Mengenal Kacang Koro, Manfaat dan Nilai Gizi yang Terkandung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Oktober 2022

“Kacang koro mengandung nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena kandungannya, banyak orang menggunakan kacang ini untuk meningkatkan kesehatan.”

Mengenal Kacang Koro, Manfaat dan Nilai Gizi yang TerkandungMengenal Kacang Koro, Manfaat dan Nilai Gizi yang Terkandung

Halodoc, Jakarta – Kacang koro merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan untuk pakan ternak. Namun, kacang ini tak jarang juga digunakan sebagai menu makanan sehat. Kacang ini sering diolah  menjadi camilan ringan dan banyak dijumpai di toko swalayan.

Kacang ini juga biasa digunakan untuk bahan tempe pengganti kedelai. Sebab, kacang ini merupakan kerabat dekat dengan kedelai. Manfaat dan kandungan nutrisi dari kacang ini pun tidak kalah melimpah dengan kedelai.

Nilai Gizi yang Kacang Koro

Tidak diragukan lagi bahwa semua jenis kacang-kacangan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Ini berlaku juga dengan kacang koro. Kacang ini menyimpan nutrisi yang melimpah. 

Dalam 70 gram kacang koro, terkandung berbagai nutrisi seperti:

  • 17 gram protein.
  • 15 gram lemak.
  • 7 gram lemak jenuh.
  • 36 gram karbohidrat.
  • 5 gram serat.
  • 340 kkal energi.
  • 10 gram gula.
  • 300 mg sodium.

Karena nilai gizinya, banyak orang menggunakan kacang ini untuk pengganti karbohidrat. Kacang ini juga sering dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta sebagai MPASI untuk balita.

Manfaat Kacang Koro untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat kacang koro untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Kacang ini efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena adanya kandungan serat dalam kacang yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Kacang ini juga rendah kolesterol dan lemak jahat. Karena kaya akan serat, kacang ini juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kacang ini adalah makanan yang sangat bagus untuk kesehatan usus. Kacang ini mengandung banyak serat yang menjaga mukosa usus tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kacang ini dapat mencegah masalah perut seperti kembung, sembelit, distensi usus, dan banyak lagi.

3. Menyehatkan Jantung 

Dengan memiliki jantung yang sehat, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit kronis saat memasuki usia senja. Meski begitu, kesehatan jantung tergantung pada berbagai faktor, seperti misalnya asupan makanan.

Pengidap penyakit jantung akan menghindari makanan yang berkolesterol tinggi. Sebab, hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis. Oleh karena itu, kandungannya yang kaya serat dan rendah lemak menjadikan kacang ini makanan yang ideal untuk kesehatan jantung. 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang ini sangat kaya akan vitamin C. Oleh karena itu, kacang ini adalah sumber yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan dalam kacang ini dapat membuat rambut dan kulit lebih sehat.

5. Membangun Massa Otot

Berolahraga akan menjadi lebih maksimal jika dibarengi dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Kacang ini mengandung berbagai asam amino yang dapat membantu meningkatkan otot dengan memproduksi cukup protein.

Itulah pembahasan seputar nilai gizi dan manfaat kacang koro untuk kesehatan. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Jack Beans Facts and Benefits
Organic Health Fact. Diakses pada 2022.  Jack Bean Uses and Benefits.
Web Md. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lima Beans.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan