Mengenal Oat Milk: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2023

“Oat milk adalah susu nabati yang terbuat dari biji gandum oat. Jenis susu ini cocok bagi mereka yang menjalani pola makan vegetarian, serta pengidap alergi susu sapi atau intoleransi laktosa.”

Mengenal Oat Milk: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara MembuatnyaMengenal Oat Milk: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Oat milk atau susu oat adalah alternatif susu nabati yang bebas susu, laktosa, kedelai, dan kacang-kacangan. Jenis susu ini cocok untuk pengidap intoleransi atau alergi gluten. 

Oat milk biasanya memiliki tekstur yang mirip dengan susu sapi dan digunakan sebagai pengganti susu hewani. Di dalamnya mengandung lebih sedikit lemak jenuh ketimbang susu hewani.

Mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat oat milk untuk kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi dalam Oat Milk

Dalam satu cangkir susu sebanyak 240 mililiter tanpa pemanis buatan mengandung:

  • Kalori: 120 kilokalori.
  • Protein: 3 gram.
  • Lemak: 5 gram.
  • Karbohidrat: 16 gram.
  • Serat makanan: 2 gram.
  • Vitamin B12: 50% dari nilai harian atau daily value (DV).
  • Riboflavin: 45% dari DV.
  • Kalsium: 25% dari DV.
  • Fosfor: 20% dari DV.
  • Vitamin D: 20% dari DV.
  • Vitamin A: 20% dari DV.
  • Kalium: 8% dari DV.
  • Besi: 2% dari DV.

Oat milk tidak mengandung gizi seperti oat utuh dan sering kali diperkaya dengan nutrisi tambahan. Misalnya, kalsium, potasium, zat besi, dan vitamin B, A, serta D.

Oat milk juga memiliki lebih banyak kalori, karbohidrat, dan serat ketimbang susu almond, kedelai, serta sapi. Namun, oat milk menyediakan lebih sedikit protein ketimbang beberapa jenis susu tersebut.

Selain itu, oat milk  cenderung mengandung lebih banyak vitamin B tambahan dibandingkan susu almond. Sedangkan susu almond cenderung memiliki lebih banyak vitamin E.

Selain oat milk, susu kedelai jadi salah satu jenis minuman yang juga banyak digemari dan memiliki beragam manfaat. Simak di sini manfaatnya: Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan.

Manfaat Oat Milk untuk Kesehatan

Karena mengandung berbagai nutrisi penting, susu oat mampu menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa manfaat penting yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Meningkatkan kesejahteraan mental

Studi berjudul A systematic review and meta-analysis of b vitamin supplementation on depressive symptoms, anxiety, and stress: effects on healthy and ‘at-risk’ individuals yang terbit pada nutrients mengatakan, vitamin B bertindak sebagai kofaktor dalam sintesis dan regulasi neurotransmiter dopaminergik serta serotonergik. 

Kedua neurotransmiter ini terlibat dalam pengaturan suasana hati, serta depresi klinis dan kecemasan. Dengan kata lain, keduanya merupakan target dalam pengobatan antidepresan. 

Dengan mengonsumsi suplemen vitamin B, kandungan tersebut menawarkan pengobatan alternatif atau tambahan. Tujuannya untuk mengoptimalkan suasana hati melalui modulasi fungsi neurotransmitter. 

Studi juga menerangkan, perawatan dengan mengonsumsi vitamin B memiliki risiko efek samping yang lebih rendah. Hal ini terjadi jika dibandingkan dengan penggunaan psikotropika atau obat antidepresan.

Mau tahu cara lainnya untuk menjaga kesehatan mental? Baca artikel ini: “9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

2. Dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat)

Susu oat kaya akan beta glukan, yaitu jenis serat larut yang dapat menjaga kesehatan jantung. Beta glukan membentuk gel di dalam usus, sehingga dapat mengikat dan mengurangi penyerapan kolesterol. 

Melalui proses tersebut, beta glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kadar kolesterol LDL (jahat), yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Hal tersebut juga tertuang dalam penelitian Studi The effect of oat β-glucan on LDL-cholesterol, non-HDL-cholesterol and apoB for CVD risk reduction: a systematic review and meta-analysis of randomised-controlled trials yang terbit pada British Journal of Nutrition.

Penelitian tersebut melibatkan 66 pria dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 3 cangkir susu oat atau setara 750 ml setiap hari selama 5 minggu. Hasilnya, kadar kolesterol jahat berkurang sebanyak 5%.

Susu oat merupakan alternatif yang baik bagi anak pengidap alergi susu sapi atau memiliki intoleransi laktosa. Jika tak memiliki kondisi terkait, ini rekomendasi susu yang bisa ibu berikan: 8 Rekomendasi Susu Pertumbuhan untuk Lengkapi Nutrisi Anak.

3. Bebas laktosa

Susu oat adalah pilihan tepat bagi para peserta diet. Karena berbahan dasar oat dan air, jenis susu ini bebas dari kandungan kacang-kacangan, kedelai, serta laktosa.

Meskipun oat secara alami bebas gluten, proses pengolahan di pabrik yang sama dengan biji-bijian yang mengandung gluten bisa mencemari kandungan murninya.

Untuk memilih oat milk yang bebas gluten, kamu wajib memeriksa label kemasannya terlebih dulu. Alternatifnya, kamu bisa membuat susu oat sendiri menggunakan oat bebas gluten.

4. Bagus untuk kesehatan tulang

Susu oat sering kali diperkaya dengan kalsium dan vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang tulang. Kalsium sendiri merupakan mineral utama untuk pembentukan tulang. 

Kandungan vitamin D di dalamnya juga sama pentingnya. Jenis nutrisi ini bekerja dengan membantu penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium, sehingga berisiko menyebabkan kelemahan tulang.

Mau tahu makanan yang baik untuk tulang? Baca artikel ini: “5 Contoh Makanan yang Bantu Kepadatan Tulang

5. Mengelola kadar gula darah tubuh

Manfaat susu oat yang terakhir adalah membantu mengelola gula darah dalam tubuh. Khasiat ini berasal dari beta glukan yang bekerja dengan memperlambat penyerapan karbohidrat di usus.

Dengan cara tersebut, pasokan gila menjadi lebih lambat dan masuk ke dalam aliran darah dengan lebih stabil. Alhasil, gula darah dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

Mengonsumsi susu tak hanya baik bagi anak-anak, tetapi juga orang tua. Intip rekomendasi produknya di sini, yuk! “Ini 9 Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips Memilihnya

Cara Membuat Oat Milk

Susu oat dapat dibuat dengan berbagai cara. Semuanya memerlukan pencampuran oat dengan air. Metode yang populer adalah hidrolisis enzimatik. Ini adalah proses yang menonjolkan pelepasan gula dari oat, sehingga minuman terasa manis alami. 

Kamu juga bisa membuat susu oat di rumah dengan merendam oat dalam air, memblender, dan menyaringnya. Untuk rasa manis tambahannya, kamu bisa menambahkan sedikit madu.

Itulah penjelasan terkait dengan kandungan dan manfaat oat milk untuk kesehatan. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis gizi klinik terkait dengan takaran yang sesuai.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Nutrients. Diakses pada 2023. A systematic review and meta-analysis of b vitamin supplementation on depressive symptoms, anxiety, and stress: effects on healthy and ‘at-risk’ individuals.
British Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. The effect of oat β-glucan on LDL-cholesterol, non-HDL-cholesterol and apoB for CVD risk reduction: a systematic review and meta-analysis of randomised-controlled trials.
Healthline. Diakses pada 2023. How Do You Make Oat Milk? Nutrients, Benefits, and More.
Sprudge. Diakses pada 2023. What Is Oat Milk?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan