Mengenal Lebih Dekat Serum Retinol dan Manfaatnya Bagi Kulit

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2021
Mengenal Lebih Dekat Serum Retinol dan Manfaatnya Bagi KulitMengenal Lebih Dekat Serum Retinol dan Manfaatnya Bagi Kulit

Serum retinol merupakan standar emas dalam perawatan kulit anti-aging. Bahan aktif ini bermanfaat untuk mempercepat pergantian kulit, merangsang produksi anti kolagen, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Manfaat serum retinol yang lain adalah mengurangi jerawat.” 

Halodoc, Jakarta – Serum retinol merupakan salah satu produk perawatan kulit yang populer, terutama di kalangan wanita yang sudah berusia di atas 30 tahun. Hal itu karena retinol merupakan bahan aktif yang dianggap sebagai standar emas dalam perawatan anti-aging.

Ya, bisa dibilang manfaat utama serum retinol untuk kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Molekul kecil retinol bisa masuk ke dalam lapisan kulit (dermis) dan membantu menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan sel. Bahan aktif ini juga bisa meningkatkan pergantian sel kulit di permukaan dan membuat sel-sel baru tumbuh di bawahnya. Retinol juga bisa merangsang sintesis kolagen yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. 

Namun, tidak hanya sebagai anti-aging yang baik, sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan serum retinol. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini. 

Apa Itu Retinol?

Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya kamu mengenal retinol terlebih dahulu. Retinol adalah turunan sintetis dari vitamin A, kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan dalam makanan, seperti wortel, telur, dan ubi jalar.

Menurut Dr. Tina Alster dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, ketika retinol dioleskan, ia berubah menjadi asam retinoat oleh enzim khusus yang ada di kulit. Asam retinoat juga bisa diaplikasikan secara topikal, tetapi jauh lebih keras daripada krim atau serum retinol, karena bahan tersebut tidak bisa berubah secara alami seiring waktu.

Manfaat Serum Retinol untuk Kulit

Retinol mencegah penuaan dini dengan cara mengubah perilaku sel-sel tua dan membuat mereka tampak lebih muda. Bahan ini menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit, membuat kulit lebih bercahaya, dan mengatasi tanda-tanda penuaan, ungkap Amanda von dem Hagen, ahli kecantikan berlisensi dari Glo Skin Beauty.

Dalam perawatan kulit anti-aging, retinol berperan untuk membantu mempercepat pembaruan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan, tekstur tidak rata, dan bintik-bintik penuaan.

Mengaplikasikan serum retinol bisa memberikan manfaat berikut pada kulit:

  • Mencegah kerutan, karena retinol memiliki efek mengurangi dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan yang muncul di wajah.
  • Mencerahkan kulit kusam dengan menyebabkan pengelupasan pada tingkat sel, yang menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.
  • Mengendalikan kulit berminyak dan mengurangi jerawat.
  • Memudarkan bintik-bintik gelap penuaan, bintik matahari dan hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit dari waktu ke waktu.

Hati-Hati dengan Efek Sampingnya

Namun, di balik manfaatnya yang besar untuk kulit, serum retinol juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. 

Retinol merupakan bahan yang sangat kuat, sehingga ia bisa menyebabkan kulit memerah atau mengelupas bila digunakan terlalu sering. Kulit kering, pecah, dan bahkan beberapa jerawat juga bisa terjadi pada saat kamu pertama kali menggunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Namun, biasanya hanya butuh sedikit waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri terhadap bahan tersebut.

Tips Menggunakan Serum Retinol

Von dem Hagen menyarankan untuk mulai menambahkan retinol secara bertahap ke dalam rutinitas perawatan kulit malam. Kamu bisa menggunakan serum retinol satu sampai dua kali per minggu untuk minggu pertama, lalu bila reaksi kulit masih aman, kamu bisa meningkatkannya secara bertahap. Namun, bila ada kemerahan atau pengelupasan, gunakan seminggu sekali selama sebulan, kemudian tingkatkan menjadi dua kali seminggu. Pantau kulit untuk memeriksa adanya iritasi sebelum meningkatkan penggunaan.

Setelah mengaplikasikan serum retinol, tunggu lah selama 20–30 menit agar menyerap di kulit, sebelum mengaplikasikan produk lain di atasnya. Penting juga untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit saat menggunakan serum retinol. Hal itu karena retinol bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Untuk mencegah penuaan dini, von dem Hagen merekomendasikan untuk memasukkan serum retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit pada usia 30, sebanyak 3–4 kali dalam seminggu. Bagi wanita berusia 40 tahunan, menggunakan serum retinol setiap malam bisa bermanfaat. Bagi wanita berusia 50-an dan seterusnya, gunakan serum retinol 5–7 kali setiap minggu.

Itulah manfaat serum retinol bagi kulit. Nah, kamu juga bisa cek produk perawatan kulit yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Today. Diakses pada 2021. What is retinol? Here are the benefits, uses and side effects you need to know.
Medicine Net. Diakses pada 2021. What Does Retinol Do for the Skin?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan