Mengenal Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2021

"Manfaat buah zuriat ternyata tidak hanya sebatas untuk mempercepat kehamilan. Buah ini ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan karena ia mengandung protein, serat, mineral, hingga senyawa fitokimia yang sangat dibutuhkan tubuh. Ia bahkan bisa mencegah penuaan dan sangat baik untuk pengidap diabetes."

Mengenal Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan TubuhMengenal Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin tidak terlalu familiar dengan buah zuriat, tetapi makanan sehat yang dijuluki buah Adam dan Hawa ini adalah buah yang memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah mempercepat kehamilan. 

Mengutip Merit Research Journals, sebuah penelitian terhadap kelinci yang diberikan suplemen buah zuriat menunjukan bahwa ada peningkatan hormon seksual pada kelinci jantan dan betina. Meski masih diperlukan serangkaian penelitian tambahan untuk mengetahui efeknya pada manusia, tetapi beberapa ahli setuju bahwa efek ini bisa didapatkan bagi pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan.

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan datang dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Buah zuriat memiliki protein kualitas tinggi yang bervariasi, seperti protein kasar lisin dan sistein, asam amino, lemak, serat, dan beberapa karbohidrat. Buah ini juga kaya kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan natrium. Tidak lupa juga ada senyawa fitokimia yang bermanfaat, seperti tanin, saponin, steroid, glikosida, flavonoid, terpene, dan terpenoid. 

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi buah zuriat:

1. Membantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Mereka yang mengidap diabetes atau memiliki kadar gula darah yang tinggi akan mendapatkan manfaat jika rutin konsumsi buah zuriat. Pasalnya, manfaat buah zuriat yang pertama adalah membantu mengendalikan kadar gula darah.

Dalam penelitian disebutkan bahwa mereka yang mengidap diabetes dan rutin mengonsumsi buah ini, maka akan memiliki kadar gula yang lebih stabil. Ini karena kadar indeks glikemik buah zuriat cukup kecil sehingga ia aman untuk gula darah. Tidak hanya itu saja, buah zuriat juga mengandung serat dan protein yang cukup tinggi, sehingga ini akan membuat mereka yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama dapat terhindar dari makan berlebihan. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penuaan dini dan antikanker. Manfaat ini datang karena buah zuriat sangat kaya akan kandungan antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan yang kamu dapatkan dari makanan akan menangkal terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini kemudian akan menjaga kesehatan sel-sel dari penuaan dini serta serangan penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

Tidak hanya itu saja, buah zuriat terkenal dengan potensi antioksidan, antikanker, dan anti-inflamasi karena kandungan fenolik dan flavonoid di dalamnya. Senyawa fenolik dan flavonoid pada buah ini telah dieksplorasi untuk potensi antimikroba terhadap berbagai bakteri Gram-positif dan Gram-negatif serta patogen jamur.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika kamu atau orang terdekat memiliki masalah ginjal, maka buah zuriat cukup disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, buah ini mempunyai kandungan mineral fosfor dan kalium yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, dua mineral ini berperan penting dalam membantu ginjal dalam menyaring air. Selain itu, buah zuriat juga diduga mampu mencegah pembentukan batu ginjal atau masalah lain pada sistem urin.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah zuriat bagi kesehatan yang lain adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Selain karena mengandung vitamin C, manfaat perlindungan ini datang dari enzim yang terdapat dalam buah zuriat. Selain itu, buah zuriat dapat diolah menjadi makanan probiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri baik. Bakteri ini yang kemudian akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab berbagai penyakit.

5. Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah zuriat juga bisa diandalkan sebagai salah satu sumber serat sehat. Pasalnya, sebanyak 22 persen kandungan gizi dari buah zuriat berasal dari serat. Hal ini menunjukkan bahwa kadar serat buah ini cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Kamu pasti akan merasa lebih lancar saat buang air besar. Jadi, jika kamu atau anggota keluarga di rumah sedang sembelit atau sulit buang air besar, coba konsumsi buah zuriat secara rutin untuk menyembuhkan sembelit. 

Namun jika sembelit yang terjadi cukup mengkhawatirkan, maka sebaiknya segera buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Untungnya kini kamu bisa dengan mudah buat janji di rumah sakit menggunakan aplikasi Halodoc. Praktis bukan? Yuk segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Speciality Produce. Diakses pada 2021. Zuriat Fruit.
Yeshealth. Diakses pada 2021. What the Fruit Zuriat And What Its Worth.
Window Of World. Diakses pada 2021. Does Zuriat Fruit Get Pregnant Fast?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan