Teh Putih

Teh putih merupakan jenis teh yang paling minim pemrosesan. Daun teh putih biasanya dipetik muda dan tidak mengalami fermentasi. Teh putih memiliki rasa ringan dan aroma yang segar dan mengandung antioksidan yang tinggi. 

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis teh yang mengalami fermentasi sebagian setelah pemetikan. Jenis teh ini memiliki tingkat fermentasi yang berada ketimbang teh hijau dan teh hitam. Rasanya lebih kompleks dan memiliki variasi rasa yang luas, mulai dari yang ringan hingga yang penuh. 

5. Teh Herbal

Teh herbal, sebenarnya mengacu pada minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal, bukan daun teh. Jenis-jenis teh herbal termasuk teh peppermint, teh chamomile, teh jahe, dan banyak lagi. Teh herbal biasanya tidak mengandung kafein dan sering masyarakat konsumsi karena manfaat kesehatan atau efek menenangkan.

Beragam Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

Setiap jenis teh mengandung kandungan nutrisi yang berbeda. Sebagai contoh, teh hijau dapat mengandung sejumlah nutrisi penting. Mulai dari vitamin B1, zat besi dalam jumlah kecil, vitamin B2, potasium, vitamin B3 dan vitamin B6. 

Selain itu, teh juga mengandung antioksidan seperti polifenol yang bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat minuman sehat ini untuk kesehatan tubuh? Bagi kamu yang gemar minum teh, ini manfaatnya untuk kesehatan

1. Menangkal radikal bebas

Mengonsumsi asupan antioksidan dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh. Tentunya ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis pada tubuh. 

Teh mengandung polifenol, yakni jenis antioksidan pada makan dan minuman tertentu.  Sementara itu, kelompok polifenol, termasuk katekin, theaflavin, dan thearubigins, adalah sumber utama antioksidan dalam teh. 

Selain teh, salah satu minuman sehat yang juga dapat melawan peradangan adalah wedang uwuh. Baca lebih lanjut mengenai manfaatnya pada artikel: 7 Manfaat Minuman Wedang Uwuh untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga kesehatan jantung

Teh mengandung antioksidan polifenol dan juga flavonoid. Senyawa antioksidan jenis flavonoid terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung.  Nah, mengonsumsi teh secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

3. Meningkatkan kesehatan usus

Sejumlah bakteri pada usus berperan penting dalam mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, penyakit radang usus, penyakit gula tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas, hingga kanker. Terutama jenis hitam mengandung sifat antimikroba.

Artinya, minuman sehat ini dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

4. Menurunkan risiko kanker

Polifenol pada minuman ini dapat membantu memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat meningkatkan kematian sel kanker.

Kebiasaan minum teh berkaitan dengan risiko kanker mulut yang lebih rendah. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut mengenai hal ini. 

5. Menjaga kadar gula dalam darah

Katekin dalam teh hijau membantu menjaga gula darah, sehingga mengurangi risiko pengembangan penyakit gula tipe 2. Namun, masih butuh riset mendalam terkait khasiat teh dengan kondisi ini.

6. Membantu melindungi tulang

Teh dapat membantu melindungi tulang, terutama mencegah dari pengeroposan. Hal ini berasal dari kandungan antioksidan yang kuat seperti polifenol, katekin, dan flavonoid. Informasi ini sesuai dengan jurnal ilmiah berjudul Green Tea and Bone Metabolism dalam Nutrition Research. 

Polifenol kuat dalam teh telah terbukti membantu meningkatkan mineralisasi tulang, menunda pengurangan kepadatan mineral tulang, dan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. 

Enam komponen bioaktif dalam teh seperti katekin (K), epikatekin (EK), galokatekin (GK), epikatekingalat (ECG), epigalokatekin (EGC) dan epigalokatekingalat (EGCG), dapat menurunkan risiko patah tulang dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

7. Menurunkan stres

Minum secangkir teh setiap hari dapat menurunkan kadar stres. Soalnya rasa, aroma, dan kandungannya dapat membantu merilekskan diri. Salah satu senyawa penting untuk menciptakan relaksasi adalah asam amino L-theanine.

Selain teh, ada makanan atau minuman lain yang dapat menurunkan stres. Baca selengkapnya pada artikel: 5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tingkat Stres.

Nah, itulah beberapa manfaat teh dan efek sampingnya untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih banyak soal ini? Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan dan di mana saja.

Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu dan keluarga juga bisa mendapatkan berbagai produk kesehatan dengan mudah. Yuk, klik gambar di bawah ini untuk tahu lebih lanjut:

toko kesehatan
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. 
NIH. Diakses pada 2023. Tea Consumption and Risk of Cancer: An Umbrella Review and Meta-Analysis of Observational Studies. 
NIH. Diakses pada 2023. Dietary polyphenol impact on gut health and microbiota. 
Nutrition Value.org. Diakses pada 2023. Tea, green, leaf, hot.
Well and Good.com. Diakses pada 2023. Drinking Just One Cup of This Beverage Daily Helps Ensure Your Bones and Brain Stay Strong as You Age.
Aarp.org. Diakses pada 2023. 8 Surprising Health Benefits of Tea.
Nutrition Research. Diakses pada 2023. Green Tea and Bone metabolism.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan